Rigging Hand Signal dalam bahasa indonesia adalah isyarat tangan juru ikat. Rigger adalah juru ikan sekaligus pemandu operator dalam pengoprasian crane. Operator crane dan juru ikan (Rigger man) memiliki morse atau bahasa tangan isyarat khusus dalam melakukan pekerjaan engineering atau dalam pengoprasian crane. Bahasa isyarat tersebut di sebut dengan "Hand Signal" saya fikir belajar memandu crane sangat berguna khususnya bagi masyarakat pulau batam. Kota industri yang di kelilingi banyak perusahaan galangan kapal dan pembuatan module. Berikut ini adalah pengetahuan dasar dasar hand signal berbasis international.
Crane Rigger Hand Signal
Rigging Hand Signal - Engineering Jobs

Rigging Hand Signal
Rigger Hand Signal
Use Main Hoist
Angkat lengan tepat di atas helm dengan posisi tangan mengepal sambil mengetuk helm, Gerakan ini memiliki arti meminta operator crane menurunkan hoist utama (bundel utama).

Use whipeline
Gerakan mengangkat lengan kanan setinggi pinggang dan posisikan lengan ditekuk membentuk siku, di sertai gerakan tangan kiri menepuk siku lengan kanan secara berulang-ulang. Gerakan ini memberikan signal kepada operator crane agar menurunkan whipline atau auxiliary hoist (bundel kecil).

Hoist
Gerakan mengangkat lengan membentuk siku-siku di sertai jari telunjuk di acungkan ke atas di sertai dengan memutar lengan searah jarum jam. Gerakan ini memberi signal kepada operator crane untuk memulai pengangkatan barang dengan menggulung sling/wire perlahan.

Lower
Gerakan Menurunkan lengan dengan posisi jari telunjuk menunjuk ke bawah yang sertai gerakan putaran tangan searah jarum jam. Isyarat ini digunakan pada proses penurunan barang dengan mengulur sling (wire rope).

Raise Boom
Angkat lengan kanan setinggi bahu, lurus ke samping dengan posisi tangan mengepal dan ibu jari menunjuk ke atas. Isyarat untuk meminta operator crane menaikkan boom (leher crane).

Lower Boom
Angkat lengan kanan setinggi bahu, lurus ke samping dengan posisi tangan mengepal dan ibu jari menunjuk ke bawah. Isyarat ini berarti meminta operator menurunkan boom (leher crane).


Raise the Boom and Lower the Load
Angkat lengan kanan setinggi bahu, luruskan ke samping dengan posisi tangan mengepal dan ibu jari menunjuk ke atas, lalu gerakan keempat jari mengarah ke dalam dan keluar hingga gerakan beban sesuai yang dikehendaki.

Gerakan ini meminta operator untuk menaikkan boom dan mengulur sling (wire rope). Di lakukan untuk memposisi kan barang sesuai yang di ingin kan.

Lower the Boom and Raise the Load
Angkat lengan kanan setinggi bahu, luruskan ke samping dengan posisi tangan mengepal dan ibu jari menunjuk ke bawah, lalu gerakan keempat jari mengarah ke dalam dan keluar.

Gerakan ini meminta operator untuk menurunkan boom dan menggulung sling (wire rope). Di lakukan untuk memposisi kan barang atau memposisikan main hoist sesuai yang di ingin kan.
Hand signal
Rigger Hand Signal
Swing
Angkat lengan setinggi bahu luruskan ke samping dengan posisi semua jari lurus ke samping. Gerakan ini memberi isyarat ke pada operator melakukan swing (memutar crane ke samping kiri atau kekanan).

Extend Boom
Gerakan ini digunakan khusus untuk telescopic crane. Kedua lengan diangkat membentuk siku ke depan dengan posisi telapak tangan ke atas jari dikepal, ibu jari menunjuk ke samping luar. Meminta operator memperpanjang boom.

Retract Boom
Gerakan ini digunakan khusus untuk telescopic crane. Kedua lengan diangkat membentuk siku ke depan dengan posisi telapak tangan ke atas jari dikepal, ibu jari menunjuk ke dalam. isyarat meminta operator memperpendek boom.

Extend Boom (One Hand)
Isyarat permintaan memperpanjang boom hanya dilakukan dengan satu tangan apabila tangan lain sedang memegang tali kendali. Extend boom ditandai dengan mengarahkan ibu jari ke badan signalman sendiri. khusus type crane telescopic.
Rigging Hand Signal
Rigger Hand Signal
Retract Boom (One Hand)
Isyarat permintaan memperpendek boom hanya dilakukan dengan satu tangan apabila tangan lain sedang memegang tali kendali. Extend boom ditandai dengan mengarahkan telapak tangan ke depan. khusus type crane telescopic.

Move Slowly
Gerakan dengan posisi jari telunjuk menunjuk ke atas dan memutar searah jarum jam di bawah telapak tangan yang lain. Isyarat untuk meminta operator menaikkan atau menurunkan beban secara perlahan-lahan.

Stop
Angkat salah satu lengan setinggi bahu luruskan ke samping dengan posisi tangan terbuka ke arah bawah disertai gerakan naik turun. Isyarat ini berarti meminta boom atau takel dihentikan sementara waktu.

Emergency Stop
Angkat kedua lengan setinggi bahu luruskan ke samping dengan posisi tangan terbuka ke arah bawah sambil digerak-gerakkan naik turun. Isyarat ini berarti meminta operasi boom atau takel harus diberhentikan karena kondisi darurat.


Travel (One Track)
Gerakan tangan ini hanya digunakan untuk crawler crane. Angkat lengan membentuk siku-siku dengan posisi jari mengepal , lalu lengan lainnya diangkat setinggi pinggang dengan posisi tangan mengepal sambil diputar mengarah keluar. gerakan ini memberi isyarat agar operator menggerakkan satu track (satu roda crane) mundur atau maju, jika gerakan mengarah ke badan signalman, artinya track crane harus bergerak maju dan sebaliknya. sedangkan meminta track kiri atau kanan di tandai dengan tangan yang di angkat membentuk siku dan mengepal.

Travel (Both Tracks)
Mengangkat kedua lengan setinggi pinggang dengan posisi tangan mengepal disertai gerakan tangan berputar. Bila gerakan mengarah ke badan signalman, artinya crane harus bergerak mendekatinya. Sebaliknya, bila arah putaran menjauh dari signalman, artinya crane harus bergerak menjauh atau mundur. Isyarat tangan ini hanya digunakan untuk crawler crane.

Travel
Kedua lengan diangkat ke depan setinggi bahu dengan telapak tangan di buka posisi seperti mendorong. Artinya, crane harus bergerak mundur atau maju sesuai perintah.

Dog Everything
Meminta crane standby atau berhenti operasi isyaratkan dengan salah satu tangan memegang tangan yang lain di depan setinggi  pinggang.

Sebagai pemahaman lebih lanjut tentang Engineering Jobs "rigging hand signal" harap perhatikan gambar gift yang tersedia.

 
Top