0 Comment

Listrik statis dalam bahasa indonesia, Di jelaskan di wikipedia bahwa Pengertian Listrik statis adalah ketidak seimbangan muatan listrik dalam atau pada permukaan benda. Muatan listrik tetap ada sampai benda kehilangannya dengan cara sebuah arus listrik melepaskan muatan listrik. Listrik statis kontras dengan arus listrik, yang mengalir melalui kabel atau konduktor lainnya dan mentransmisikan listrik.

Sebuah muatan listrik statis dibuat setiap kali dua permukaan terhubung dan terpisah, dan setidaknya salah satu permukaan memiliki resistensi yang tinggi terhadap arus listrik (dan karena itu adalah isolator listrik). Efek listrik statis yang akrab bagi kebanyakan orang karena orang dapat merasakan, mendengar, dan bahkan melihat percikan sebagai kelebihan muatan dinetralkan ketika dibawa dekat dengan konduktor listrik yang besar (misalnya, dialirkan ke tanah (ground).

Pengertian Listrik Statis Lainnya di sebutkan Listrik statis adalah suatu kumpulan muatan listrik dalam jumlah tertentu yang tidak mengalir atau tetap (statis), tapi jika terjadi pengosongan muatan akan memakan waktu yang cukup singkat. Definisi listrik statis yang lainnya yaitu suatu fenomena kelistrikan yang dimana muatan listriknya tidak bergerak dan biasanya terdapat pada benda yang bermuatan listrik.

Dapat dikatakan juga listrik statis timbul karena adanya fenomena fisika dimana benda-benda yang memiliki aliran listrik saling berpautan tanpa adanya sumber daya listrik atau dengan kata lain benda tersebut dapat menghasilkan proton maupun elektron tanpa menggunakan elemen pembangkit energi listrik. Listrik statis dapat ditimbulkan oleh dua benda yang memiliki muatan listrik berbeda.

Kedua Pengertian Listrik statis di atas adalah sama hanya teoi listrik statis nya sedikit berbeda satu sama lain. Namun keduanya sudah menjadi gambaran listrik statis yang tepat dan lengkap. sebelum melanjutkan Pengertian Listrik Statis dan Contoh Listrik Statis, sedikit saya jelaskan mengenai proton dan elektron.

Apakah proton dan elektron itu? Proton adalah muatan listik positif sedangkan elektron adalah muatan listrik negatif. Sedangkan benda yang memiliki muatan positif dan negatifnya sama disebut dengan benda netral. Dalam ilmu listrik terdapat beberapa benda yang memiliki muatan positif dan muatan negatif. Benda disebut bermuatan positif jika benda tersebut memiliki jumlah proton lebih banyak daripada jumlah elektorn, dan benda disebut bermuatan negatif jika benda tersebut memiliki jumlah elektorn lebih banyak daripada jumlah proton.

Contoh peristiwa timbulnya listrik statis dapat dilihat dari penggaris plastik yang digosok-gosokanan pada rambut kering, kemudian di dekatkan pada kertas yang sudah dirobek kecil-kecil maka kertas tersebut akan tertarik oleh penggaris jadi seolah-olah penggaris seperti magnet yang dapat menarik benda, padahal itu merupakan teori praktikum terciptanya listrik statis. Serpihan kertas yang asalnya bermuatan netral akan terinduksi akibat tertarik muatan negatif yang terdapat pada penggaris.
Mengenal Listrik Statis Dan Pengertian Listrik Statis
Contoh Peristiwa Listrik Statis Pada Penggaris Dan Potongan Kertas
Contoh Lain peristiwa listrik statis

Adapun beberapa contoh lain dari listrik statis yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah:
  1. Yang pertama, saat kita menyisir rambut maka tanpa kita sadari terkadang rambut kita akan terbawa berdiri sendiri siring dengan gerakan sisir. Hal seperti ini dapat terjadi karena adanya interaksi muatan antara sisir dengan rambut kita.
  2. Yang ketiga, kain sutra yang digoso-gosok pada batang kaca. Pada peristiwa ini benda tersebut akan bereaksi saling tarik-menarik. Kenapa bisa seperti itu? setelah keduanya saling digosok-gosokan akan terjadi loncatan elektron dari batang kaca ke kain sutera sehingga mengakibatkan batang kaca bermuatan positif sedangkan kain sutera bermuatan negatif, hal ini hampir sama seperti pada penggaris yang digosok-gosokan pada rambut.
  3. Yang keempat, penggaris plastik yang digosok-gosokan pada kain woll. Kedua benda tersebut umumnya memiliki muatan netral, tapi saat keduanya digosok-gosokan akan terjadi loncatan elektron yang berasal dari kain woll ke penggaris plastik dan penggaris plastik menjadi bermuatan negatif sedangkan kain woll menjadi bermuatan positif.
  4. Yang kelima, Ketika mendekatkan tangan ke layar TV yang baru dimatikan. Pada peristiwa ini jika di perhatikan bulu-bulu atau rambut yang ada pada tangan akan berdiri, hal seperti itu diakibatkan karena adanya listrik statis.
Demikian Pengertian Listrik Statis dan Contoh Listrik Statis, mungkin kita sudah sering mendengar istilah listrik statis baik disekolah maupun dilingkungan sekitar, mungkin juga hanya sebagian orang yang tahu apa itu yang dimaksud dengan listrik statis. Tujuan artikel ini ditulis hanya untuk pembelajaran semata sekaligus memberikan sedikit pemahaman atau penjelasan yang belum mengetahui tentang listrik statis

Post a Comment Subscribe

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

 
Top