9 Comment

Apa Itu Pengunjung Organic? Istilah yang paling sederhana untuk memahami pengertian atau maksud dari pengunjung organik adalah "pengunjung yang berasal dari search engine (mesin pencari)", pengertian singkat pengunjung organik adalah pengunjung situs yang di peroleh secara alami berdasarkan pencarian query atau keyword di mesin pencari seperti google. Topik artikel kali ini akan membahas mengenai cara meningkatkan traffic pengunjung organik situs blog dan website.

Pada tanggal 15, bulan 7, tahun 2017 pencarian kata kunci "cara meningkatkan traffic pengunjung blog (website)" mencapai 4,810,000 results (0.75 seconds), artinya cara meningkatkan traffic pengunjung (jumlah visitor) merupakan pembahasan yang masih hangat untuk di perbincangkan di kalangan blogger maupun website.

Beberapa artikel juga ada yang menganjurkan untuk menggunakan aplikasi demi mendapatkan (meningkatkan) jumlah pengunjung organik ke situs blog, konon katanya aplikasi tersebut di percaya dapat mendongkrak jumlah pengunjung organic situs dengan mudah dan cepat. Metode yang digunakan adalah dengan memperbanyak view artikel rating di search engine akan naik, baru kemudian mendapatkan pengunjung organik.

Namun saya tidak akan membahas cara meningkatkan pengunjung situs blog dengan cepat atau instan yang menggunakan aplikasi pendongkrak jumlah visitor tersebut. Melainkan akan membahas "Cara Alami Meningkatkan Traffic Pengunjung Organik Situs Blog".
Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Organik Situs Blog
Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Organik Situs Blog
Untuk meningkatkan atau memperbanyak pengunjung organic ke situs blog, google telah menyediakan beberapa tool untuk membantu pemilik situs mendapatkan traffik pengunjung organik ke website mereka di antara nya adalah:
  • Google keyword planner, dan
  • Webmaster Google Console
  • Google Analytics 
Ke tiga tool (alat) tersebut sudah cukup untuk membantu anda memaksimalkan kinerja situs blog anda hingga mampu bersaing di search engine dan mendapatkan banyak pengunjung organik ke situs anda. Yang perlu kita lakukan adalah memahami ke tiga tool tersebut dan menggunkan tool tersebut dengan maksimal. 

Mungkin kebanyakan dari kita hanya mengirim sitemaps ke google console saja dan kemudian mengabaikan nya, padahal itu saja belum cukup karena fungsi google webmaster tool lebih dari sekedar mengirim sitemaps saja. Seorang penulis dapat memantau kinerja situs nya dan memperbaiki kesalahan yang fatal pada situs tersebut. Perayapan yang tidak baik dapat membuat situs kehilangan banyak pengunjung. seperti masalah Blocked by robots atau URL yang di cekal oleh robot.txt.

Cara Meningkatkan Pengunjung Organik Situs Blog

Ingatlah tidak semua artikel dari sebuah situs blog mampu menduduki halaman 1 atau halaman 2 pada index google meskipun situs tersebut merupakan situs blog super SEO. maka dari itu yang harus di lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung organik situs blog adalah:
  1. Menemukan hal baru, ini adalah satu satu nya seo yang kuat untuk meningkatkan pengunjung situs dan meningkatkan rating situs itu sendiri. Nanti akan saya jelaskan masalah topik artikel baru.
  2. Buatlah artikel yang tidak mudah basi dan dapat di konsumsi orang banyak, ini sangat penting untuk mendapatkan pengunjung organik situs blog atau website anda.
  3. Memperbaiki navigasi situs, berikan navigasi yang dapat memudahkan pengunjung melihat isi yang lain dari situs tersebut. hal itu akan membantu menaikkan rating konten di search engine, semakin banyak view semakin tinggi rating sebuah konten.
  4. Memberikan konten yang baik dan bermanfaat, ini masih menjadi cara yang terbaik untuk meningkatkan pengunjung organik situs blog. Konten yang bersifat informatif biasa-nya akan lebih sering di cari pembaca. Dengan menyajikan konten yang baik situs blog akan mendapat tempat tersendiri di hati pengunjung.
  5. Perbanyak isi (artikel) agar mendapatkan tingkat kepopuleran situs blog yang baik dan lakukan Fetch as Google untuk mempercepat proses indexing google.
  6. Jika ada waktu, perbaiki artikel-artikel lama yang mungkin ada salah kata dan terlalu bertele-tele. Artikel yang lebih singkat dan padat akan lebih baik dari pada artikel panjang dan bertele tele. 
  7. Jangan pelit memasukkan link situs blog lain ke dalam artikel anda, hal ini akan membantu anda menjalin hubungan dengan situs popular dan mendapat back link.
  8. Membangun /menjaga pengunjung situs dengan bantuan fanspage facebook atau group yang anda kelola sendiri.
Google planner adalah tool atau alat bantu untuk menemukan keyword yang tepat untuk sebuah artikel, ini penting di gunakan agar artikel tidak salah sasaran. Jika keyword di pilih sudah tepat maka bisa di katakan artikel tersebut sudah SEO,  Itu akan membantu situs blog mendapatkan visitor (pengunjung) yang tepat pula.  

Baca juga:

Dari seribu artikel, kamu hanya butuh 200 atikel yang mampu menduduki halaman 1 google, itu sebabnya dibutuhkan kontent yang baru dengan topik pembahasan yang menarik, ini akan membantu mendatangkan banyak visitor ke situs blog anda, Google sangat menyukai informasi informasi baru dan hangat.

Konten dengan topik pembahasan yang baru tersebut akan di rayapi dengan baik oleh google hingga ke seluruh bagian laman artikel tersebut dan menempat kan nya di posisi teratas, dengan demikian situs website akan mendapatkan peluang yang besar untuk kedatangan banyak visitor (pengunjung).  Selain itu artikel tersebut juga akan membatu artikel yang lainnya kedatangan pengunjung, sehingga dengan perlahan artikel yang lain akan mendapat rating yang tinggi dari jumlah view artike tersebut.

View artikel juga sangat menentukan tinggi rendah nya rating atau tingkat ke populeran artikel tersebut. Sekian tips meningkatkan traffic pengunjung (visitor) Organik.

Post a Comment

  1. makasih info nya om, sangat membantu sekali dalam meningkatkan traffic blog bagi saya yang pemula ini. salam berkunjung om

    ReplyDelete
  2. Artikel yang engak mudah basi seperti apa, jenisnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tutorial, apa saja, meningkatkan hasil ads, tulis tutorial umum, bukan blogger, biasa nya para blogger hanya fokus sama sartikel saja.

      Delete
  3. Terima kasih infonya, kalo saya memilih blogwalking sambil baca-baca blog + dapat teman baru dari internet.

    ReplyDelete
  4. ini sangat bermanfaat bagi saya yg masih pemula, kebetulan lg belajar ttg ini

    ReplyDelete
  5. Kebetulan saya masih pemula, jadi ini sangat membantu saya dalam melakukan bloging. Makasih gan

    ReplyDelete

 
Top