0 Comment

Cara Mengganti Domain Blogspot - Meskipun tutorial "cara mengganti domain blogspot ke custom domain (domain sendiri)" sudah banyak beredar, tidak ada salahnya jika pembahasan mengenai domain ini kita update kembali, saya fikir ini akan sedikit membantu sobat blogger memecahkan masalah cara mengganti domain blog sobat ke costum domain. Mungkin masih ada yang ingin bertanya "Apasih pengertian costum domain itu?".
Costum domain adalah alamat situs yang kita pilih sendiri (domain berbayar), costum domain juga di artikan sebagai url (alamat) situs bertaraf TLD atau Top Level Domain. Contoh: indolistrik.com , net, co.id, org dan lain lain, ada juga domain geratis seperti .cf, .ga, xyz dll.
Untuk mendapatkan domain tld tersebut kamu perlu membelinya di pandi.id merupakan distributor domain terpercaya di indonesia atau langsung membelinya ke www.godaddy.com merupakan distributor domain amerika. jika anda ingin menggunakan www.domain.co.id maka kamu bisa membelinya di www.pandi.id tapi jika kamu ingin membeli www.domain.com maka kamu bisa membelinya di www.godaddy.com.

Apasih keutamaan costum domain (domain tld)?
  1. Blog/website kamu akan lebih propesional
  2. Url (atau alamat situs kamu menjadi lebih pendek
  3. Alamat situs lebih mudah di ingat orang
Baiklah kita lanjutkan pembahasan cara cara mengganti domain blogspot.com ke costum domain (domain berbayar). Perlu di ketahui bahwa mengganti domain .blogspot.com menjadi .com bukan berarti kita menghapus domain yang lama misal: http://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com melainkan hanya menimpa nya saja dengan url pihak ketiga (domain berbayar) dengan cara menyeting pengalihan DNS saja. Langsung saja kita praktekkan cara menyeting pengalihan DNS ini menggunakan domain geratis dari my.freenom.com.

Sebagai latihan dasar menggati domain, kamu bisa me-order sebuah domain geratis di my.freenom.com, karena pada dasar-nya cara mengganti domain itu sama saja meski kamu membelinya di tempat yang berbeda. Baik saya anggap saja kamu telah memiliki domain geratis freenom tersebut.

Cara Menggati Domain Blogspot dengan Domain Geratis freenom
  1. Pastikan url costum domain sudah di sediakan
  2. Login ke Blogger dan pilih Pengaturan > Dasar
  3. Pada bagian Alamat Blog klick +Siapkan Url pihak ke-3 untuk blog anda
  4. Masukkan url domain geratis nya pada kotak yang tersedia contoh: www.fakta7.ga
  5. Klick simpan untuk mendapatkan 2 pasang kode pengalihan (DNS Records)
  6. Copy 2 pasang kode DNS Records tersebut pada sebuah catatan (notepad)
  7. Lihat contoh gambar di bawah ini
Cara Mengganti Domain Blogspot ke Custom Domain (TLD)
Cara Mengganti Domain Blogspot ke Custom Domain (TLD)

Perhatikan: 2 kode DNS Records tersebut akan kita masukkan ke settingan DNS pada costum domain yang telah di siapkan tadi misal domain saya www.fakta7.ga. Sebelum kode pengalihan tersebut di masukkan ke settingan DNS costum domain, maka url www.fakta7.ga belum bisa disimpan di blogger.

Langkah selanjut nya adalah mem-verifikasi bahwa costum domain tersebut adalah benar milik kita dengan cara memasukkan 2 pasang kode pengalihan tadi ke settingan DNS costum domain.
  1. Login Ke Dashboard freenom anda
  2. Pilih Servis > Pilih My Domain
  3. Pilih Domain yang telah disiapkan tadi dan klik Manage Domain
  4. Kemudian pilih Manage Freenom DNS
Nah...setelah anda mengklick Manage Freenom DNS maka anda akan di alihkan ke settingan DNS untuk domain anda. klick tombol Add Record (More Records) untuk menambah kolom. Tambahkan hingga menjadi 3 kolom.
Pada tahap ini kamu tinggal memasukan kode DNS Record saja, copy 2 kode DNS yang sudah diberikan oleh blogger tadi, dan masukkan pada kolom setinggan DNS freenom. ikuti sesuai petunjuk pada gambar di bawah:
Keterangan:
  • Dua pasang kode DNS Record di masukkan pada kolom 1 dan 2 seperti trlihat pada gambar, satu pasang kode untuk satu kolom.
  • Pada kolom nomer 1 dan 2  pada bagian Type : Pilih CNAME sedangkan TTL Biarkan tetap 14440
  • Pada kolom 3 isi kotak Nama dengan www dan kotak Target isi dengan IP atau Hostname216.239.32.21
  • Lalu ulangi langkah pada kolom 3 saja, masukkan 3 IP lagi, semua IP tersebut adalah IP Google 216.239.34.21 > 216.239.36.21 dan 216.239.38.21
  • Klick Save Change
Langkah terakhir kembali ke blogger dan tekan ulang tombol simpan (save) untuk menyelesaikan jangan lupa centang pada bagian "Alihkan fakta7.ga ke www.fakta7.ga". Maka url blog kamu akan akan menjadi dua, lihat contoh gambar di bawah ini, perlu di ingat alamat situs akan selalu di alihkan ke costum domain, begitu juga index google pada situs kamu akan di index dengan costum domain.
Demikian saja cara mengganti domain blogspot ke costum domain, silahkan di praktekkan langsung dan semoga ini bermanfaat, ini sangat cocok untuk latihan mengganti domain, sebelum kamu membeli domain berbayar, setidak nya jika kamu sudah mem-praktekkan nya dengan domain geratis maka kamu tidak bingung lagi ketika kamu beralih ke domain berbayar. sebab dashboard domain tld itu hampir serupa pada  umum nya, mungkin bebeda pada tatal letak saja. Namun cara setting DNS Record nya tetap sama.

Post a Comment Subscribe

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top