12 Comment

Panduan Instalasi Listrik - Cara Merangkai/ Memasang Cable Stop Kotak tambah Jumper Dua Saklar-(switch Seri Dua Gang) Kali  ini saya mencoba mempermudah penjelasan tentang panduan "instalasi listrik" dasar, dengan gambar yang mudah untuk di pahami bagi pemula. sebelum kita mulai membaca panduan "instalasi listrik" dasar ini. kita akan membahas terlebih dahuli mengenai safty dan peralatan untuk Memasang Cable Stop Kotak tambah Jumper Dua Saklar (Saklar Seri Dua Gang)

Perlengkapan safty (keamanan) Instalasi Listrik
  1. Sepatu ( pastikan anda memakai sepatu sebelum menyentuh peralatan listrik)
  2. Sarung tangan kulit ( Untuk mencegah anda bersentuhan langsung dengan arus listrik)
  3. Matikan Breaker atau posisi kan breaker ke posisi off (mati)
Peralatan Instalasi Listrik
  1. Test pen (Senjata terpenting bagi seorang electrikal)
  2. Gunting Cable (kabel)
  3. Obeng Minus ( - )
  4. Obeng Plus ( + )
  5. Tang dan Isolasi
Setelah semua perangkat keselamatan tersedia dan perlengkapan instalasi listrik. maka kita akan bahas perlahan agar mudah untuk di pahami. saya mulai dari seperti gambar di bawah ini.
Cara Merangkai-Memasang Cable Stop Kotak+ Jumper Dua Saklar
Ini adalah gambar yang terbaik yang saya buat utuk panduan Instalasi listrik dasar Cara Merangkai/ Memasang Cable Stop Kotak tambah Jumper Dua Saklar (switch Seri Dua Gang) semoga gambar di atas mudah untuk di pahami. Perhatikan dan pahami sejenak gambar dan keterangan pada gambar diatas.

Kabel 1 3 dan 4 adalah kabel yang ditarik dari sumber listrik yaitu box breaker. Jika posisi stop kontak dan switch yang ingin anda pasang terlalu jauh, anda bisa mencangkok atau menyambung kabel dari kabel power ( kabel induk ) yang terdekat dari posisi anda. Gunakan testpen untuk memastikan yang mana kabel power nama lain ( fhase) atau Api.. Dan yang mana kabel netral serta yang mana kabel ground.

Di indonesia banyak warna kabel yang di gunakan. beberapa wilayah mungkin berbeda. ada yang menggunakan kabel Merah, Hitam, dan Hijau ada juga yang menggunakan standard warna kabel instalasi indonesi yaitu Hitam, Biru Dan Kuning Dimana hitam adalah fhase/ api (arus listrik positif) Biru adalah netral ( arus listrik negatif) dan kuning adalah ground. sedangkan yang saya gunakan adalah kabel Merah, Hitam Dan Kuning dimana merah adalah fhase/ api ( arus listrik positif) Hitam adalah Netral (arus listrik negatif) dan ground berwarna kuning. Untuk memastikan nya Gunakan alat penguji yaitu test pen.

Baik Kita lanjutkan tentang Panduan Instalasi listrik dasar Cara Merangkai/ Memasang Cable Stop Kotak tambah Jumper Dua Saklar (switch Seri Dua Gang) Setelah anda memposisikan kabel pada stop kontak dan saklar dua gang seperti di atas. maka kita tinggal beberapa langkah lagi untuk finish / selesai.
Kupas setiap hujung kulit kabel.
Ikat kabel netral stop kontak dan kabel netral untuk fitting lampu menjadi satu. pada gambar di atas kabel netral stop kontak dan lampu saya tandai dengan nomer satu dan dua.
Ikat kabel fhase stop kontak dengan salah satu bagian hujung kabel jumper. kabel jumper berfungsi sebagai penghantar arus listrik positif ke saklar (switch).  Arus listrik Positif = fhase. Perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Merangkai-Memasang Cable Stop Kotak+ Jumper Dua Saklar
Pada posisi ini pekerjaan kita sudah selesai 80 persen. mari kita selesaikan yang 20 persennya lagi.
Jika pada saklar kabel jumper sudah terpasang dengan benar. maka kabel fhase untuk fitting lampu yaitu kabel yang saya tandai dengan no 5 dan no 6 tinggal memasuk kan saja pada lubang baut pada saklar satu dan saklar dua. perhatikan gambar di atas. Dan untuk stop kontak  perhatikan gambar di bawah ini.
Symbol electrikal di belakang stop kontak
Perhatikan gambar bagian belakang stop kontak di atas. Pada gambar tersebut,terdapat tiga lobang pengunci. Lubang yang di tandai dengan hurul ( L ) Untuk kabel power arus positif (fhase) dan lubang yang di tandai dengan Huruf ( N ) untuk kabel Netral arus listrik Negatif. dan sisa nya untuk kabel ground juga memiliki symbol. Semua stop kontak yang di buat pabrikan akan tertera ketiga tanda (symbol) tersebut  L  N dan Ground.

Untuk memasang nya perhatikan gambar no dua. dan selesai tinggal menutup saja. dan untuk fitting lampu nya lihat gambar satu paling atas dan bagian atasnya.

Memasang stop kontak instalasi listrik
Kabel Stop Kontak Terpasang
Finishing tutup dan baut kan stop kontak pada box
Terimakasih atas kunjungan anda ke blog TUKANG LISTRIK BATAM subcribe blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari blog ini langsung melalui email. jangan lupa tinggal kan komentar. atau menuliskan pertanyaan terkait instalasi listrik di kolom komentar.

Post a Comment Subscribe

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top