32 Comment

PT. PLN (Persero) - Menetapkan Tanggal Pembayaran Tagihan Listrik dimulai sejak tanggal lima (5) dan Batas Akhir Tanggal Pembayaran adalah Tanggal dua puluh 20. Pembayaran Tagihan Listrik melebihi Tenggang waktu yang telah di tentukan oleh pln, dapat dikenakan sanksi berupa Denda, Penyegelan (Pemutusan Sementara) Hingga Pemutusan Permanent.

Pembayaran Tagihan Listrik dapat di lakukan di Payment Point Online Banking (loket PPOB), Melalui ATM, Kantor Pos, Indomaret, Alfamart, SMS Banking, Internet Banking atau Mobile Banking. Pembayaran/Pelunasan tagihan listrik yang di lakukan pada bulan 3 (sebagai contoh) adalah pembayaran untuk pemkaian listrik pada bulan 2 (Dua).
Tanggal Pembayaran Listrik
Tenggang Waktu Pelunasan Tagihan Listrik
Sanksi/Denda (Biaya Keterlambatan Bayar)

Jika pelanggan tidak membayar tagihan listrik dari tanggal 5 - 20 maka itu disebut terlambat. Dan atas keterlambatan tersebut pelanggan akan dikenakan sanksi/denda berupa Biaya Keterlambatan. Denda keterlambatan dihintung berdasarkan golongan stand meter listrik yang di gunakan.

Penyegelan (Pemutusan Sementara)

  • PLN akan melakukan penyegelan/pemutusan sementara aliran listrik kepada pelanggan jika pelanggan masih belum melunasi pembayaran rekening listrik dalam jangka waktu 1 bulan keterlambatan.
  • Dan penyambungan kembali akan dilakukan oleh pihak PLN jika pelanggan tersebut telah melunasi pembayaran tagihan listrik ditambah Biaya Keterlambatan.

Pemutusan Permanent.

Jika dalam jangka waktu 60 hari terhitung mulai sejak hari pertama pelaksanaan pemutusan aliran listrik sementara pelanggan masih belum melunasi pembayaran rekening listriknya, maka pihak PLN akan melakukan pemutusan permanent.

Baca Juga:
Cara Cek Tagihan Listrik
Cek Tagihan Pajak Kendaraan
Cek Tagihan Air ATB
Contoh Kasus Pembayaran Tagihan Listrik. Dikutip dari Tribun Lampung Pengirim: 08575851xxxx
Kepada Yth PLN Lampung. Saya mau tanya tanggal berapa paling lambat bayar rekening listrik setiap bulannya. Karena kalau saya mau bayar listrik tanggal 8, selalu pihak tempat pembayaran listrik bilang saya harus bayar dua bulan.
Contoh saya mau bayar listrik bulan Juli pada tanggal 8 Agustus, tapi tidak diperbolehkan bayar untuk bulan Juli, harus membayar dua bulan periode Juli dan Agustus, sedangkan di bulan Agustus belum ada pihak dari PLN datang ke rumah saya untuk pengecekan listrik. Kenapa saya harus bayar bulan Agustus juga? Terima kasih atas penjelasannya.
Waktu Pembayaran Tagihan Listrik Tanggal 5-20 Tiap Bulan.

Kami jelaskan waktu pembayaran rekening listrik adalah dari tanggal 5 sampai dengan 20 setiap bulannya. Lewat dari tanggal tersebut akan dikenakan biaya keterlambatan.

Perihal pembayaran listrik di tanggal 8 Agustus, dapat kami jelaskan sebagai berikut :
  • Rekening listrik yang terbit di bulan Agustus adalah hasil pemakaian listrik di bulan sebelumnya, yaitu bulan Juli.
  • Ketika ibu ingin membayar rekening listrik bulan Juli, maka itu adalah hasil pemakaian listrik di bulan Juni.
  • Meteran yang dibaca pada bulan Agustus, hasilnya akan menjadi Rekening Listrik Bulan September (Pemakaian listrik pada bulan Agustus).
  • Mengapa jadi ditagih 2 bulan? karena dicontoh tersebut, pada bulan Juli (Pemakaian listrik bulan Juni), belum dilakukan pelunasan sehingga pada saat ibu membayar di tanggal 8 Agustus, ditagihkan Rekening listrik bulan Juli (pemakaian listrik bulan Juni) dan Rekening listrik bulan Agustus (Pemakaian listrik bulan Juli).
I Ketut Darpa
Deputi Manajer Hukum & Humas
PT PLN (Persero) Distribusi Lampung

