Listrik mati tiba-tiba merupakan masalah yang banyak saya temui dari pelanggan. sebagai seorang electrical terkadang berat rasanya jika saat malam di telfon untuk memperbaiki listrik yang tiba tiba mati. dalam bahasa pelanggan di katakan "Mati Lampu Tiba Tiba" namun itu sudah menjadi resiko propesi seorang electrikal sulit sekali untuk menolak.Sebenarnya penyebab listrik mati tiba tiba hanya di karenakan masalah sederhana. Maka dari itu malam ini saya akan menjelaskan tentang penyebab listrik mati tiba-tiba dan cara mengatasi nya.
Konsleting Listrik
Mengatasi Penyebab Listrik Mati Sendiri
Umumnya Penyebab Listrik tiba tiba mati di sebabkan oleh beberapa factor yaitu:
  1. Pemadaman Listrik di beberapa titik oleh PLN
  2. Pulsa/Token sudah habis.
  3. Adanya Konsleting Listrik di rumah tersebut
  4. Overload
Adapun yang akan kita bahas di sini tentang cara mengatasi listrik mati tiba tiba karna adanya konsleting listrik serta cara menemukan panyebab konsleting listrik tersebut. Konsleting Listrik yang paling umum di sebabkan oleh beberapa faktor yaitu:
  • Bola lampu putus dapat menyebabkan konslet
  • Fitting Lampu atau stop kontak terkena air karena kebocoran atap.
  • Adanya stop kontak yang hangus/terbakar.
  • Kabel instalasi sudah usang.
Untuk mengetahui lokasi tempat terjadi nya konsleting listrik sehingga mati lampu tiba tiba kita dapat menggunakan cara yang mudah dan sederhana berikut ini. Jika listrik tiba tiba mati periksa box mcb (perhatikan jika ada breaker yang jatuh atau ke posisi off) sebelum menaikkan breaker atau mengembalikan nya ke posisi on, Terlebih dahulu matikan semua switch lampu dan stop kontak yang ada dalam ruangan dan di luar ruangan. cabut stecker (kulkas dan peralatan lainnya lalu matikan stop kontak nya.

Jika semua telah dalam posisi mati. Nyalakan kembali breaker (mcb) yang ada di meteran listrik dan yang di dalam rumah. kemudian nyalakan kembali lampu nya satu per satu. apa bila saat menyalakan lampu dapur listrik mati kembali maka konsleting listrik ada pada lampu dapur tersebut.

Cara Mengatasi nya cabut bola lampu dan ganti dengan bola lampu yang lain. Jika setelah mengganti bola lampu masih konslet juga. 90% kerusakan ada pada fitting lampu atau kabel lampu tersebut.

Jika Konsleting Listrik ada pada stop kontak. buka stop kontak dan pisahkan kabel stop kontak tersebut dan isolasi.

Listrik sering mati tiba tiba dan breaker sering jatuh/off tidak semata-mata karena konsleting listrik besar kemungkinan pemakaian listrik melebihi kapasitas yang ada. kurangi beban dengan mematikan beberapa peralatan pengkonsumsi besar arus listrik seperti kulkas, rice coocker atau lainnya agar listrik bisa di nyalakan kembali.

Baca Juga:

Tips keselamatan saat mengganti fitting lampu atau stop kontak. 
  • Pastikan anda menggunakan perlengkapan safty yang cukup. 
  • Pakai lah sepatu dan sarung tangan kulit. 
  • Gunakan testpen untuk memeriksa phase/api listrik. Pastikan anak anak tidak berada di dekat anda saat memperbaiki listrik.
  • Gunakan alat jepit bersarung karet seperti tang untuk menyambung kabel. 
  • Hindari tubuh bersentuhan dengan tembok, lantai, saat memegang kabel listrik, 
  • Sebelum membuka, mengganti stop kontak matikan terlebih dahulu breaker yang ada pada meteran listrik.
Panggil ahli listrik jika anda tidak merasa yakin untuk melakukan penggatian material listrik di rumah. demikian lah artikel tentang mengatasi mati lampu tiba tiba di rumah sendiri. semoga artikel ini dapat membatu dan bermanfaat.

Top