5 Comment

Cara Mengatasi Blocked by robots karna di cekal robots.txt - Pada index status google console masalah URL yang di cekal robots.txt seperti ini sering terjadi. Sebelumnya salam buat blogger yang baru submit sitemaps ke webmasters tools. Malam ini saya akan membahas cara mengatsi masalah pengindexan yang kurang baik seperti ini. Jika situs blog anda adalah salah satu yang mengalami Blocked by Robots coba untuk tidak panik, bersikap tenang lah karna kita akan membahas nya sekarang.
Mengatasi Blocked by Robots Pada Index Status Google Console
Mengatasi Blocked by Robots Pada Index Status Google Console
Blocked by robots pada Index status Google Console di sebabkan karena pengaturan robot.txt yang kurang tepat. Ini bukanlah masalah yang sangat serius tapi perlu di perbaiki. URL di cekal robots.txt tersebut bukan lah url dari artikel-artikel situs anda melainkan dari JavaScript, CSS, dan file gambar. Tidak sedikit element widget hasil suntikan seperti tombol downloan, related post, animasi dan sejenis nya. Maka pastikan lebih dulu akses javascript, css dan gambar benar benar terbuka sebelum menyuntikkan element lain ke template anda. Hindari mengambil gambar yang mememiliki hak cipta dari intenet agar anda terhindar dari Blocked by Robots (di cekal oleh robot.txt).

2 Cara Mengatasi URL Yang di cekal robots.txt

#Cara 1: Mengatasi Masalah Blocked by Robots

Hubungi pemilik situs tersebut yang memblokir akses Googlebot merayapi semua sumber penting situs anda mintalah mereka mempertimbangkan untuk membebaskan sumber daya ke Googlebot, atau pertimbangkan untuk menghapus ketergantungan halaman Anda pada sumber itu.

Jika pengaruh nya pencekalan tersebut tidak terlalu berat tidak perlu di pusingkan namun jika terlalu parah segera ambil tindakan karena jika tidak Googlebot akan sulit memahami kinerja situs anda. Untuk melihat sumberdaya yang di cekal tersebut silahkan login ke Google Console > Google Index > Blocked Resources lihat contoh di bawah ini.
Mengatasi Blocked by Robots Pada Index Status Google Console
Blocked by robots
Lihat URL Yang di cekal robots.txt yang telah saya tandai dengan tanda panah merah. Abang itu lah penyebab nya. mungkin salah satu JavaScript, CSS, dan file gambar pada template anda adalah milik nya. Silahkan hubungi dan mintalah dia membebas kan ketergantungan situs anda pada host nya.

Begini sobat jika sumber url tersebut adalah url gambar bisa di ganti sendiri dengan meng upload gambar baru ke picasa dan menganti url nya dengan url baru. Namun jika itu adalah sumber JavaScript dan CSS terpaksalah harus menghubungi mereka mungkin ada element lain seperti related post hasil suntikan.

Cara 2: Mengatasi Masalah Blocked by Robots

Gunakan Setting Robot.txt dan tag tajuk robot khusus untuk mengatasi masalah tersebut tambahkan robot.txt berikut ini pada blog sobat jangan lupa ganti URL blog saya dengan URL blog sobat
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: http://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com/sitemap.xml
Lihat Cara Memasang Robot.txt Dengan Benar kemudian aktifkan juga tag tajuk robot khusus blog sobat dengan settingan seperti gambar di bawah ini.

Bersabar lah menunggu masalah blocked by robots akan menurun secara perlahan mungkin memakan waktu satu atau bulan hingga blocked by robots menjadi minim (berkurang) meski tidak seratus persen.

Masalah Blocked by Robots Pada Index Status Google Console seperti umum kok semua bloger saya rasa mengalami nya. Pada situs blog ini juga masih ada sedikit pencekalan url tapi saya tidak mengambil pusing selagi terafik pengunjung masih normal saya tidak terlalu memikir nya. berbeda dengan dulu jumlah angka Blocked by Robots hampir setara dengan jumlah url terindex tentulah pusing kalau begitu. sekian ya sob sudah pagi nih waktunya kalilawar istirahat.

Post a Comment Subscribe

  1. mau nanya mas bro, saya dapat email isinya
    New issue found:

    Indexed, though blocked by robots.txt

    tapi setelah saya cek Blocked Resources tidak ada link yang di blok.
    cara mengatasinya gimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti diatas, nanti akan muncul juga url yang di blokir di akun adsense, periksa terus status > crawl eror

      Delete
  2. Makasih mas, saya juga mengalami demikian, dan triknya sudah saya gunakan. Semoga kedepannya masalah ini bisa terselesaikan.

    ReplyDelete
  3. terimakasih mas..!
    saya coba di officiallapotuak.blogspot.co.id bisa kok.

    ReplyDelete

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top