Post a Comment

  1. Jika saya bayar di tgl 1 bulan maret. Tapi untuk pembayaran februari .Itu harus 2 bulan juga atau tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembayaran listrik untuk bulan februari dilakukan pada tanggal 6 hingga 20 maret. Artinya untuk kasus ibu mili pembayaran belum bisa dilakukan pada tanggal 1 karena belum masuk ke tanggal pembayaran listrik

      Delete
  2. Batas pembayaran Tagihan listrik bulan februari tgl tgl berapa, apakah kalo saya bayar di bulan Maret cintohnya 3 Maret akan di kenkake denda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak...! pembayaran tagihan listrik bulan februari di bayarkan sejak tanggal 6 hingga 20 maret

      Delete
  3. Kalau bayar tgl 5 maret karena bulan februari belum bayar apa udah termasu 2bulan dan jika kita sudah melunasi yg 2 bulan februari dam maret itu, apa bulan depan april saya mau bayar tgl 20 apa akan naik pembayarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembayaran yang dilakukan di bulan maret merupakan pembayaran pemakaian listrik bulan sebelum nya yaitu februari, pembayaran pemakaian listrik bulan maret dilakukan pada bulan april tgl 5-20, harap dapat dicerna

      Delete
  4. Saya dpt surat tunggakan dati pln krn saya lupa byr bulan februari..tp dikertas ditulis untuk bulan februari dan maret..brarti 2bulan..apabila saya bayar listrik pas gajian akhir bulan maret..apa akan diputus listrik saya sblm akhir maret??mohon penjelasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan nya kurang logis mas, pembayaran listrik bulan maret dilakukan pada bulan april, tapi jika benar demikian biasa nya blum dilakukan pemutusan listrik secara permanent hanya sekedar disegel saja, setelah dilunasi segel bisa dibuka tanpa menunggu petugas PLN

      Delete
  5. Maaf sblmnya sya mau tanya,sya pnya kios/ruko yg skrng sdng kosong krna yg ngontrak sdh pndh,krna kesibukan sya smpe sya lpa ngecek tagihan listriknya dan kmrn sya cek tiba2 meteran sya di putus dan ada surat pembongkaran/tunggakan,yg jdi pertanyaan sya..apakah setelah sya byr tunggakan tersebut listrik sya bsa di psng kembali atau sya kena pemasangan baru kembali?? Sekian terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah melebihi 3 bulan biasanya harus "pasang baru" lagi dengan syarat melunasi terlebih dahulu tunggakan yang pernah ada.

      Delete
  6. Apakah jika saya bayar pemakaian listrik bulan februari( rekening listrik bulan maret) pada tgl 30 maret. Itu kena denda saja atau akan di segel. Mohon penjelasan nya dan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak, tapi bisa jadi iya disegel, pada kasus ibu tami sebenarnya hanya terlambat 1 bulan pembayaran listrik yaitu pemakaian bulan feb, sedangkan pemakaian bulan maret dibayar pada bulan april sejak tanggal 5-20.

      Delete
  7. Selamat siang, saya mau tanya. Kan untuk periode pembayaran tgl 5-20 setiap bulanya. Saya mencoba cek online tagihan pada tanggal 7 dan cek tagihan online lagi pada tanggal 18, ternyata ada perbedaan jumlah tagihan antara pengecekan tgl 7 dan tgl 18. Mohon penjelasan dan rincian penambahan biaya tagihan setiap pergantian tanggal dalam satu bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alat pengecek tagihan listrik sepenuh nya milik pln, data yang diinput juga oleh staf office pln, hubungi cal center 123 untuk informasi lebih lanjut, mohon maaf untuk kasus ini saya tidak dapat membantu banyak...

      Delete
  8. Selamat pagi, saya mau tanya sebelum saya membayar tagihan listrik dibulan 2, dibulan 1 kebawah pembayaran saya tiap bulan 52ribu sekian, pas dibupan 2 jadi 81ribu dan dibulan 3 pembayaran sebanyak 700ribuan dan april 190ribuan. Kenapa bisa demikian. Tolong penjelasannya.. Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekedar konfirmasi saya bukan petugas pln hanya pernah bergabung saja dengan kontraktor pln, Yang pertama apakah petugas pln rutin datang setiap bulan mengecek meteran ibu? jika ya pastikan mereka memeriksa meteran ibu dengan benar, kemungkinan meteran ibu sudah lama tidak dikenakan beban, setiap meteran biasanya ada beban yang harus dibayar, diluar pemakaian. Untuk lebih jelas nya saya sarankan untuk datang langsung ke kantor pln di wilayah ibuk untuk mendapat penjelasan yang lebih akurat.

