0 Comment
A+ A-

SEDIA PAYUNG SEBELUM HUJAN BEGITU KATA PEPATAH
TIPS MENGAMAN KAN ANAK ANAK DARI BAHAYA LISTRIKBagi ibu ibu umum nya yang sering di rumah bersama anak anak... seperti yang kita ketahui anak anak yang sedang tumbuh memiliki rasa ingin tahu yang sangat kuat.... mereka ingin memegang apa saja yang ada di rumah. mereka ingin menyentuh mengecap atau menggigit apa saja yang ada di rumah... termasuk cable listrik atau stop kontak di rumah.... untuk itu kali ini saya akan berbagi tips bagai mana cara menjaga anak anak dari bahaya sengatan listrik. karna daya tahan tubuh anak anak tidak lah sama dengan orang dewasa... mereka belum mampu untuk menerima sengatan listrik. TIPS INI TERKHUSUS UNTUK SEORANG IBU yang memiliki anak kecil dirumah. tidak jarang kita lalai ketika sedang memasak atau mencuci pakaian. sering kali anak anak di biar kan bermain sendirian  apa lagi kalau lagi ngobrol dengan ibu ibu tetangga yang lain hehe.. sering kali anak anak luput dari pengawasan kita.
       
Tips ini bukan untuk ibu ibu saja untuk bapak bapak juga... karna sesungguh nya tanggung jawab bapak bapak atau suami untuk mengaman kan keluarga dari bahaya... terutama bahay listrik... pertama tama saya ingin menyaran kan kepada pemilik rumah untuk memasang instalasi listrik dengan cable dan bahan bahan yang memenuhi standard keamanan.... semakin canggih zaman maka kita semakin tak bisa lepas dari yang nama nya listrik... jadi pastikan bahan bahan yang akan kita gunakan untuk instalasi listrik di rumah memenuhi standard... harga mahal bukan lah satu alasan yang tepat untuk menghindari biaya instalasi... ingat keluarga adalah segala nya ... kebahagiaan ada pada keluarga bukan pada uang... lagi pula... bahan bahan listrik yang memenuhi syarat standard keamanan. tidak jauh perbedaan harga nya dengan bahan bahan murahan atau tidak standard....
       
Jika smua sudah memenuhi standard keamanan maka langkah selanjut nya mengaman kan stop kontak yang dapat di jangkau anak anak ... cara nya dengan menggunakan sefty stop kontak atau pengaman stop kontak... Pengaman Stop Kontak merupakan alat pengaman serbaguna yang akan digunakan pada lubang stop kontak / colokan listrik. Alat ini sangat Anda butuhkan jika Anda memiliki anak yang sangat aktif dan memiliki rasa penasaran yang tinggi. hal ini sangat penting kita lakukan  agar mereka tidak dapat memasukan jarinya atau benda lainya kedalam lubang stop kontak. sederhana bukan? namun sangat bermanfaat untuk melindungi anak anak dari kecelakaan / tersengat listrik.Cara pemakaian juga sederhana Ambil pengaman atau safty stop contak dan masukan langsung ke lubang stop kontak yang tidak di gunakan dan dapat di jangkau anak anak
menurut kebiasaan stop kontak pada peralatan elektronik seperti tv akan tersedia banyak colokan atau stop kontak... bagian stop kontak yang tidak terpakai sebaik nya di tutup rapi dengan sefty stop kontak agan anak tidak dapat memasuk kan jari nya atau benda lain yang dapat mengalirkan listrik ke dalam lubang stop kontak... sefty stop kontak terbuat dari bahan yang tidak dapat mengalir kan arus listrik.. KEMUDIAN UNTUK SELANJUT NYA IKUTI LANGKAH LANGKAH BERIKUT AGAR KELUARGA TERUTAMA ANAK ANAK DIRUMAH AMAN DARI SENGATAN LISTRIK... Hal yang paling berbahaya dan sering disentuh oleh anak-anak adalah stop kontak, kabel dan colokan. Oleh karena itu, jauhkan anak Anda dari hal-hal tersebut. Cabut semua kabel yang tidak terpakai dan tutup stop kontak dengan pelindung atau safty stop contak. Ada beberapa cara lain untuk menjaga anak anak agar terhindar dari bahaya listrik di rumah. perlu kita ketahui Aliran listrik yang bebas, bisa menjadi sebab kebakaran di rumah. Simaklah tips tip keamanan yang wajib Anda ketahui agar si kecil dan Anda sendiri terhindar dari bahaya listrik,
BERIKUT TIPS MENGGUNAKAN LISTRIK YANG BAIK DAN BENAR AGAR TERHINDAR DARI BAHAYA TIPS MENGAMAN KAN ANAK ANAK DARI BAHAYA LISTRIK DIRUMAH
1. Jangan tarik kabelnya saat mencabut peralatan listrik dari stop kontak

