0 Comment

Grounding atau penagkal petir merupakan rangkaian jalur tembaga dan batang tembaga yang di fungsikan sebagai jembatan petir menuju ke dalam bumi atau disebut dengan pembumian.

Untuk memastikan penagkal petir dapat mentransfer petir dengan baik perlu di lakukan pengukuran nilai resistansi (ohm) pada lempeng bumi secara berkala, Sebab nilai resistansi dalam satuan ohm pada lempeng bumi dapat berubah sewktu waktu.

Nilai resistansi (ohm) adalah nilai dari kadar air, kadar asam(PH), kadar mineral (Garam) dan tekstur tanah, untuk pengukuran di butuh kan alat yang bernama Tester Bumi (Earth Tester). Nilai standard resistansi grounding yang di tetapkan oleh pemerintah indonesia adalah nol koma lima ohm(0,5 Ω).
Menghitung Tinggi dan radius penagkal petir
Cara Menentukan Tinggi Tiang ROD Penagkal Petir (Grounding)
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menempatkan batang ROD tunggal penagkal petir, dan menentukan berapa tinggi tiang rod (tower) yang di butuhkan untuk memproteksi keseluruhan luas area (bangunan). Maka dari itu kita harus mengetahui terlebih dahulu nilai sudut perlindungan grounding (degree of protection) agar kita dapat menentukan tinggi rod grounding (penangkal petir) tersebut.

Degree of protection grounding (Penagkal petir) memiliki sudut 120 derajat. Nah mari kita simak penjelasan tentang "Cara menentukan tinggi tiang rod penagkal petir berdasarkan radius dan luas area" berikut ini.
Cara Menentukan Tinggi Tiang ROD Penagkal Petir (Grounding)
Cara Menentukan Tinggi Tiang ROD Penagkal Petir (Grounding)
Memperhitungkan Tinggi Penagkal Petir Tunggal.
  • Hal yang pertama harus di lakukan adalah mengukur luas bagunan atau suatu area yang akan di pasangi penagkal peti. misal lebar bangunan adalah 22 meter dan panjang bangunan adalah 44 meter persegi.
  • Siap kan penggaris dan busur derajat, kertas dan pena.
  • Membuat pola perhitungan matetamatika di atas kertas. keterampilan ini harus dimiliki oleh seorang ahli petir.
Perhatikan gambar di bawah ini:
Cara Menentukan Tinggi Tiang ROD Penagkal Petir (Grounding)
Gambar 1: Menghitung Tinggi rod Penagkal Petir
Pada gambar di atas saya telah membuat sekema gambar untuk menentukan tinggi tiang penagkal petir tunggal. dilengkapi dengan garis sudut dan titik koordinat bangunan yang akan di pasangi penagkal petir. gambar di atas akan saya pecah untuk mengetahui panjang garis miring segitiga sama kaki yang saya tandai dengan tanda tanya. menjadi seperti di bawah ini:
Cara Menentukan Tinggi Tiang ROD Penagkal Petir (Grounding)
Gambar 2: Menghitung Tinggi Rod Penagkal Petir
Perhatikan tanda panah merah saya telah memecah lagi gambar menjadi segitiga siku dimana nilai B=10 (setengah dari lebar bagunan semula). dan nilai A= 22 meter(setengah dari panjang bangunan.
Saat nya kita kembali ke kelas sembilan. Pada gambar sudah tertulis rumus perhitungan sisi miring segitiga siku nan nilai nya adalah 24 meter. lanjut ke gambar berikut nya.
Cara Menentukan Tinggi Tiang ROD Penagkal Petir (Grounding)
Gambar 3: Menghitung Tinggi Rod Penagkal Petir
Pada gambar di atas saya menagambil nilai 24 sebagai sudut keliling proteksi penangkal petir. bukan 22 seperti tertera pada gambar satu. jika kita mengambil nilai 22 sebagai sudut keliling bagunan. maka sistem proteksi penangkal petir pada bagian ke empat sudut bangunan memiliki nilai kuning (warning) maka dari itu kita pakai nilai 24 yang telah kita peroleh tadi. sehingga ketemulah tinggi tower penagkal petir adalah 14 meter. Selesai.....!!!

Perhatikan rumus perhitungan pada gambar di atas. gunakan kalkulator scientifik untuk menghitung tan 30. Pada tabel sudut istimewa tan 30 memiliki nilai 0,577.

Pemasangan penagkal petir tunggal membutuhkan biaya extra dan tenaga kerja extra. selain itu sangat di butuhkan perhitungan dan perencanaan kerja yang benar benar matang. tergantung dari luas area atau bangunan. untuk menjaga agar tower penagkal petir tidak tumbang di butuhkan pengalaman yang cukup.

Mempertimbangkan resiko pekerjaan menjadi bagian terpenting dalam pengerjaan pemasangan penagkal petir tunggal ini. penagkal petir tunggal umumnya di gunakan oleh gedung gedung tinggi dan area lapangan luas. demikian lah artikel Cara Menentukan Tinggi Penagkal Petir (Grounding).

Post a Comment Subscribe

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top