15 Comment

Setelah usai membahas tentang instalasi listrik satu phase kali ini kita akan merambah perlahan ke instalasi listrik 3 phase, artikel ini akan menjelaskan cara memasang instalasi listrik 3 phase dan cara instalasi listrik 3 phase ke 1 phase. Prinsip dasar instalasi penerangan listrik 3 phase tidak memiliki perbedaan dengan instalasi listrik satu phase, tanda kutip "untuk istalasi penerangan". karena ini hanya membahas tentang dasar-dasar instalasi listrik 3 phase saja maka saya tidak menjelaskan rumus-rumus system listrik 3 phase di sini.

Untuk level instalasi kita hanya perlu memahami cara menjadikan listrik 3 phase ke 1 phase, saya telah menggambar wiring diagram panel listrik 3 phase yang dapat membantu electrical pemula memahami dasar-dasar panel listrik 3 phase mari kita simak gambar berikut ini.
Instalasi Listrik 3 Phase Untuk Pemula
Instalasi Listrik 3 Phase Untuk Pemula
Pada bagian paling bawah diagram panel listrik 3 phase diatas saya menggunakan switch 40 amper sebagai switch utama instalasi listrik 1 phase nya. besar ampere harus nya di sesuaikan dengan kebutuhan penerangan gambar tersebut hanya sebagai contoh saja. saya fikir pada step ini masalah penerangan dari 3 phase ke 1 phase sudah kelar hanya tinggal mengaplikasikan nya saja (Instalasi listrik satu phase).

Next step mengenai RSTN panel listrik 3 phase, pada gambar panel sederhana tersebut RSTN sudah di bagi masing masing menjadi 4 line (jalur) dan siap di aplikasikan ke 4 rungan misalnya pada gedung industri kecil. ini di sebut dengan instalasi panel to panel (panel ke panel).

Panel 3 phase ini masih dasar dasar nya saja, namun sudah siap untuk mendistribusikan arus listrik kemana saja sesuai yang di butuhkan, jika ingin memasang kabel power motor 3 phase misalnya, maka hanya tinggal menarik kabel RSTN masing masing 1 line ke posisi motor tersebut. sedangkan untuk panel control atau membuat stater motor 3 phase itu sendiri mungkin dapat mempelajari nya pada pembahasan yang lain. setelah mengetahui dasar-dasar intalasi listrik 3 phase ini maka akan semakin mudah mempelajari level selanjutnya.

Post a Comment Subscribe

  1. Replies
    1. kenapa voltase listrik 3 phase tidak stabil apa penyebabnnya

      Delete
    2. Tidak hanya 3 phase, voltse 1 phase dari pln juga umum naik turun,...

      Delete
  2. Saya mendapati ilustrasi lain dari 3 phase ke 1 phase dengan mengambil line R dan N, sementara Tukang Listrik Batam (TLB) menampilkan Line T dan N. Apakah ada perbedaanya? kalau ada mana yang terbaik? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kedua ilustrasi atau diagram rangkaian listrik 3 phase tersebut benar, lihat artikel saya yang berjudul "Rumus Listrik 3 Phase 380 volt ke 1 Phase 220 volt" untuk memahami nya... atau lihat link ini http://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.co.id/2018/02/rumus-listrik-3-phase-380-volt-ke-1-phase.html

      Delete
  3. Untuk yang LINE T jika mcb ada tambahan 40A apakah pembagiannya seimbang?
    Mohon pencerahan tentang konsep pembagian seimbang listrik 3 phase,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung pemakaian, mcb tidak mempengaruhi selisih sedikit itu biasa.

      Delete
  4. misalkan untuk ruko 3 lantai
    bisa gak bang :
    lt.1 R+N
    lt.2 S+N
    lt.3 T+N

    makasih bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, akan tetapi biaya instalasi seperti yang kamu sebutkan akan memakan biaya yang lebih banyak. Saran saya buat satu panel khusus untuk listrik 1 phase nya. itu akan lebih baik.

      Delete
  5. Bro saya mau nanya.
    Untuk mengetahui jalur dari pln 3 phase RST.gimana caranya.....?
    R=......?
    S=......?
    T=......?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca pada tutorial ini https://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com/2017/04/pengertian-listrik-1-phase-2-phase-3-phase.html

      Delete
  6. Apakah ilustrasi isntalasi seperti ini, hasil tegangan output 220 volt atau 1 phase...mohon petunjuk...
    lt.1 R+N = 220 v
    lt.2 S+N = 220 v
    lt.3 T+N = 220 v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lt1 = lantai ya? ya benar itu akan menghasilkan tegangan 220v pada setiap lantai. Salah satu phase dari listrik 3 phase jika dihubungkan dengan netral akan menghasilkan tegangan 220v. Untuk lebih jelas baca disini https://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com/2018/02/rumus-listrik-3-phase-380-volt-ke-1-phase.html

      Delete
    2. Praktek yang lebih baik buatlah 1 panel khusus untuk tegangan 220v atau ikuti diagram diatas.

      Delete

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top