6 Comment

Cara Memasang ELCB - ELCB merupakan singkatan dari (Earth Leakaque Circuit Breaker), ELCB di sebut juga dengan istilah RCD (Residual Current Device). adapun kegunaan ELCB itu sendiri adalah sebagai pengaman pada suatu rangkaian instalasi listrik. Maka penting untuk memasang ELCB dan pada instalasi listrik. ELCB akan secara otomatis mendeteksi kebocoran arus listrik dan kontak body. Di indonesia sendiri pemasangan ELCB pada instalasi listrik rumah masih sangat jarang di gunakan, kemungkinan besar karena harga elcb yang cukup mahal.

Saya paling suka bicara cara pasang memasang komponen listrik seperti elcb ini. Cara memasng elcb sebenarnya sangat mudah, jika anda telah lama menjadi electrikal penjelasan cara memasang elcb dapat di simpulkan dengan sederhana "Hubungkan Konduktor Phase dan Netral ke Input ELCB terlebih dahulu dan keluarkan Phase dan Netral melalui Output ELCB kemudian hubungkan konduktor (kabel) ke kabel instalasi" namun apabila anda adalah electrical pemula anda dapat mengikuti gambar panduan cara memasang ELCB di bawah ini.
Cara Memasang ELCB - Instalasi Listrik
Cara Memasang ELCB (Earth Leakaque Circuit Breaker)
Keterangan Gambar Skema Rangkaian pemasangan ELCB Dan MCB 
  1. Saya menggunakan MCB 2 Pole sebagai switch utama Rangkaian ELCB dan MCB
  2. Phase dan Netral dari Kwh meter di hubungkan ke Input MCB 2 Pole dan Output Phase dan netral dari MCB 2 Pole di hubungkan ke Input ELCB (Earth Leakaque Circuit Breaker)
  3. Kabel Netral dari Output ELCB di hubungkan langsung keterminal Netral
  4. Sedangkan Kabel Phase (Arus Listrik Positif) dari Output ELCB di hubungkan ke MCB single pole kemudian di jumper ke masing masing Input MCB single pole
  5. Keluarkan kabel phase dari masing masing output MCB single pole sebagai link arus listrik positif yang siap di pasangkan ke jaringan instalasi listrik seperti stop kontak switch dan lainya
  6. Begitu juga dengan Link Netral dan Link Grounding.
Seperti yang telah di jelaskan di atas ELCB merupakan Perangkat Instalasi Listrik yang berfungsi untuk mendeteksi arus listrik yang tidak seimbang antara penghantar phasa dan netral yang disebabkan oleh arus lebih atau arus bocor/ melalui kontak badan. Maka dari itu Cara Pasang ELCB /  RCD (Residual Current Device) harus dilakukan dengan baik dan benar serta rangkaian instalasi listrik juga harus benar benar baik/bagus.

Memasang ELCB bisa di mana saja tidak harus pada Box / Panel MCB, Sebagai contoh cara memasang elcb pada water heater, ELCB untuk water heater dapat di pasang di kamar mandi atau bagian luar kamar mandi tapi tentu nya pakai box sendiri biar rapi. Dengan demikian jika kabel konduktor melalui ELCB terlebih dahulu sebelum di pasangkan pada saklar waterheater tentu lebih aman. karena kamar mandi adalah area yang sangat sensitif untuk di pasangi listrik. Demikian saja penjelasan tentang "Cara Memasang ELCB" semoga bermanfaat.

Selain ELCB masih ada pengaman instalasi listrik jenis lainnya seperti RCD (Residual Current Device) atau RCCB yang pada dasarnya memiliki kesamaan fungsi dan cara kerja. Semua itu merupakan perkembangan dunia electrical yang terus di perbaharui oleh pabrikan, Namun jika kita tidak mau mengikuti perkembangan tersebut maka bisa di katakan kita telah gagal sebagi Electrical.

Post a Comment Subscribe

  1. Thank you.. you did a god job to help people out there.. please keep your inspiring and lesson to me :)

    ReplyDelete
  2. Thanks for your shared.. you was helped me so much to understood

    ReplyDelete
  3. Trimakasih banyak pak...banyak ilmu yg saya dapatkan dr pos ringan bpak

    ReplyDelete
  4. Sangat membantu sekali artikelnya om

    ReplyDelete

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top