      Delete
  9. Permisi pak, mau tanya kalo pemakaian bulan Maret yang harusnya dibayar tgl 5-20 April ini kemudian saya lewati tanggal tersebut. Apakah bisa saya bayar tanggal 28 April? Apakah listrik saya diputus pada tanggal 21 nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak pada tanggal 21 tetapi umum nya tanggal 23-24 sudah dilakukan penyegelan (disebut juga pemutusan sementara). Petugas PLN biasa nya akan datang membawa surat keterlambatan bayar, usahakan bapak membayar pada hari itu juga (Sebagai antisipasi lakukan pembayaran langsung ke counter pln, kantor pos, indomaret atau via tranfer bank/ Tidak kepada petugas yang membawa surat)

      Delete
    2. ohh kirain pemutusan sementara pada tanggal 20 Mei...

      Delete
    3. Permisi pak, mau tanya ni, saya mau bayar listrik untuk bulan april,namun saya bayar tanggal 1 mei,tetapi saya d suruh bayar doble dri tagihan, katanya untuk bulan april dan mei,, apakah itu benar pak seperti itu prosedur nya? Mohon pencerahan nya?

      Delete
    4. Rahmad Hidayat: Pembayaran listrik untuk bulan april dilakukan pada tanggal 5 bulan mei, dan pembayaran untuk bulan mei dilakukan pada bulan juni tgl 5. Dalam kasus pak rahmat sebutkan, bapak sama sekali belum terlambat bayar.

      Delete
  10. Mau nanya saya adl bln april kemarin blm byr listrik tgl 1 mei mau bayar tgl merah tgl 2mei tanpa pemberitahuan/sepengetahuan orang rumah meteran saya dibongkar setelah saya datang dikantor PLN setempat mau tidak mau harus pindah ke pulsa prabayar,,yg mau saya tanya kan sebenarnya gimana sih aturan PLN seenaknya aja bongkar milik orang tanpa sepangetahuan pemilik,,,makasih tlg segera dikonfir biar tdk menjadi perdebatan dimasyarakat,,,,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyarakat tidak banyak yang tau bahwa dari tiang listrik sampai meteran listrik adalah hak PLN. Masalah pembayaran pemakaian listrik bulan april di bayar tanggal 5 mei, Mungkin ibu shella tidak membaca surat pemutusan/pergantian yang di berikan pihak PLN. Jika 2 mei dilakukan pemutusan sementara kemungkinan pelanggan terlambat bayar bukan pada bulan april melainkan keterlambatan bayar pada bulan maret.

      Delete
  11. Mau tanya apakah telat 1bln skrg aturannya langsung bongkar meteran dan dipaksa ganti pulsa????mohon solusinya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya telat 1 bulan sekarang dilakukan pemutusan sementara, jika telah di lunasi pihak pln akan menyambung nya kembali. Masalah pergantian meteran ke prabayar (meteran pulsa) mungkin memang program pihak PLN.

      Delete
  12. Mohon penjelasan Pak
    Mengwnai kasus saya Rekening April 2018 s/d Mei 2018 hari ini tgl 3 Mei 2018 datang tagihan ...dan saya dibatasi waktu untuk membayar dalam 3 hari ..kalau tidak bayar maka akan dilakukan pemutusan aliran ..Bagaimana ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak harap baca surat yang diberikan pihak PLN dengan benar, Pembayaran pemakaian listrik bulan april dilakukan pada tanggal 5 hingga 20 mei. Jadi jika pada 3 mei bapak mendapat peringatan kemungkinan itu disebabkan keterlambatan pada bulan maret (bukan april)

      Delete
  13. halo, saya dapat surat tagihan di tgl 21, karna memang telat bayar. kalo misal saya bayar nya di tanggal 30 pas gajihan apakah akan di putus ? maksudnya segel sementara itu apakah listriknya tidak bisa digunakan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah menerima surat tagihan lakukan pembayaran pada hari itu juga, ya akan ada sanksi pemutusan sementara jika di undur pembayaran nya.

      Delete
  14. Halo. Kalo saya bayar tagihan bulan Juni tgl 30 apakah pembayaran tagihan masuk 2 bulan termasuk bulan juli

    ReplyDelete

 
Top