24 Comment

Panduan Dasar Tekhnik Instalasi Listrik Memasang Stop Kontak Switch (saklar) Dan Fitting Lampu-Pada dasar nya kabel listrik (Kabel PLN) dari tiang listrik ke Kwh (kilo watt-hour) hanya ada dua yaitu fase (arus listrik positif) L dan Netral (arus listrik negatif) N. Lalu dari manakah datang nya kabel ground? Kabel Grounding (pembumian) adalah kebel safty atau kemanan yang di pasang oleh seorang instalatir lisrik. Dengan menancapkan batang rod (batang tembaga) kedalam tanah dengan kedalaman 1.5 sampai 2 meter, kemudian di hubungkan dengan kabel tembaga dan di salurkan ke kwh dan seluruh stop kontak yang ada di seluruh ruangan di dalam rumah. apakah fungsi gruond itu? Groung berfungsi sebagai penangkap Induksi Listrik (loncatan arus listrik) pada suatu instalasi listrik kemudian menyalurkan nya ke dalam tanah (bumi). itu adalah garis besar pengertian Grounding. saya tidak akan menjelaskan lebih tentang grounding pada artikel ini. sebab artikel Panduan Dasar Tekhnik Instalasi Listrik ini akan membahas tentang:
  • Cara memasang stop kontak
  • Cara memasang sakelar dan fitting lampu
Setelah membaca penjelasan di atas maka saya akan rincikan dasar dasar instalasi listrik Cara memasang stop kontak, Switch (Saklar) dan lampu.

memasang stop kontak dan fitting lampu-Tekhnik instalasi listrik
Panduan Dasar Tekhnik Instalasi Listrik

Cara memasang stop kontak-Tekhnik Instalasi Listrik

Perhatikan gambar di atas L adalah fase arus listrik positif dan N adalah netral arus listrik negatif dan ground di tandai oleh symbol seperti terlihat pada gambar. Titik bullet hitam symbol penyambungan kabel instalasi. pada bagian belakang stop kontak terdapat symbol electrik L N dan Symbol Grounding. Sebelum nya untuk ke amanan matikan breaker pada meteran kemudian pasang ketiga kabel yaitu fhase, netral dan kabel grounding sesuai dengan symbol yang terdapat pada bagian belakang stop kontak pasang dan kencang kan baut menggunakan obeng mudah bukan???

Cara memasang saklar dan fitting lampu-Tekhnik Instalasi Listrik

Bagi pemula kebanyakan masih bingung cara memasang Switch (Saklar) mereka beranggapan bahwa pada Switch (Saklar) terdapat dua kabel yaitu L dan N. Padahal sebenarnya tidak!!! Pada Switch (Saklar) hanya terdapat satu kabel yaitu fhase (arus listrik positif) L. Switch (Saklar) hanya berfungsi sebagi pemutus arus listrik positif (L) dan penghubung saja. Sedangkan pada fitting lampu terdapat dua kabel yaitu netaral dan fhase seperti terlihat pada gambar.

Hubungkan kabel dari sumber arus lisrtik posotif (fhase) pada Switch (Saklar) kemudian hubungkan ke fitting lampu. setelah kabel (L) terpasang ke fitting lampu hubungkan pula arus listrik negatif (N) Juga ke fitting lampu.

Sebenar nya ada aturan tambahan untuk memasang fitting lampu. namun jika penjelasan di bawah ini membingungkan abaikan saja tidak masalah pasang kabel L dan N sembarang pada fitting lampu.
Perhatikan gambar di bawah ini. Lidah yang terdapat pada bagian dalam fitting lampu untuk kabel L arus listrik positif. lidah tersebut tersambung pada bagian belakang. tempat mengikat kabel. perhatikan lidah tersebut mengarah ke sebelah mana. jika lidah tersebut mengarah ke sebelah kiri, maka lubang baut sebelah kiri tersebut tempat memasang/ mengikat kabel L arus listrik positif dan selah kanan untuk N.

