5 Comment

Dalam bahasa electrical "Lampu Pajang" di sebut dengan Lampu TL merupakan singkatan dari "Tube Lamp". Umumnya lampu TL banyak di gunakan oleh perusahaan, perkantoran, hotel dan lain lain, Dan jarang sekali di gunakan untuk penerangan rumah huni. Hal ini di karenakan besar daya / watt yang di butuh kan untuk menyalakan lampu TL lebih besar di bandingkan dengan lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp) seperti biasa nya.

Selain itu pemasangan lampu TL (Tube Lamp) juga sedikit lebih rumit di bandingkan lampu CFL. Namun lampu TL umum nya akan lebih tahan lama di bandingkan dengan Light Bulb (CFL) selain itu cahaya yang di pancarkan oleh Tube Lamp terkesan lebih sejuk dan lembut di pandang mata di bandingkan lampu CLF.
Merakit Lampu TL
Cara Merakit Lampu Panjang | Tube Lamp Dengan Ballas
Baik langsung ke topik pembahasan yaitu "Cara Merakit Lampu TL" adapun material yang harus di sediakan untuk merakit lampu TL adalah sebagai berikut.
  1. Casing Tube Lamp
  2. Tube Lamp / lampu TL (Lampu Panjang
  3. Ballas (Trafo Lampu TL)
  4. Stater / Sekring
  5. Holder (Fitting Lampu TL)
  6. Cable secukupnya
Setelah material lampu TL sudah tersedia lihat Diagram skema rangkaian lampu TL dengan Ballas dan stater di bawah ini sebagai panduan Merakit Lampu TL (Tube Lamp)
Skema Rangkaian Lampu TL
Diagram Lampu TL dengan Ballas / Trafo
Diagram atau Skema Rangkaian Lampu TL di atas umum nya sudah tersedia pada setiap Ballas / Trafo. Namun yang paling penting untuk di ingat sebelum merakit lampu TL adalah:

Besar watt pada balas atau trafo umum nya 2 x besar watt pada lampu TL. Penggunaan Ballas yang terlalu besar akan menyebabkan Lampu TL Cepat terbakar / Putus. Biasa nya akan di tandai dengan adanya warna hitam pada hujung Lampu TL sebelum putus. Akan lebih baik jika besar daya / watt pada ballas kurang dari 2x besar watt pada lampu TL dan lebih dari 1,5x besar dari watt lampu TL (Tube Lamp).

Sebagai Contoh Merakit Lampu TL, Jika besar watt pada lampu TL adalah 10 Watt maka akan lebih efesien jika Ballas / Trafo yang di gunakan adalah 18 watt. Jika watt ballas terlalu kecil juga tidak baik. Akan menyebabkan Lampu TL berkedip sewaktu waktu. Demikian lah Artikel Cara Merakit Lampu TL (Tube Lamp) ini. Dan Terimakasih atas kunjungan anda ke blog Tukang Listrik Batam semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga:

Post a Comment Subscribe

  1. gambar lampu tl d atas ...kalau ntuk double lampu tl n nya skema nya imana ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya harap ini dapat membatu "Rangkaian Lampu Tl Double dengan 1 Ballas" Lihat pada link ini http://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.co.id/2018/02/rangkaian-lampu-tl-double-1-ballas.html

      Delete
  2. Jika menggunakan ballas elektrik gmn gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sedikit perbedaan antara rangkaian lampu TL dengan ballas electric dan rangkaian lampu TL dengan Ballas Magnetic, Insya allah diagram rangkaian lampu TL dengan ballas electrik "singel & double tube lamp" akan di upload dalam 7 hari. Please wait....

      Delete
    2. Artikel tentang ballas elektrinik dan lampu TL
      http://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.co.id/2018/02/rangkaian-lampu-tl-dengan-ballas-elektronik.html

      Delete

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top