4 Comment

Tag Tajuk Robot Khusus merupakan alat bantu untuk mencegah mesin penelusur mengindex beberapa bagian pada sebuah situs blog / website. sebagai blogger pemula tadinya saya juga merasa sedikit kebingungan dalam memahami cara kerja Tag Tajuk Robot Khusus. Beberapa pertanyaan mengenai Tag Tajuk Robot Khusus pun muncul. "Bagaimana cara mengaktifkan Tag Tajuk Robot Khusus dan Apa yang di maksud dengan Tag Tajuk Robot Khusus?. Mencoba mencari - cari Pengertian Tag Tajuk Robot Khusus dan Cara setting tag tajuk robot khusus pun sempat dilakukan.

Tag Tajuk Robot Khusus pada dasar nya sama saja dengan Robot.txt hanya saja Tag Tajuk Robot Khusus hanya berfungsi sebagai pencegah sedangkan robot.txt dapat digunakan sebagai pencegah sekaligus perintah kepada mesin penelusur untuk mengindex atau melarang nya menampilkan bagian yang penting untuk di index atau pun tidak.

Sebagai Contoh kasus saya mencoba setting tag tajuk robot khusus agar mesin pencari tidak mengindex link archive pada blog saya. Cukup dengan mencentang noarchive pada bagian laman archive dan penelusuran tag tajuk robot khusus seperti contoh gambar di bawah ini.

Cara Setting Tag Tajuk Robot Khusus
Cara Menggunakan Tag Tajuk Robot Khusus
Setting tag tajuk robot khusus
Dengan settingan tag tajuk robot khusus seperti diatas saya telah melarang mesin penelusur untuk mengindex halaman archive situs blog saya menggunakan Tag Tajuk Robot Khusus.

Pengertian all, noindex, nofollow, none, noarchive, nosnippet, noodp, notranslatenoimageindex dan unavailable_after pada Tag Tajuk Robot Khusus.

All bermaksud Tidak ada batasan untuk pengindeksan atau penyajian. Catatan: direktif ini adalah nilai default dan tidak berpengaruh jika terdaftar secara eksplisit.

Noindex bermaksud melarang menampilkan halaman ini di hasil pencarian dan jangan tampilkan link "Cache" di hasil pencarian.

Nofollow "Melarang mengikuti / mengindex link di halaman ini".

None "Setara dengan noindex, nofollow"

Noarchive "Melarang menampilkan tautan (Link archive) "Cache" di hasil penelusuran".

Nosnippet "Melarang menampilkan cuplikan (deskripsi) di hasil penelusuran untuk laman ini"

Noodp "Melarang menggunakan metadata dari proyek Open Directory untuk judul atau cuplikan yang ditampilkan untuk halaman ini".

Notranslate "Melarang penelusur menawarkan terjemahan halaman ini di hasil pencarian".

Noimageindex "Melarang penelusur mengindeks gambar di halaman ini".

Unavailable_after: [RFC-850 date/time] = Maksudnya adalah perintah untuk tidak mengindex halaman setelah melewati tanggal yang ditentukan "Tentukan atau isi tgl expired dalam kolom yang tersedia pada tag tajuk robot khusus dengan format RFC 850" Contoh: Sunday, 06-Nov-94 08:49:37 GMT.

Intinya adalah Tag Tajuk Robot Khusus digunakan untuk melarang penelusur mengindeks bagian yang di centang. Itu sebabnya sebelum mengaktifkan Tag Tajuk Robot Khusus akan ada peringatan "Peringatan! Gunakan dengan hati-hati. Penggunaan yang tidak tepat dari fitur tersebut dapat mengakibatkan blog Anda diabaikan oleh mesin telusur". Aplikasikan tag tajuk robot khusus sesuai keinginan anda dan hindari penggunaan setting tag tajuk robot khusus yang berlebihan.

Baca Juga

Post a Comment Subscribe

  1. Pada Beranda kolom All apa tidak sebaiknya di centang gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. All berarti tidak ada pembatasan kepada robot crawl untuk merayapi situs. Boleh dicentang dan baik

      Delete
  2. Apakah contoh di atas adalah pengaturan tag tajuk robot khusus yang benar pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu contoh pengaturan tag tajuk robot khusus yang benar, Sebenarnya tag tajuk robot khusus tidak mesti diaktifkan karena sifatnya melarang perayap google untuk mengindex, jika harus diaktifkan cukup ikuti contoh diatas "halaman archive tidak di index"

      Delete

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top