Cara memasang fitting Lampu
Panduan Dasar Tekhnik Instalasi Listrik

Hal ini perlu di perhatikan agar ketika mengganti bola lampu anda tidak tersetrum atau tersengat listrik. sebab arus positif berada di bagian dalam fitting. demikian penjelasan saya tentang Panduan Dasar Tekhnik Instalasi Listrik-Cara memasang stop kontak serta Cara memasang sakelar dan fitting lampu. Tinggal kan komentar di bawah ini pada kotak blogger koment jika ada pertanyaan.

Post a Comment Subscribe

  1. Jika pemasangan kabel negatif dan positif di fitting terbalik apakah lampu akan menyala...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap akan menyala dengan baik.....!!!

      Delete
  2. jika kedua kabel positif terhubung ke fitting lampu apakah lampu tetap menyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua kabel positif gimana? semua peralatan listrik butuh netral dan positif, kalau positif semua ya enggak bisa nyala

      Delete
  3. Mau nanya bang. Saya punya lampu LED pas mau gnti fitting lampunya. Awalnya berjalan normal. Pas mau mematikan off di sklar malah lampunya kedap kedip. Kira2 knapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar, kabel tidak terpasang dengan baik, di switch atau di fitting lampu. Untuk lebih pastinya harus dilakukan pemeriksaan secara langsung.

      Delete
  4. Bang ko stiap saklar atau stop kontak bentuknya berbeda-beda ya jadi bingung naro kabel ground ya dimana positif dimana negatif juga dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Per hatikan symbol N=NETRAL , L= pHASE dan ⏚ adalah ground, jika tidak ada melihat symbol, maka netral dan phase bisa dipasang sembarang, itulah yang dimaksud dengan arus bolak balik (AC/alternating current). Sedangkan pemasangan ground pahami dasar ground, ground berfungsi sebagai pembuang arus berlebih (induksi). Jika pada pelatan elecktronik umum nya ground dipasangkan ke body. Jika ke stop kontak kemana tu kira-kira (mungkin irwan sudah dapat gambaran-nya)

      Delete
  5. klo satu steker 2 fiting bisa gan

    ReplyDelete
  6. Gan kalau kabel isi 3 di pasang ke fiting lampu yang tempat tembaga nya cuman2 gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potong tumpul 1 kabel dan isolasi secukup nya

      Delete
  7. Gan kalo stop kontak tidak usah pake kabel grounding langsung positif negatif bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca disini http://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.co.id/2017/02/cara-merangkai-memasang-cable-stop-kontak-dan-jumper-dua-saklar.html

      Tanpa ground juga tetap menyala, akan tetapi kurang aman untuk instalasi rumah, jika tanpa ground biasa nya komputer, kulkas, mesin cuci akan terkena induksi listrik dan menimbulkan sengatan kecil jika tersentuh

      Delete
  8. Permisi mau nanya mas. Saya pasang lampu led yang emergency dirumah, tetapi pd saat stop kontak matipun lampu nya menyala redup, kan harusnya mati ya, itu apa karena ada induksi ya? Solusinya bagaimana mas. Maaf ga ngerti kelistrikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Periksa saklar dan fitting lampu nya, jika saklar bagus coba ganti fitting lampu nya dengan yang baru.

      Delete
    2. Bang mau nanya klo mo nyambung kabel buat pasang stop kontak ngambilnya dri fiting lampu bisa/aman ngga ....mksih bang

      Delete
    3. Bisa, tapi tidak aman untuk pemakaian besar dan jangka waktu yang lama... kabel lampu biasa nya ukuran 1,5 sedangkan stop kontak 2,5mm, sebaik nya ikuti standard PUIL

      Delete
  9. Terima kasih. Artikelnya sangat bermanfaat buat saya yang saat ini mau mengganti fitting & saklar tapi tak mengerti kelistrikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama pak, terimakasih kembali...

      Delete
  10. bang,saya ada kasus
    steker on,kabel ada arus,pas dipasang lampu,lampu ga nyala,arus ilang...gimana tuh bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. steker=colokan, periksa kabel yang dugunakan...

      Delete
  11. Listrik emang manfaat banget, tapi awas kesetrum kang hehehehe

    ReplyDelete
  12. Bang, kalau ada saklar langsung dari MCB, kabel ground dari MCB disambung ke mana?

    ReplyDelete

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top