2 Comment

Kwh meter 1 phase memiliki banyak merek dan type adapun tutorial "Cara Memasang Kwh Meter 1 Phase" kali ini adalah kwh meter 1 phase terbaru keluaran tahun 2017 dengan merk smart meter (Kwh Pintar). Pengawatan kwh 1 phase umum nya serupa dengan kwh meter 1 phase lainnya seperti kwh meter 1 phase digital dan kwh meter 1 phase analog hanya sedikit berbeda sedikit saja di tata letak. Saya jelaskan sedikit mengenai pengertian kwh meter 1 phase dalam bahasa inggris kwh 1 phase di sebut dengan 1 phase 2 wire static kwh meter artinya kwh yang menggunakan 1 line arus listrik positif (Phase) dan satu kabel Netral. jika masih bingung kwh satu phase itu yang ada di rumah. Tapi perlu di ingat tidak semua rumah menggunakan Kwh 1 phase ada juga yang menggunakan kwh 3 phase untuk rumah, Biasanya rumah mewah sih orang kaya punya.

Baik kita kembali ke pembahasan Cara Memasang Kwh Meter 1 Phase, saya telah menggambarkan tekhnik pemasangan kwh 1 phase ini ke dalam sebuah gambar di sertai dengan tekhnik pengawatan kwh meter 1 phase tersebut. Wiring diagram kwh meter 1 phase  di bawah ini juga menjelaskan system grounding kwh satu phase. Harap perhatikan dengan baik dan perlahan agar tidak salah memahami rangkaian kwh meter 1 phase ini, sebab saya bukanlah ahli menggambar yang baik.
Cara Memasang Kwh Meter 1 Phase
Cara Memasang Kwh Meter 1 Phase
Kabel SR (Kabel PLN) dari tiang listrik yang masuk ke kwh 1 phase hanya ada dua yaitu Phase dan Netral. Berbeda dengan kwh 3 phase yang input nya terdiri dari empat kabel yaitu RSTN. Kabel SR hitam memiliki ciri berupa sirip/garis halus di sepanjang kabel adalah Phase (Arus Listrik Positif) dan kabel SR polos adalah Netral (Arus Listrik Negatif). Kedua kabel tersebut merupakan Input kwh meter 1 phase.

Pada wiring diagram kwh meter 1 phase diatas input kwh 1 phase di tandai dengan huruf (L) dan di sebelah nya adalah Output juga di tandai dengan huruf (L). Output kwh 1 phase di hubungkan ke Input MCB (Miniature Circuit Breaker) dan di keluarkan ke melalui Output MCB sebagai line jaringan instalasi listrik. Sedangkan Netral yang di hubungkan ke jaringan instalasi listrik dari kwh 1 phase tidak melalui mcb.

Umumnya pada jaringan instalasi lisrik rumah terdapat panel / box breaker, ketiga kabel output seperti terlihat pada gambar diagram kwh meter 1 phase di atas yaitu kabel Phase, Netral dan Ground di hubungkan ke box breaker terlebih dahulu sebelum akhirnya di hubungkan ke rangkaian instalasi listrik rumah. sobat bisa mempelajari nya disini Cara Merakit Kabel MCB (Mini Circuit Breaker)

System Ground Kwh 1 Phase

Pembumian atau Grounding kwh 1 phase tidak begitu sulit, pada gambar wiring diagram kwh meter 1 phase di atasa ground di tandai dengan huruf (G) dan di tandai dengan kabel berwarna hijau.
Kabel Earth (Grounding) dari tanah / bumi di hubungkan atau di bautkan ke papan kwh satu phase. Kemudian dari papan kwh 1 phase yang terbuat dari besi pipih tersebut di baut kan satu lagi kabel ground dan di hubungkan ke kwh meter 1 phase dan untuk ground jaringan instalasi listrik rumah perhatikan gambar diagram Cara Memasang Kwh Meter 1 Phase di atas.

Jangan lupa untuk mengupas kulit kabel ground sebelum membautkan nya ke papan kwh 1 phase. Di batam, Papan kwh 1 phase tersebebut di namai dengan OKA (OK). Jangan heran melihat kedua kabel ground pada gambar diagram di atas. Pada wiring diagram kwh meter 1 phase diatas kedua kabel ground tidak terhubung. Namun sebenarnya itu telah terhubung, Papan kwh 1 phase yang terbuat dari besi pipih menjadi konduktor (Penghantar Arus Listrik) Grounding. Jadi meski terlihat terhubung sebenarnya OK tersebut telah menghubungkannya. Demikian Cara Memasang Kwh Meter 1 Phase

Post a Comment Subscribe

  1. Apakah bisa kWh meter 1 rumah di bagi menjadi 2 kWh meter biar tahu berapa meter listrik yg dipaki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, kwh 1 mendistributor arus listrik ke kwh ke 2 (non pln). Bahasa lainnya kwh2 mengambil arus dari output kwh pertama. Praktek terbaik buat sebuah panel distribusi untuk membagi arus listrik ke kwh2,3 atau 4.

      Delete

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top