0 Comment

Pengertian Listrik Dinamis adalah listrik yang muatan listrik yang dapat bergerak. Cara mengukur kuat arus listrik dinamis muatan listrik dibagai waktu dengan satuan muatan listrik adalah coulumb dan satuan waktu adalah detik. kuat arus pada rangkaian bercabang sama dengan kuata arus yang masuk sama dengan kuat arus yang keluar. sedangkan pada rangkaian seri kuat arus tetap sama disetiap ujung-ujung hambatan. Sebaliknya tegangan berbeda pada hambatan. pada rangkaian seri tegangan sangat tergantung pada hambatan, tetapi pada rangkaian bercabang tegangan tidak berpengaruh pada hambatan. semua itu telah dikemukakan oleh hukum kirchoff yang berbunyi "jumlah kuat arus listrik yang masuk sama dengan jumlah kuat arus listrik yang keluar". berdasarkan hukum ohm dapat disimpulkan cara mengukur tegangan listrik adalah kuat arus × hambatan. Hambatan nilainya selalu sama karena tegangan sebanding dengan kuat arus. tegangan memiliki satuan volt(V) dan kuat arus adalah ampere (A) serta hambatan adalah ohm.

Hukum Kichoff I berbunyi: " Secara Aljabar jumlah arus-arus cabang pada suatu titik pertemuan dalam rangkaian listrik selalu sama dengan nol ". (Sumber : Buku Rangkaian Elektronika Dasar terbitan Ganeca Exact Bandung halaman 55 ) . Hukum kirchoff I ini disebut sebagai Hukum Kirchoff arus.

Hukum Kirchoff II berbunyi: "Secara Aljabar jumlah gaya-gaya motor listrik (tegangan E) dan kerugian-kerugian tegangan IxR dalam rangkaian listrik tertutup adalah sama dengan nol". (Sumber : Buku Rangkaian Elektronika Dasar terbitan Ganeca Exact Bandung halaman 56 ) . Hukum kirchoff II ini disebut sebagai Hukum Kirchoff tegangan. Perbandingan antara beda potensial dan kuat arus disebut resistansi

Dalam sumber ilmu listrik dan ilmu fisika lainnya Listrik dinamis adalah listrik yang bisa bergerak atau juga mengalir di dalam rangkaian listrik. Arus listriknya yang merupakan aliran muatan listrik yang pada umumnya melewati kawat penghantar pada tiap satuan waktunya. Arah dari arus listrik yang searah dengan arah dari gerakan muatan positif dan juga banyaknya dari muatan listrik yang mengalir melalui penghantar pada setiap satuan waktu.

Contoh Listrik Dinamis
Contoh Gambar Listrik Dinamis (Listrik Mengalir)
Pada contoh di atas yang menggambarkan proses listrik dinamis mungkin telah di pahami. Ketika saklar di on kan atau di hubung kan, Maka arus listrik dari pembangkit / Battery akan mengalir melalu konduktor dan menyalakan bola lampu. Maka peristiwa ini disebut dengan Listrik Dinamis. (Muatan Listrik Yang Bergerak/Mengalir)

Post a Comment

 
Top