0 Comment

Masih mengenai Pelayanan Kependudukan & Kesejahteraan, waktu lalu admind telah menuliskan mengenai hal-hal penting dan syarat membuat akta kematian, kali kali ini admind juga akan menuliskan tentang tata cara dan syarat-syarat mengurus akta kelahiran, simak hal-hal yang penting diketahui untuk pengurusan akta kelahiran (akte lahir).

Kapankah waktu yang seharus-nya mengurus akta kelahiran (akta lahir)?
Berdasrkan Undang-Undang Nomor 3 Pasal 27 Ayat 1 Tahun 2006 akta kelahiran (akta lahir) di buat sejak hari pertama bayi lahir dan selambat-lambat nya adalah 60 hari sejak waktu peristiwa kelahiran bayi.
Dimana tempat (kantor pelayanan) pengurusan akta lahir?
Secara skematik pemerintahan akta kelahiran di keluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Namun untuk pengurusan akta lahir kini tidak perlu ke kantor disdukcapil lagi, melainkan cukup di kantor kelurahan saja. Jadi intinya akta kelahiran diurus di kantor kelurahan.
Berapa Biaya Pengurusan Akta Kelahiran?
Biaya mengurus (pembuatan) akta kelahiran secara resmi gratis tidak di pungut biaya. Namun pengurusan akte kelahiran bayi yang lahir lebih (lewat) 60 hari sejak peristiwa kelahiran bisa dikenakan denda (sesuai dengan ketentuan daerah masing-masing).
Persyaratan Mengurus Akta Kelahiran
  1. Pelapor (Orang Tua) Mengisi formulir yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (tersedia di Kecamatan atau Kelurahan) bermeterai Rp6.000.
  2. Surat Keterangan Kelahiran atau Surat Tanda Lahir dari Dokter/Bidan/Rumah Sakit/Tempat melahirkan. Atau juga mungkin bisa saja ketika saat melahirkan berada di pesawat atau kapal laut maka, perlu juga mendapatkan surat keterangan dari Pilot/Nahkoda.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) bagi penduduk tetap atau SKSKPNP bagi warga non permanen di tempat domisili tersebut sebanyak 2 lembar. NIK Anda harus sudah masuk dalam KK.
  4. Fotokopi Kartu Identitas Penduduk (KTP) orangtua (ayah dan ibu) sebanyak 2 lembar. Bisa juga kalau diperlukan menggunakan SKDS ataupun Surat Keterangan Pelaporan Tamu.
  5. Fotokopi buku nikah KUA atau Akte Pernikahan dari Catatan Sipil sebanyak 2 lembar, Isbat dari Pengadilan Agama, putusan atau penetapan Pengadilan Negeri.
  6. Keterangan kelahiran dari Kelurahan setempat dengan dibubuhi stempel basah atau asli.
  7. Fotokopi Akte Kelahiran suami istri sebanyak 2 lembar.
  8. Dua orang saksi untuk membuktikan tentang kelahiran di Dinas Pencatatan Sipil berikut fotokopi KTP yang bersangkutan (untuk hal ini mungkin di beberapa daerah, saksi tidak perlu ikut dalam pengurusan, cukup menyerahkan fotokopi KTP saja kepada pelapor atau orangtua anak).
Apa Manfaat Akta Kelahiran (Akta Lahir)?

Fungsi atau manfaat akta lahir ada banyak sekali, karena akta lahir merupakan salah satu dokumen catatan sipil seseorang. Namun manfaat akta lahir yang paling menonjol adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai Pengakuan negara tentang status individu, status perdata, dan status kewarganegaraan seseorang.
  2. Merupakan dokumen atau alat bukti yang sah mengenai identitas seseorang.
  3. Data dasar penetapan identitas dalam dokumen lainnya,seperti ijazah, ktp, kk.
  4. Kelengkapan syarat memasuki dunia pendidikan dari TK s/d perguruan tinggi.
  5. Kelengkapan syarat melamar pekerjaan, termasuk menjadi anggota TNI dan POLRI.
  6. Kelengkapan syarat membuat Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan Nomor Induk Kependudukan.
  7. Kelengkapan syarat Membuat pasport.
  8. Kelengkapan syarat mengurus tunjangan keluarga.
  9. Kelengkapan syarat mengurus warisan.
  10. Kelengkapan syarat mengurus beasiswa.
  11. Kelengkapan syarat mengurus pensiun bagi pegawai.
  12. Kelengkapan syarat mengurus pencatatan perkawinan.
  13. Kelengkapan syarat mengurus dokumen-dokumen jika hendak melaksanakan ibadah haji.
  14. Kelengkapan syarat mengurus pelaporan dan Akta kematian.
  15. Kelengkapan syarat mengurus perceraian.
  16. Kelengkapan syarat mengurus pengakuan anak.
  17. Kelengkapan syarat mengurus pengangkatan anak/adopsi.
Demikian penjelasan tentang akta kelahiran atau akta lahir, untuk keterangan lebih lanjut harap bertanya ke tetangga terdekat, rt/rw atau datang langsung ke kantor kelurahan.
Contoh Akta Kelahiran
Contoh Akte Kelahiran

Post a Comment Subscribe

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top