0 Comment

Cara Mengusrus Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
Cara Mengusrus Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
Apa itu surat domisili usaha? sama hal-nya dengan orang, sebuah usah juga memiliki tempat menjalankan usaha. Baik itu usaha kecil kecil menengah (UKM) maupun usaha yang memiliki badan hukum seperti PT dan CV diharuskan memiliki SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha). Adapun yang termasuk digolongkan kepada usaha kecil menengah (UKM) adalah UKM usaha yang memiliki kekayaan bersih maksimal Rp200.000.000, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

Apa Manfaat Surat Domisili Usaha?
  1. Memudahkan juga dalam mengurus SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan).
  2. Dengan adanya SKDU juga akan mempermudah dalam mendaftarkan perusahaan atau usaha anda secara legal.
  3. Kelengkapan syarat permintaan nomor PIRT (Produksi Pangan Industri Rumah), label halal MUI dan sertifikasi SNI
  4. Pembuatan NPWP (Nomor Pengenal Wajib Pajak) juga akan lebih mudah.
  5. Dengan adanya SKDU maka mempermudah anda untuk melakukan pinjaman kredit di Bank, karena Bank akan lebih percaya bahwa anda memiliki usaha, dibuktikan dengan adanya SKDU tersebut.
  6. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa didapat, Mengurus SKDU merupakan suatu upaya untuk memajukan bisnis (usaha) anda.
Berapakah Biaya Pengurusan Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)

Pada dasar-nya pengurusan surat domisili usaha tidak dipungut biaya (Geratis), namun mungkin kamu akan diminta biaya administrasi saja secara suka rela.

Syarat-syarat Mengurus Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
  1. Melampirkan Kartu identitas (KTP) asli dan foto copy pemilik dari usaha tersebut
  2. Melampirkan Kartu keluarga (KK) pemilik usaha dalam bentuk asli dan foto copy
  3. Surat pengantar dari bapak RT dan RW setempat
  4. Surat pernyataan dari tetangga tentang ketidak beratan adanya usaha tersebut, minimal 4 orang tetangga, ditambah dengan fotocopy KTP masing- masing tetangga
  5. Akta pendirian UKM dari notaries (foto copy)
  6. Surat kuasa jika diurus oleh orang lain
  7. Surat bukti tanah kepemilikan sendiri jika tempat usaha milik sendiri atau surat pernyataan sewa-menyewa jika usaha dibangun dari tempat sewa
Langkah- langkah Mengurus (Membuat) SKDU

Setelah memnuhi beberapa syarat di atas,tata cara pengurusan (langkah-langkah) yang harus dilakukan untuk proses pengurusan surat domisili usaha adalah sebagai berikut.

1. Minta Surat Pengantar dari RT/RW

Datang ke RT setempat(tempat usaha anda beroperasi) untuk meminta dibuatkan Surat Pengantar yang menyatakan bahwa usaha anda benar-benar berada di lingkungan tersebut

2. Datang ke Kantor Kelurahan

Bawa Surat Pengantar RT/RW dan berkas persyaratan yang telah disiapkan, kemudian datang ke Kantor Kelurahan atau Kantor Kepala Desa setingkat Kelurahan setempat. Masuk ke ruang informasi memintalah formulir permohonan SKDU ke petugas kelurahan yang kemudian isi dengan benar dan Lengkap.

Biasa-nya SKDU diterbitkan oleh Kantor Kelurahan, sementara di wilayah lain ada yang mengharuskan pengajuan permohonan untuk melanjutkan ke kantor Kecamatan. Jika demikian, maka setelah SKDU dikeluarkan oleh Kelurahan, anda masih perlu ke Kantor Kecamatan untuk meminta pengesahan atau tanda tangan Camat.

3. Pengambilan SKDU

Proses pembuatannya berbeda-beda, bisa satu hari hingga sekitar satu minggu, tergantung wilaya masing-masing. SKDU bisa diambil di Kantor Kelurahan atau Kecamatan tempat anda mengurus SKDU.

4. Biaya Pembuatan SKDU untuk UKM

Sama seperti penjelasan diatas proses pembuatan SKDU untuk UKM ini tidak ada biaya resminya, namun setiap tahapan proses anda perlu mempersiapkan biayanya karena biasanya anda akan diminta untuk mengisi uang kas, baik secara sukarela maupun dalam jumlah tertentu.

Demikian penjelasan tentang tata cara pengurusan surat domisili usaha tingkat usaha kecil menengah, untuk informasi lebih lanjut datanglah kekantor lurah (kantor kepala desa) dan tanyakan langsung pada receptionist atau petugas yang ada, kunjungi ruang informasi karena biasa-nya setiap kantor pemerintahan memiliki ruang informasi.

Post a Comment

 
Top