10 Comment

Instalasi Listrik
Paralel Hexos Dengan Lampu
Paralel Exhaust Dengan Lampu maksudnya adalah menggabungkan antara exhaust atau fan dengan lampu ke satu switch. Umumnya pada benda electronic seperti exhaust menggunakan jenis kabel NYY isi 3 yaitu Phase, Netral dan Ground sebagai penghubung. Sedangkan Pada instalasi listrik fitting lampu hanya memnggunakan kabel Jenis NYA sebanyak 2 kabel saja yaitu kabel Phase dan Netral saja. Lalu bagaimana "cara memparalel exhaust dengan lampu?" Bahasa singkat dalam teori instalasi listrik "Gabungkan antara netaral exhaust ke netral lampu dan phase ke phase sedangkan kabel ground hubungkan dengan kabel ground pada sumber ground". Bagaimana mengetahui kabel phase, netral dan ground pada benda electronic seperti exhaust? simak panduan instalasi listrik di bawah ini.

Warna Kabel NYY Pada barang electronic seperti exhaust umumnya ada tiga warna yaitu Biru, Coklat, Dan Kuning atau Coklat, Hitam dan putih. 
  • Biru sebagai kabel Phase
  • Coklat Sebagai Kabel Netral
  • Kuning sebagai Ground
  • Namun keterangan di atas akan lebih baik jika di tinjau ulang. Pada setiap pembelian barang electronic seperti "exhaust" biasanya di sertai dengan buku petunjuk penggunaan/pemasangan. Ikuti buku panduan electronic tersebut untuk pemasangan.
Kabel NYA pada instalasi listrik untuk lampu adalah Biru dan Hitam atau Merah dan hitam. untuk mengetahui yang mana phase atau Api dan yang mana netral. Pastikan dengan menggunakan Testpen, jika testpen menyala saat bersentuhan dengan kabel, maka kabel yang menyala tersebut adalah phase/api. Dan yang tidak menyala adalah netral. Pastikan anda memeriksa kabel intalasi tersebut dengan benar.

Memparalel Exhaust Dengan Lampu.

  • Hubungkan Phase Exhaust dengan Phase Lampu dan Netral Exhaust dengan netral lampu.
  • Hubungkan Kabel Ground exhaust dari sumber ground mana saja.
  • Pilih Ground yang terdekat dengan posisi exhaust.
  • Lihat Diagram gambar instalasi Paralel Exhaust dan lampu di bawah ini.
Diagram Paralael Exhaust
Cara Paralel Exhaust dengan Lampu
Catatan: Jika instalasi listrik di rumah tidak menggunakan grounding maka, potong tumpul kabel ground pada exhaust dan isolasi secukupnya. Exhaust ukuran rumah tangga tidak apa apa jika tidak menggunakan grounding.

Manfaat Memparalel Exhaust dan lampu.

  • Menghemat material instalasi
  • Menghindari Kelupaan mematikan exhaust
  • Penggunaan yang Praktis
Exhaust yang sering di paralel dengan lampu umumnya adalah exhaust pada kamar mandi dan exhaust untuk dapur. Memasang Exhaust pada kamar mandi bermanfaat untuk membuang gas gas beracun yang berasal dari kamar mandi/toilet. begitu juga exhaust untuk dapur. selain itu exhaust juga mempercepat sirkulasi udara pada suatu ruangan dan mempercepat penyejukan suhu ruangan. sekian dan terimakasih atas waktu dan kunjungan anda ke blog tukang listrik batam.

Post a Comment

 
Top