0 Comment

Saklar double atau saklar ganda dalam bahasa inggris disebut dengan "double switch", sedangkan jika 3 saklar disebut "triple switch" dan 4 saklar disebut "multi switch", fungsi saklar atau switch itu sendiri umumnya adalah sebagai pengontrol lampu (mematikan dan menyalakan lampu). Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang cara memasang double dwitch, triple switch dan multi switch.

Sebagai pendahuluan saya beritahukan bahwa sistem kerja sebuah saklar (switch) adalah sebagai alat pemutus dan penghubung arus listrik. jadi dapat pihami bahwa di dalam box switch (kotak saklar) tidak ada kebel netral, melainkan hanya kabel phese (arus listrik positif), nah maka kebel phase inilah yang di hubungkan/diputuskan oleh switch. agar mudah di pahami sebelum kita sampai ketahap cara memasang double dwitch, triple switch dan multi switch, saya telah menyiapkan sebuah gambar "bentuk dasar saklar" atau (traditional switch). Simak gambar berikut ini.
Cara Pasang Saklar Ganda (Double Switch), Triple dan Multi Switch
Bentuk dasar saklar (traditional switch), kiri tanda saklar tidak terhubung, kanan tanda saklar terhubung.
Keterangan:
  1. Kabel warna hitam yang di tandai dengan huruf "N" adalah penghantar arus listrik negatif (neutral)
  2. Kabel warna merah yang di tandai dengan huruf "L" adalah penghantar arus listrik positif (phase), L berarti line atau jalur arus listrik.
  3. Dari gambar di atas dapat di pahami bahwa saklar hanya berfungsi sebagai pemutus dan penghubung arus listrik saja, sederhana bukan...!

Cara Memasang Saklar Ganda (Double Switch)

Diagram gambar cara memasang saklar ganda (Double Switch)
Diagram gambar cara memasang saklar ganda (Double Switch)
Keterangan:
  1. Kable netral (hitam) di hubungkan langsung dari sumber ke fitting lampu.
  2. Kabel phase (merah) dari sumber "L" dihubungkan ke saklar 1 kemudian di jumper ke saklar 2
  3. Pada gambar pemasangan saklar ganda diatas, terdapat cable jumper, kabel jumper tersebut berfungsi sebagai penghantar arus listrik positif (phase) dari saklar 1 ke saklar 2.

Cara Memasang Saklar 3 gang (Triple Switch)

Triple Switch dalam bahasa lainnya adalah saklar 3 gang atau saklar 3 seri, mungkin di daerah kalian nama nya bisa saja berbeda, untuk menyatukan perbedaan bahasa elektrikal tersebut kita gunakan bahasa inggris saja yaitu "triple switch". cara memasang saklar 3 seri (triple switch) sama dengan cara memasang saklar ganda (doube switch) yang membedakan nya adalah pada pemasangan triple switch phase di jumper hingga dua kali, perhatikan gambar berikut ini.
Diagram gambar (skema rangkaian) saklar 3 gang atau triple switch
Diagram gambar (skema rangkaian) saklar 3 gang atau triple switch
Catatan: Penting untuk melihat keterangan gambar pemasangan saklar 3 gang diatas, agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam membaca diagram tersebut.

Cara Memasang Saklar 4 gang (Multi Switch)

Untuk cara memasang saklar 4 gang ini kamu harus menjadikan ini sebagai PR di rumah, saya telah menyediakan gambar, namun  anda harus melengkapi gambar tersebut sebagai latihan anda. silahkan di download gambar rangkaian sakar 4 gang ini dan coba di coret-coret dengan tinta merah, cobalah untuk merangkai-nya, jika kamu lakukan dengan benar maka, switch hingga 10 gang pun insya allah sudah bisa kamu pasang.
Skema rangkaian saklar 4 gang (Lengkapi gambar ini sebagai latihan memasang saklar 4 gang atau multi switch)
Cobalah untuk menjumper phase (kabel merah) dari saklar satu ke saklar 2 sampai ke saklar 4, kemudian hubungkan ke masing masing lampu.

Demikian penjelasan cara memasang saklar double switch, triple switch, dan multi switch ini, bagikan artikel ini ke kerabat anda jika menurut anda ini bermanfaat, next tunggu artikel tehnik-tehknik listrik lainnya dari situs blog tukang listrik batam dan semoga berhasil.

Post a Comment Subscribe

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top