0 Comment

Google telah melakukan perubahan algoritma dan mengutamakan situs yang mobile friendly. Ikuti saya untuk mengujia situs anda dengan Mobile Friendly Test Tool by Google. "Cara melihat situs mobile friendy" atau tidak sangat mudah. Mobile Friendly artinya adalah ramah seluler bisa juga di katakan responsive. Situs yang tidak responsive (mobile friendly) akan mengalami penurunan rating di pencarian google. Sebab google lebih mengutamakan hal situs yang responsive pada perangkat seluler demi memanjakan pelanggan / pengunjung google.

Sebelum ke cara menguji situs mobile friendly dan mengirim data situs sedikit saya jelaskan penyebab situs tidak mobile friendly. Faktor utama yang menyebabkan situs tidak mobile friendly adalah template / thema yang di gunakan. Thema blog yang tidak dapat menyesuaikan tampilan di perangkat seluler di sebut tidak responsive dan tidak mobile friendly (Ramah Seluler). Untuk memperbaiki nya sebaik anda mengganti template blogger / situs anda.

Yang kedua penyebab situs tidak di anggap mobile friendly adalah penempatan iklan yang tidak sesuai. Sekalipun anda telah mengganti template blog anda dengan thema yang responsive bukan berarti situs anda mobile friendly apa penyebab nya? seperti yang saya jelaskan tadi penempatan iklan yang tidak sesuai menjadi penyebab nya.

Contoh:

Pada tampilan perangkat seluler dengan lebar layar 314px anda menampilkan iklan barner seprti iklan adsense 720 x 90 maka situs anda di anggap tidak mobile frendly namun tetap terlihat responsive seperti blog saya ini. Hapus dan ganti iklan 720 x 90 dengan iklan responsive atau jangan tampilkan ikan 720 x 90 pada layar di bawah lebar 720. Anda bisa mengatur nya pada css template sobat.

Cara Cek Situs Mobile Friendly Atau Tidak
  1. Kunjungi Mobile friendly test by Google
  2. Copy URL home page situs anda contoh:http://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com/
  3. Pastekan URL pada Mobile friendly test tersebut dan
  4. Klick Run Test (Jalankan Pengujian)
  5. Lihat Contoh Gambar di bawah ini:
Apakah Situs Anda Moblile Friendly? Coba Uji Sekarang
Mobile friendly test tool
Setelah melakukan test mobile friendly tersebut kirim hasil pengujian ke google jika hasil nya situs anda mobile friendly sebagai pemberitahuan bahwa situs anda telah di perbaiki. Klick Submit to Google. perhatikan contoh gambar di bawah ini.
Mobile friendly test page
Mobile friendly test page
Catatan:

Jangan kirimkan hasil pengujian jika situs anda tidak lulus atau tidak mobile friendly. hanya kirimkan jika situs anda di nyatakan mobile friendly (Page is mobile friendly).

Artikel ini hanya untuk menguji situs saja untuk memperbaiki nya saya tidak menjelaskannya di sini anggap saja ini sebagi sharing saja, setidak nya anda sudah mengerti perbedaan responsive dan mobile friendly. Silahkan uji mobile friendly situs anda semoga ini bermanfaat. Lihat Koleksi Template Blogger Responsive dan Seo Friendly.

Post a Comment

 
Top