16 Comment
A+ A-

Dalam ilmu listrik phase adalah L (Arus listrik positive). seorang electrical istilah phase atau "1 phase, 2 phase, 3 phase", tentu sudah tidak asing lagi dan sudah mengerti Cara mengaplikasikan listrik 3 phase. Phase = Arus listrik positive [ (+) = L ] maka listrik 1 phase adalah listrik yang menggunakan 1 line Arus listrik positive. Listrik 2 phase menggunakan 2 phase arus listrik positive begitu juga listrik 3 phase, menggunakan 3 line Arus listrik positive.
Perbedaan listrik 1 phase 2 phase 3 phase
Definisi listrik/phase

Definisi Listrik 1 phase

Listrik 1 phase bertegangan 220 volt dan Arus listrik di salurkan oleh Sumber (PLN) menggunakan jenis kabel SR dan terdiri dari 2 kabel berwarna hitam, Di mana kedua kabel tersebut adalah Arus listrik positive dan Negative (+ -). Ciri ciri kabel SR penghantar arus listrik positive biasanya jika di perhatikan memiliki satu garis halus pada kulit kabel. Ciri kabel SR penghantar arus listrik negative biasa nya hanya hitam polos. Namun Sebaik nya Gunakan test pen untuk menguji nya.

Definisi Listrik 2 phase

Pembangkit Listrik 2 Phase memang belum ada karena alat2 yang menggunakan listrik 2 phase juga belum ada. Dari Pembangkit 3 phase sebenar nya bisa digunakan untuk 1 phase atau jika mau untuk 2 phase juga bisa.

Definisi Listrik 3 phase

Listrik 3 phase umumnya bertegangan 380 Volt dan Menggunakan 4 kabel SR sebagai penghantar arus. tiga di antara nya adalah Arus listrik positive dan satu arus listrik negative.  Ciri kabel SR penghantar arus listrik negative adalah hitam polos.  Dan ciri kabel phase 1, phase 2, phase 3 (L1, L2 dan L3) memiliki satu garis halus untuk phase 1 (Line satu) untuk phase 2 memiliki dua garis halus untuk Line 2 dan ciri kabel phase 3 di tandai dengan 3 garis halus pada kulit kabel.

Untuk keselamatan electrical Gunakan alat penguji seperti testpen sebelum menyentuh kabel.

Tegangan listrik 3 phase terbagi menjadi 2 jenis Tegangan (volt)
  1. Tegangan antar phase yaitu voltage phase to phase (vpp)
  2. Tegangan phase ke netral yaitu Voltage phase to netral (vpn)
Listrik 3 phase pada panel listrik biasanya di tandai dengan tulisan R S T N Dimana R S T adalah Line 1, Line 2, Line 3. dan N adalah neutral.

Notes:
L = Line = Arus listrik positive
N = neutral = Arus listrik negative.

Listrik 1 phase biasa di gunakan untuk listrik rumah tangga, Stand Meter Listrik di rumah umum nya adalah listrik 1 phase.

Listrik 2 phase tergolong jarang di gunakan, karena listrik 2 phase umum nya untuk Perusahaan, mall dan lainnya. Namun tidak terlalu efesien untuk mereka.

Listrik 3 phase di gunakan oleh Perusahaan, mall, hotel dll (pengguna listrik kapasitas besar) Listrik 3 phase di gunakan untuk mengerakkan men-suply arus listrik ke mesin atau motor=penggerak seperti dinamo dengan kapasitas besar dan memerlukan listrik 3 phase (R S T N).
Baca juga:
MCB (mini circuit breaker)  1 phole, 2 phole, dan 3 phole.

Post a Comment Subscribe

  1. kenapa listrik 3 pasa tegangan nya 380v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menjawab itu saya harus terangkan rumus 3 phase, itu akan jadi pembahasan yang panjang, tunggu artikel nya nanti ya bang, 380v itu tegangan phase to phase, (R ke S atau S ke T) sedangkan jika salah satu phase dihubungkan ke netral tegangan nya = 220v, tunggu artikel lengkap nya ....

      Delete
    2. ok siap d tunggu sekalian rangkain listrik nya

      Delete
    3. Saya harap ini bisa membantu,,,, http://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.co.id/2018/02/rumus-listrik-3-phase-380-volt-ke-1-phase.html

      Delete
  2. Mas abdus somad,saya mau belajar cara membaca denah ruangan untuk instalasi listrik,gimana caranya ya ,makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada link ini, ada 3 denah ruangan yang paling sederhana, http://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.co.id/2017/07/3-jenis-type-rangkaian-instalasi-listrik-rumah.html kunci membaca denah pekerjaan instalasi listrik adalah mengenal symbol-symbol listrik.

      Delete
    2. Lihat juga denah kosong hanya dengan symbol pada link ini http://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.co.id/2017/06/panduan-instalasi-listrik-rumah-dari-a-sampai-z.html

      Delete
  3. Mo nanya' bz,dari RSTN itu untuk RST nya masing2 berapa volt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam listrik 3 phase hanya ada 2 jenis tegangan yaitu tegangan antar pahse (phase to phase/Vpp : voltage phase to phase = 380v) dan Vpn : Voltage phase to netral (phase to netral = 220 volt)

      Jika yang dimaksud adalah besar tegangan pemakaian maka gunakan alat ukur voltage....! Saya harap ini dapat membantu

      Delete
  4. Maaf saya org awam mau tanya. Sya Coba2 cari artikel tentang instalasi mesin kolam renang, di bagian mesin cuma ada tulisan L1 sama L2, mohon bantuannya bagi tau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesin apa? symbol L1 L2 biasa nya digunakan sebagai input phase (L1) dan output phase (L2). Jika pada mesin pembangkit listrik 3 phase biasa nya RSTN (L1,L2,L3 dan netral)

      Delete
  5. pak abdul somad,terimakasih atas ilmunya.semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Mas Abdul Somad, Sy butuh penjelasan tentang cara membaca Diagram Wiring Electtrical dan cara membuatnya, Mohon bantuan. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yang harus dijelaskan? Itu pertanyaan ringkas tapi jawabannya bisa 6 buku. Belajar secara otodidak perlu banyak proses, kunci membaca wiring diagram adalah mengenal kode / symbol electrical kemudian berlatih memahami diagram sederhana terlebih dahulu. Untuk membuat diagram electrical juga wajib mengenal istilah dan symbol electrical, berlatih menggambar diagram dengan pena berwarna, Jika menggambar menggunakan komputer setidak nya harus menguasai corel, jika menmungkinkan pelajari autocad.

      Delete

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top