0 Comment

RAB - adalah merupakan singkatan dari "Rincian Anggaran Biaya" ada juga yang menyebut nya sebagai "Rencana Anggaran Biaya". Dua-dua nya benar karena fungsi RAB adalah untuk menjelaskan tentang anggaran biaya dengan rinci. Semakin jelas perincian anggaran suatu pekerjaan maka akan semakin baik, karena pada suatu perusahaan bidang jasa, RAB tentu berperan sangat besar untuk melakukan penawaran atau negosiasi dalam pengajuan (pengambilan) suatu proyek seperti instalasi listrik. Dengan melampirkan RAB maka suatu perusahaan akan di anggap tidak asal-asal dalam memberi harga (Biaya pengerjaan proyek).

Download RAB (Rincian Anggaran Biaya) Instalasi Listrik Format Microsoft Excel
Contoh RAB (Rincian Anggaran Biaya) Instalasi Listrik
Keterangan:
  • Uraian Pekerjaan adalah daftar jenis-jenis pekerjaan.
  • Table SAT adalah Satuan, bisa berbentuk pcs/unit
  • Table VOL adalah jumlah satuan (pcs/unit)
  • Harga Sat adalah harga/unit material
  • Jumlah Harga kolom 6=5x4 adalah Harga satuan dikali Volume unit = jumlah harga material
  • Harga Satuan kolom 7 adalah harga jasa pasang/unit
  • Jumlah harga kolom 8=7x4 adalah Harga pasang dikali Unit atau titik = Jumlah harga jasa
  • Jumlah Harga 9=6+8 adalah Total harga material ditambah Total harga pasang
Ilustrasi RAB (Rincian Anggaran Biaya) diatas adalah contoh perincian harga material/titik dan harga jasa/titik, kemudian di gabung menjadi satu. "Hanya contoh saja" itu bukan harga yang sebenar-nya. Jika kamu memiliki standard harga sendiri kamu masih bisa merubah nya. Saya menyediakan file download RAB instalasi listrik tersebut dalam format microsoft excel, silahkan klick

Agar artikel ini lebih panjang, saya jelaskan sedikit mengapa harus membuat "RAB" atau rincian anggaran biaya? selain untuk melakukan penawaran tentu masih banyak lagi manfaat rab untuk sebuah bidang usaha, selain jelas untuk konsument tentu jelas juga perhitungan untuk bisnis/usaha kita sendiri. Paragraf terakhir ini hanya untuk melengkapi standard situs web saja "enggak perlu serius kali" kalu sudah download rab nya, ya sudah karena cuma itu saja inti dari artikel ini yaitu contoh rab dan download rab format microsoft excel.

Post a Comment Subscribe

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top