4 Comment

Begini Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense
Begini Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense - malam ini saya akan membagikan tips atau cara mendaftarkan blog ke adsense agar mudah diterima. Saya fikir mungkin masih banyak teman-teman blogger yang merasa bingung atas penolakan-penolakan yang ada saat mendaftarkan blog ke google adsense. Sebagian orang mengira bahwa template blog menjadi salah satu penyumbang penyebab di tolak nya situs blog oleh google adsense. "Catat saya tidak membenarkan hal ini, namun saya juga tidak menyalahkan" jika anda berfikir itu benar, bahwa template salah satu faktor tidak di terima nya situs anda oleh adsense, silahkan saja pakai template ini karena "saya di terima adsense saat pakai template ini" yaitu ijonkz v.1.3. kamu bisa mendownload nya disini.

Sebagai perusahaan iklan digital terbesar saat ini pihak google adsense tentu memiliki standard atau syarat-syarat diterima nya situs untuk di monetize iklan adsense. Nah setelah memenuhi persyaratan tersebut maka besar kemungkinan peluang situs anda diterima oleh pihak google. Dan berikut ini adalah tips-tips jujur dari saya agar situs anda segera diterima google untuk di monetize iklan adsense.
  1. Dianjurkan mendaftarkan blog melalui dashboard blogger
  2. Dianjurkan situs anda memiliki sebagian trafik pengunjung yang berasal dari pencarian google, bing atau yahoo.
  3. Dianjurkan membuat sitemap di google console sebelum mendaftar
  4. Dianjurkan memasang kode analytics pada situs anda.
  5. Dianjurkan mendaftarkan situs setelah memiliki kontent (artikel) yang cukup.
  6. Dianjurkan situs anda memiliki navigasi yang cukup.
Penolakan situs karena masalah navigasi ini banyak yang salah memahami, meskipun benar juga jika di artikan masalah navigasi tersebut adalah label, menu, pagenavigasi, related post dan widget-widget penting lainnya. Namun menurut saya navigasi yang di maksud bukanlah widget-widget tersebut melainkan kurang nya daya tarik situs tersebut sehingga pengunjung hanya membaca nya sekali kemudian pergi bahkan hal yang paling buruk, pengunjung pergi sebelum membaca.

Bagaimana cara mengatasi penolakan Adsense karena masalah navigasi?

Silahkan saja melengkapi navigasi yang kasat mata seperti menu, related post, pagenavi dan lain-lain, namun jangan lupa terapkan juga neavigasi tidak kasat mata dengan mengaitkan satu artikel dengan artikel lainnya seperti yang saya terapkan pada artikel ini dan mengelompokkan artikel serupa atau yang berkaitan dengan tag label ini merupakan salah satu tekhnik mempromosikan artikel. Sehingga dengan membuat hal demikian pengunjung setidaknya akan membaca 2 atau 3 artikel dalam sekali kunjungan. Jika informasi yang anda bagikan itu benar maka mereka akan kembali mengunjungi situs anda. inilah yang disebut dengan trafik pengunjung unik.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense

  1. Login ke Blogger
  2. Pilih Tab / Menu '$' Penghasilan
  3. Klik Tombol Daftar ke Adsense
  4. Selesaikan pendaftaran Adsense
Lihat contoh gambar dibawah ini
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense
Pasang kode page-level (Auto ads) untuk mengaitkan situs Blog ke Adsense

Sebelum saya diterima adsense kode page-level (Auto ads) ini saya sebut sebagai tag-meta sama seperti saat kita Mendaftarkan situs ke PropellerAds, kita akan diminta untuk memasang kode tag-meta untuk memverifikasi situs, bedanya kalau propellerads langsung diterima saat itu juga. Sedangkan google adsense kita harus menunggu masa review sekitar dua minggu. Dimana kita bisa mendapatkan kode page-level ads sedangkan kita belum diterima oleh google?

Begini kawan, saat kita mendaftarkan blog melalui dasboard blogger, sebenar nya kita sudah memiliki ID Akun atau ID Klien Adsense, contoh id klien akun adsense adalah ca-pub-42094677xx777xx. Sedangkan kode page-level (Auto ads) semua akun adsense sama, hanya di bedakan dengan nomer ca-pub nya saja.

Setelah mendaftarkan blog ke google adsense, pasangkan kode page-level (Auto ads) dibawah ini tepat dibawah tag <head> pada template blog anda. Kode tersebut berfungsi untuk mengaitkan situs blog dengan akun adsense serta membantu robot google merayapi situs anda. Hal ini sesuai dengan Petunjuk google halaman 7036617 dan sesuai dengan yang saya praktekkan pada situs ini. Berikut kode lengkapnya:
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
google_ad_client: "ca-pub-123456789",
enable_page_level_ads: true
});
</script>
Catatan: ganti id ca-pub-123456789 dengan id ca-pub akun adsense anda jangan lupa untuk mempasre kode adsense nya terlebih dahulu agar bisa di pasangkan ke template blog (template xml). Silahkan lihat id ca-pub anda pada dashboard blogger anda klik tombol $ (Penghasilan). ini adalah metode cara mengaitkan situs dengan google adsense.
Melihat id ca-pub akun adsense di blogger
Melihat id ca-pub akun adsense di blogger
Setelah mengaktifkan akun adsense kemudian menghubungkan situs anda dengan google adsense dengan cara memasang kode di atas maka kamu tinggal menunggu email balasan dari pihak google, kode tersebut tidak menjamin situs anda akan di terima, ia dipasangkan bertujuan untuk menghindari kesalahan perayapan robot google. jika kode tersebut tidak dipasangkan kemungkinan kamu baru menerima email hinga memakan waktu berbulan-bulan atau mungkin kamu hanya akan menerima e-mail penolakan adsense. Demikian penjelasan saya mengenai cara mendaftar/mengaitkan situs dengan google adsense.

Post a Comment Subscribe

  1. Mas mau nanya, kok tab menu penghasilan saya ga ada ya? Itu kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelan bahasa gan, Login ke Blogger > Setelan > Bahasa dan Pemformatan Ganti bahasa indonesia ke bahasa inggris, malaysia dll untuk menampilkan tab earning ($ /Penghasilan). semoga membantu.

      Delete
    2. Bener mas, setelah di setting bahasa dan pemformatan kemudian saya refresh langsung tampil menu penghasilan di blogger saya, thanks mas somad tapi kenapa bisa gitu?

      Delete
    3. Dulu adsense belum support untuk blogger indonesia tetapi sekarang sudah sudah support, Blogger indonesia tetap bisa daftar adsense dengan catatan setting bahasa dan pemformatan di ganti ke bahasa inggris agar tab atau menu penghasilan muncul di blogger indonesia.

      Delete

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top