0 Comment

MCB(Mini Circuit Breaker) adalah peranti/alat pengaman yang di pasang pada rangkaian instalasi listrik dengan cara memutus atau memblokir aliran arus listrik ketika terjadi korsleting listrik. selain itu MCB juga berfungsi sebagai pembatas daya (voltase). MCB merupakan bagian terpenting dalam suatu instalasi listrik, baik instalasi listrik di rumah, hotel, atau pabrik semua tidak lepas dari MCB (Mini Circuit Breaker). bagi seorang electrikal MCB (Mini Circuit Breaker) sudah tidak asing lagi dan tentu sudah mengerti jenis jenis MCB (Mini Circuit Breaker) dan fungsinya serta Cara Memasang MCB (Mini Circuit Breaker).

Artikel kali ini akan membahas tentang jenis jenis MCB (Mini Circuit Breaker) sebagai pengetahuan bagi electrical pemula atau juga orang orang yang ingin belajar tentang dasar dasar intalasi listrik. adapun fungsi utama MCB Mini Circuit Breaker adalah sebagai berikut:
  1. Safty / Pengaman suatu instalasi listrik.
  2. Pematas daya (voltase)
  3. Alat pembagi energi listrik.
MCB Mini Circuit Breaker memiliki jenis / type yang ber-varian dan memiliki daya beban yang bermacam macam mulai dari 6 ampere 10 ampere 13 ampere 16 ampere 25 ampere 250 ampere dan banyak lagi. biasanya jumlah ampere yang di gunakan bergantung dari besar ampere meterer dari PLN atau Energi yang di suply dari suatu pembangkit listrik.

MCB Sebagai Safty / Pengaman suatu instalasi listrik

Apabila terjadi konsleting listrik pada suatu instalasi listrik maka MCB Mini Circuit Breaker akan secara otomatis memutus aliran listrik sehingga tidak menimbulkan kebakaran atau mengurangi kerusakan suatu banda / barang electronic atau pun motor yang di gunakan. dan melindungi jaringan instalasi listrik itu sendiri.

Pematas daya (voltase)

Masing-masing MCB memiliki daya (voltase) maksimal. pemakaian energi yang melebihi ambang batas pemakaian akan di blokir/di putus oleh sircuit breaker. Contoh:Pada listrik rumah dengan daya standard pemakaian = 2200 watt (10 Ampere). Jika pemakaian listrik di rumah tersebut melebihi batas yang di tentukan yaitu 2200 watt maka MCB otomatis akan memutus pasokan listrik ke rumah tersebut.

Alat Pembagi energi listrik

MCB Mini Circuit Breaker juga di gunakan seorang instalatir sebagai alat untuk membagi energi listrik ke beberapa ruangan suatu bagunan. hal ini di lakukan agar jaringan intalasi dapat bertahan lebih lama mengurangi penumpukan beban pada kabel instalasi. manfaat lainnya mencegah pemadaman / pemutusan energi listrik secara keseluruhan apa bila terjadi konsleting listrik. apa bila satu line konslet maka line yang lainnya masih dapat di gunakan dan berfungsi normal.

Jenis jenis MCB Mini Circuit Breaker Dan Fungsinya
Jenis Jenis MCB Mini Circuit Breaker Dan Fungsinya
Jenis Jenis MCB Mini Circuit Breaker Dan Fungsinya
Penjelasan MCB Mini Circuit Breaker Satu Pole, Dua Pole, Tiga Pole, Empat Pole
  • MCB Mini Circuit Breaker Satu pole biasa di gunakan pada instalasi satu phase dan tiga phase, MCB Mini Circuit Breaker satu pole memiliki kekuatan menahan beban hingga 50 ampere bahkan lebih. pada instalasi listrik satu fhase MCB Mini Circuit Breaker satu pole di gunakan sebagai safty dan pembagian energi. dan kabel yang di amankan hanya kabel fhase (arus listrik positif) saja.
  • MCB Mini Circuit Breaker dua pole yang di amankan dua kabel yaitu kabel fhase (arus listrik positif) dan kabel netral (arus listrik negatif).
  • MCB Mini Circuit Breaker Tiga Pole biasa di gunakan pada listrik tiga fhase artinya tiga jalur arus listrik positif. pada MCB Mini Circuit Breaker Tiga Pole yang di amankan hanya ketiga fhase tersebut yaitu RST sedang N tidak.
  • MCB Mini Circuit Breaker Empat Pole sama hal nya dengan MCB Mini Circuit Breaker Tiga Pole namu yang di amankan adalah RSTN. tiga fhase dan satu netral juga di amankan jika menggunakan MCB Mini Circuit Breaker Empat Pole.
Demikianlah penjelasan saya tentang Jenis Jenis MCB Mini Circuit Breaker Dan Fungsinya. semoga artikel ini bermanfaat bagi saya dan pembaca blog tukang listrik batam. saya ucapkan terimakasih telah membaca artikel Jenis Jenis MCB Mini Circuit Breaker Dan Fungsinya ini.

Post a Comment Subscribe

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top