0 Comment

Museum Radya Pustaka museum yang di bangun pada tahun 1890 bulan Oktober Tnggal 20 ini di nobatkan sebagai museum tertua di indonesia. Oleh surakarta.go.id Di perkiarakan usia Museum telah mencapai 129 tahun. Dihitung sejang berdirinya museum hingga tahun 2017 ini. Museum Radya Pustaka surakarta memiliki berbagai macam sejarah dan dapat membantu kita membuka mata. Selain kita bisa jalan-jalan melepas kepenatan sambil menggali sejarah masa lampau. Museum Radya Pustaka merupakan museum yang terletak di Surakarta. Dibangun pada masa pemerintahan Pakubowono IX oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV didalem kepatihan pada tanggal 28 Oktober 1890. Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV pernah menjabat sebagai Patih Pakubuwono IX dan Pakubuwono X. Museum ini lalu dipindahkan ke lokasinya sekarang ini, Gedung Museum Radyapustaka di Jalan Slamet Riyadi, Surakarta, pada 1 Januari 1913. Kala itu gedung museum merupakan rumah kediaman seorang warga Belanda bernama Johannes Busselaar.

Musem Radya Pustaka,Tampak Depan
Terletak didalam kompleks Taman Wisata Budaya Sriwedari. Di museum ini tersimpan koleksi benda-benda kuno yang mempunyai nilai dan sejarah yang tinggi, antara lain beberapa arca batu dan perunggu dari zaman Hindu dan Buddha.

Koleksi keris kuno dan berbagai senjata tradisional, seperangkat gamelan, wayang kulit dan wayang beber, koleksi keramik dan berbagai barang seni lainnya yang memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi.

Museum Radya Pustaka
Museum Radya Pustaka juga memiliki perpustakaan yang menyimpan buku-buku budaya dan pengetahuan sejarah, seni dan tradisi, serta kesusastraan baik dalam bahasa Jawa Kuno maupun bahasa Belanda.

Perpustakaan Museum Radya Pustaka


INFORMASI MUSEUM RADYA PUSTAKA
ALAMAT JAM KUNJUNG TIKET
MUSEUM RADYA PUSTAKA Alamat: Jl. Slamet Riyadi 275 Surakarta 57141 Telp. 0271 - 712 306 Selasa-Kamis 08.30-14.30 Jumat 08.30-11.30 Sabtu 08.30-14.30 Minggu 09.00-14.30 Umum Rp 2.500 Kamera Rp 5.000

Post a Comment Subscribe

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

 
Top