11 Comment

Instalasi Panel App Kwh Listrik 3 Phase - Perkembangan dunia Electric telah berkembang pesat di era zaman sekarang keterikatan technology canggih dengan kehidupan manusia semakin sulit untuk di pisahkan, sehingga kebutuhan manusia terhadap Energy Listrik terus meningkat. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan "Cara Memasang Panel Dan Kwh Listrik 3 Phase" barangkali ada electrical lainnya yang ingin mencoba belajar instalasi listrik 3 phase dan cara memasang panel kwh 3 phase.

Dalam system listrik 3 phase ada istilah rstn bagi sobat yang belum memahami pengertian rstn pada system listrik tiga phase dapat mempelajari nya pada artikel saya yang sebelumnya RSTN Pada Meteran Listrik 3 Phase (Kwh 3 Phase) sementara saya akan melanjutkan pembahasan tentang rangkaian panel listrik 3 phase. Untuk menghemat waktu langsung saja lihat gambar diagram panel listrik 3 phase yang telah saya sediakan di bawah ini.
Rangkaian panel listrik 3 phase
Gambar diagram cara memasang panel dan kwh 3 phase
Komponen panel listrik 3 phase yang harus di siapkan sebelum merakit panel listrik 3 phase adalah sebagai berikut:
  1. Satu Unit Panel Listrik tiga Phase
  2. Satu Unit MCB tiga phase dan MCB single phase
  3. Lima Batang Plat Konduktor
  4. Satu set Modem Untuk Pembaca Kwh (Meteran Listrik)
  5. Kabel 16 mm Merah, Kuning, Hitam dan Biru secukup nya
  6. Sediakan juga sepatu kabel sesuai ukuran kebel yang di gunakan.
Jika material komponen panel listrik 3 phase sudah langkah selanjut nya adalah merakit panel listrik 3 phase. Jika anda adalah Contractor listrik PLN panel listrik tiga phase sudah tersedia dan telah tersusun rapi tata letak plat konduktor dan komponen panel listrik tiga phase lainnya hanya tinggal memasang kabel rangkaian panel listrik 3 phase, beberapa sepatu kabel dan baut tentunya.

Petunjuk Cara Pemasangan Panel Listrik 3 Phase

  1. Kabel SR 4x16 mm milik PLN memiliki ciri atau kode khusus sebagai penentu RST dan N. Jika di raba dengan jari kabel SR memiliki sirip atau garis halus di sepanjang kabel. Kabel SR dengan satu garis adalah R, Kabel SR dengan ciri dua sirip/garis pada kulit kabel adalah S, Kabel SR dengan ciri tiga garis adalah T dan N di tandai dengan kabel SR polos tanpa ada garis pada kulit kabel.
  2. Pasangkan sepatu kabel pada ke empat ujung kabel SR dan bautkan ke masing masing Plat Konduktor pada Panel Listrik 3 phase.
  3. Pasangkan juga kabel RSTN dari plat konduktor sebagai Input arus listrik tiga phase ke stand meter atau meteran listrik.
  4. Lubang nomer satu pada kwh 3 phase adalah Input kabel R dan lubang dua adalah Output kabel R, Lubang 3 Input kabel S dan Lubang 4 Output kabel S. Begitu seterus nya sampai kabel N (Netral) jika anda bingung saya akan pakai bahasa lain "Lubang Ganjil adalah Input (Arus Masuk) dan Lubang Genap adalah Output (Arus Keluar). Perhatikan contoh diagram panel listrik 3 phase diatas dan ikuti sesuai pada gambar.
  5. Kabel Output RST dari kwh di hubungkan pada MCB 3 Phase sebelum akhirnya di aplikasikan ke instalasi gedung/Panel Listrik dalam Gedung.
  6. Output N (Netral) di hubungkan ke Plat Konduktor sebelum di hubungkan ke panel dalam gedung.
  7. Plate konduktor itu sendiri di fungsikan sebagai penghantar arus listrik yang aman dan tahan terhadap panas.
  8. Terakhir Pasangkan Modem kwh 3 phase sesuai petujuk gambar yang tertera pada kotak pembungkus modem. Jenis modem yang berbeda biasanya juga berbeda cara koneksinya. Rangkaian modem kwh di atas hanya sebagi contoh saja. Modem itu sendiri di fungsikan sebagai pembaca dan pengirim data kinerja kwh ke kantor PLN.
Selesai...!!! Tidak terasa sudah pukul 1:30 malam semoga artikel Cara Memasang Panel Listrik 3 Phase ini bermanfaat. saya fikir sekarang semua electrical sudah mampu merakit panel listrik 3 phase. Hal yang paling penting adalah ke hati hatian dan ke telitian dalam proses pengerjaan instalasi panel listrik 3 phase ini.

Post a Comment Subscribe

  1. untuk KWH meter 3 Phase, waktu pada saat di testpen pada KWH Output KWH nya tidak keluar alias Mati, sedangkan inputnya itu ada Tegangannya,
    nah ini kira2 apa penyebabnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan kerusakan pada mcb 3 phase atau ada yang sort didalam panel sehingga menyebabkan kabel putus.... (jika kabel sr)!

      Delete
  2. Apakah harus dipasang modem?
    Beli di mana dan apa nama modemnya (merk serta tipenya)?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak gan, modem tidak wajib, itu karena panel app pln aja, modem kwh listrik berfungsi sebagai pengirim data pemkaian aja.

      Delete
    2. Searching aja di google dengan kata kunci "modem kwh"

      Delete
    3. Thanks infonya.

      Nanya lagi, listrik rumah memakai daya 5500VA.
      Tetapi setelah saya cek, kabel dari kWh ke MCB hanya ukuran 1,5 mm tipe NYA.

      Apakah aman (kuat/cukup) sedangkan saya berencana menggunakan peralatan dengan load/beban sekitar 4000 watt.

      Terima kasih

      Delete
    4. Ukuran kabel aspan (kabel dari kwh ke panel mcb) yang ideal untuk daya 5500VA adalah 6mm, batas minimal adalah ukuran 2.5mm, jika dibawah itu "1,5mm" maka dapar dikatakan sangat tidak aman.

      Delete
    5. Terima kasih banyak penjelasannya. Amat sangat membantu saya.

      Pertanyaan lagi (maaf, saya memang penuh rasa ingin tahu).

      Setelah saya cek, ternyata kabel out put dari kWh meter hanya ada 2: fasa dan netral. Sedangkan kabel ground dari PLN hanya terpasang dan berhenti sampai kWh meter saja.

      Apakah hal seperti itu normal?? (kWh meter yang terpasang adalah model pulsa/token).

      Apabila saya ingin menambahkan ground pada stop kontak, apakah ground ini harus disambung dengan kabel ground yang dari PLN, atau bisa langsung saya tanam ke tanah tanpa menyambung dengan ground milik PLN??

      Terima kasih 🤝

      Delete
    6. Buat grounding baru saja untuk instalasi gedung / rumah,,,

      Delete
  3. Grounding yang baru itu nanti tidak apa-apa jika tidak disambung (tidak terhubung) dengan kabel ground milik PLN yang ada di kWh meter?

    Terima kasih infonya.
    Saya sangat terbantu dengan artikel-artikel web ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Grounding adalah jalur pembuangan arus bocor/arus berlebih kedalam bumi, itu sebabnya dikatakan gruond, dalam bahasa indonesia ground itu artinya tanah, grounding=pentanahan....! akan lebih baik jika langsung ke tanah.

      Delete

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top