Jangan cabut sesuatu dengan memegang kabelnya. Ambillah bagian kepala steker untuk melepasnya dari stop kontak. Jangan lupa memeriksa setiap kabel. Jika terdapat kabel yang robek gantilah secepatnya. Jangan biarkan anak mencabut dan mencolokan barang elektronik tanpa pengawasan Anda.

2. Hindari air

Jangan letakkan alat rumah tangga elektronik di daerah yang basah atau rawan basah. Air dapat menimbulkan korsleting listrik. Bila terjadi kebakaran, jangan mencoba memadamkan api dengan air tanpa memadamkan pusat aliran listrik. Jangan pernah menyentuh peralatan atau barang elektronik dengan tangan yang basah. Hal tersebut menjauhkan Anda dari setruman. Jangan pula izinkan anak untuk berenang saat turun hujan disertai petir.
3. Padamkan aliran listrik Jika ingin mengganti bola lampu yang mati,

pastikan aliran listrik sudah padam. Gunakanlah sarung tangan atau lap kering agar terhindar dari kontak langsung dengan stop kontak.

4. Waspadai kabel listrik 

Anak suka sekali memanjat pohon.
Periksa pohon tersebut apakah ada kabel listrik di sekitarnya. Jika anak bermain dengan tongkat, berikanlah arahan agar menghindari tempat-tempat yang memiliki kabel listrik yang terjangkau oleh tongkat tersebut. Listrik bisa mengalir melalui benda yang dapat mengaliri listrik. Jika Anda menemukan sebuah kabel listrik terjatuh, jangan menyentuh apa pun yang terkena kabel tersebut. Beritahukan masalah tersebut secepatnya ke pihak yang berwenang agar tidak membahayakan siapapun.

5. Gunakan penutup stop kontak

Stop kontak yang terletak di lantai dapat dijangkau anak. Pasangkanlah penutup pada stop kontak tersebut. Beritahu anak akan bahaya memegang stop kontak langsung agar ia tidak bermain dengan stop kontak.

6. Permainan yang aman

Anak kecil mana yang tidak suka bermain layang-layang?Tapi jangan biarkan anak bermain layang-layang di daerah yang penuh dengan kabel listrik. Ajaklah anak memainkan permainan tersebut di tempat yang lebih aman, seperti di pantai atau di lapangan terbuka.

7. Gunakan peralatan listrik sesuai aturan

Pastikan Anda mencabut peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik saat tidak digunakan. Walaupun dayanya kecil, seperti pemanggang roti, blender atau setrika dapat memicu korslet. Sembunyikan stop kontak alat-alat itu agar tidak terlihat anak Anda. Misalnya menyembunyikannya di balik lemari es atau dispenser.

8. Keamanan di kamar mandi

Biasanya terdapat stop kontak di kamar mandi. Hal tersebut dapat memudahkan Anda menggunakan pengering rambut atau barang elektronik lainnya. Taruhlah barang elektronik tersebut ke dalam laci setelah digunakan. Pastikan barang elektronik tersebut kering dan aman dari air. Berhati-hatilah untuk tidak meninggalkan anak Anda sendirian di kamar mandi. SEMOGA BERMANFAAT.....

            SEKIAN: TIPS MENGAMANKAN ANAK ANAK DARI BAHAYA LISTRIK DIRUMAH

ELECTRICIAN BATAM
UNTUK PEMASANGAN INSTALASI LISTRIK ATAU SERVIS LISTRIK DENGAN BAIK DAN AMAN BAPAK ATAU IBU DAPAT  MEHUBUNGI  SAYA DI 081261043687 ATU KUNJUNGI FACEBOOK KAMI ATAU HALAMAN TUKANG LISTRIK BATAM

Post a Comment Subscribe

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top