0 Comment

Konsleting Listrik merupakan masalah yang umum pada suatu instalasi listrik, Namun bukan berarti kita menganggap Konsleting Listrik sebagai masalah listrik biasa. Sewktu waktu konsleting pada jaringan Instalasi listrik dapat berdampak negatif hingga menyebabkan kebakaran. Konsleting Listrik dapat terjadi pada bagian mana saja setiap jaringan instalasi listrik jika tidak di antisipasi. Masalah umum instalasi listrik rumah yang paling sering di dapati adalah konsleting listrik pada stop kontak dan fitting lampu, Panas yang berlebih akibat aliran listrik dapat membakar stop kontak dan saklar. Namun yang paling berbahaya adalah konsleting pada jaringan instalasi listrik.
Cara Mengantisipasi Konsleting Listrik
Antisipasi Konsleting Listrik
Untuk mengantisipasi konsleting listrik yang berarti ada beberapa tips "Cara merawat instalasi listrik dan Mencegah Hubungan pendek arus listrik (Konsleting Listrik)". Konsleting listrik adalah terhubung nya arus listrik positif dan negatif secara langsung (Tanpa perantara perangkat elektronik. Bagaimana Cara Mengantisipasi Konsleting Listrik? Hubungan langsung arus listrik positif dan negatif dapat di sebabkan oleh banyak faktor di antaranya adalah kondisi kabel konduktor yang sudah tua, Gigitan tikus dan hewan perayap lainnya serta konsleting listrik akibat kebocoran atap sengingga kabel konduktor di rambati oleh air. Langsung saja Mari kita simak bebera tips antisipasi mencegah terjadinya konsleting listrik.

Mencegah Konsleting Listrik Pada Jaringan Instalasi
  1. Hindari penyambungan langsung/curi arus, Penyambungan langsung kabel instalasi dengan sumber listrik (Kabel PLN) dapat membahayakan bangunan dan pemilik bangunan itu sendiri. Konsleting listrik akibat penyambungan langsung 80% akan menyebabkan kebakaran karena tidak adanya perangkat keamanan/safty listrik seperti MCB dan ELCB
  2. Pastikan seluruh kabel instalasi tertutup oleh pipa pelindung
  3. Hindari penyambungan kabel instalasi di atas plafon
  4. Pastikan penyambungan kabel istalasi terikan dengan kuat dan rapi, Penyambungan kabel yang tidak rapi (Renggang) dapat menyebkan percikan api hingga terbakar nya kabel dan merambat ke bangunan.
  5. Hindari penyambungan kabel lebih dari 3 kabel.
  6. Gunakan Lasdop sebagai penutup hujung penyambungan kabel
  7. Periksakan kondisi jaringan instalasi listrik kepada ahli sekurang kurang nya 5 tahun sekali.
  8. Lakukan pergantian kabel instalasi bila sudah berusia 10 tahun ke atas.
Mencegah Konsleting Listrik Pada Komponen dan Kontak Body
  1. Pastikan Jaringan Instalasi melewati ELCB sebelum ke jaringan Instalasi Rumah
  2. Lakukan Pembagian Line Instalasi dengan menggunakan MCB
  3. Pastikan pemasangan kabel pada stop kontak di bautkan dengan kuat, Pemasangan kabel pada stop kontak, saklar dan fitting yang tidak rapi (Renggang) dapat menimbukan percikan api dan panas yang kuat sehingga dapat melelehkan dan membakar stop kontak dan saklar.
  4. Hindari pemakaian stecker/colokan yang berlebihan.
Demikian Cara Mengantisipasi Konsleting Listrik, Tips lainnya mencegah konsleting listik adalah dengan menggunakan material/Komponen Instalasi listrik yang sesuai standard SNI dan sesuai dengan ukuran daya yang di butuhkan. Bagikan Artikel Cara Mengantisipasi Konsleting Listrik kepada teman sosial media anda.

Post a Comment

 
Top