2 Comment

Seo Blogger - Apa pengertian seo blogger dan bagaimana cara meng-optimalkan (optimized) seo pada situs blog? SEO berasal dari singkatan tiga suku kata yaitu "Search Engine Optimization", jika diartikan secara global maka seo berarti "Meningkatkan Mesin Pencari". Untuk memahami ini perlu dijelaskan lagi bahwa mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo, bing dan yandex mempelajari karakter atau kebiasaan manusia dalam mengetik kata kunci (keyword) pada sebuah mesin pencarian (penelusur).

Jadi sebagai seorang blogger atau pengelola situs blog, kita perlu memahami sedikit tentang mesin pencari (penelusur) dan memahami teknik menulis artikel dengan memaksimalkan penggunaan feature-feature dasar seo yang ada di blogger agar mesin pencari dapat mengenal, membedakan (menentukan) golongan situs maupun artikel yang kita publikasikan.

Apa saja feature-feature seo dasar blogger yang harus dioptimalkan?

Agar artikel "Search Engine Optimization" ini lebih mudah untuk dipahami maka kita akan membagi Seo Blogger yang paling dasar menjadi 3 bagian.
  1. Seo Situs Blog, mencakup judul situs, sub-judul dan description situs dan url.
  2. Seo Artikel Blog, mencakup judul artikel, keyword, deskripsi dan image (gambar).
  3. Seo blogger templates, mencakup speed, strutur data (publisher, author, datePublished dll) dan semua yang berkaitan dengan meta tag.
Ketiga poin-poin seo blogger diatas merupakan bagian-bagian besar dalam penerapan seo one page. Jika kamu sangat baru di blogger "bukan merendahkan" mungkin "memahami seo" dan "belajar seo" sangat sulit untuk blogger pemula. Maka dari itu saya mencoba menjelaskan praktek seo one page ini dengan sesederhana mungkin dan dengan praktek langsung penerapan seo agar setiap orang mampu bersaing di search engine.

Bagaimana cara mengoptimalkan seo blogger yang benar?

Untuk mengoptimalkan ketiga poin diatas (seo one page), seperti yang telah dijelaskan bahwa feature-feature seo dasar blogger sudah ada pada dashboard blogger itu sendiri, maka untuk memaksimalkan praktek seo one page pada situs blogger kita harus menggunakan feature-feature tersebut dengan benar agar situs kita dapat bersaing di search engine. Bagaimana penerapan seo one page tahap dasar pada situs blogger pemula? ikuti langkah-langkah berikut ini.

Seo Situs Blog (Header)
  • Yang dimaksud dengan seo situs adalah pengoptimalan pada "judul situs (header) dan url situs", membuat judul situs yang paling baik adalah dengan menggunakan satu suku kata saja, namun tidak ada larangan untuk menggunakan 2 atau 3 suku kata.
  • Sub judul (Sub Header), sub header adalah judul tambahan yang terdiri dari beberapa suku kata dan berkaitan dengan header situs (judul).
  • Deskipsi situs, merupakan penjelasan tambahan dari header dan sub-header, pada platform blogger memberikan description hanya di bolehkan terdiri dari 150 huruf saja.
Contoh:
Judul: Kretek
Sub judul: Origin Indonesian Tobacco
Deskripsi: Kretek merupakan perusahaan rokok indonesia, memproduksi tembakau murni dan berkualitas.
Url: kretek.com atau pada blogger kretek.blogspot.com

Cara Penerapan Seo Dasar Header Blog

  1. Login ke dasboard blogger pilih setting (setelan) kemudian pilih Dasar klick Edit
  2. Untuk mengaktifkan deskripsi, Login ke blogger > Setting > Preferensi Penelusuran kemudian pada bagian Tag Meta Description klick Edit > Aktifkan dan isi deskripsi situs kemudian save
  3. Lihat Contoh Gambar Dibawah Ini
Seo Blogger Tips Untuk Pemula
Contoh Setting Header dan Deskripsi Situs (Optimized Seo Header)
Dengan demikian kita telah memberi signal atau tag kepada mesin search engine atau mesin pencari tentang arah golongan situs yang kita kelola, sehingga ketika seorang pembaca mengetik-kan keyword di search engine atau google, search engine tersebut tidak salah menampilkan situs yang diinginkan berdasarkan pencarian keyword tersebut di laman mereka.

Meningkatkan Seo Artikel Blog (Optimized)

Agar artikel dapat bersaing di laman search engine seperti google, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam praktek meng-optimalkan seo artikel blog, diantara-nya adalah sebagai berikut.
  1. Riset keyword: riset keyword perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa sering keyword tersebut dicari dan seberapa tinggi tingkat persaingan keyword pada search engine, Tingkat persaingan keyword disebut dengan istilah "Low Competition" dan "Hight Competition" pelajari tentang riset keyword disini.
  2. Menggunakan tag meta description, ketika kita mengaktifkan tag meta description pada header blog, maka otomatis pada penulisan artikel juga tersedia feature tag meta description.
  3. Menggunakan Caption pada gambar atau image dan menggunakan Alt Image, Feature ini berfungsi sebagai pemberitahuan atau memberikan signal kepada mesin pencari mengenai gambar yang kita upload kedalam artikel blog, sebagai contoh: jika kita meng-upload gambar "Presidet Jokowi" maka tambahkan caption image: President RI Jokowidodo dan gunakan (isi alt image) dengan contoh: President jokowidodo di istana bogor.
Contoh: Optimized Article (Meningkatkan Seo Artikel)
Seo Blogger Tips
Seo Artikel Blogger (Meta Tag Description)
Seo Blogger Tips
Seo Image Pada Blogger (Menambahkan Caption dan Alt Image)
Dengan demikian text serta gambar yang ada didalam artikel telah dioptimalkan, dengan pemberian meta tag deskripsi dan tag image. Sehingga search engine mengetahui persis gambar apa yang kita lampirkan dan mengetahui topik artikel yang di-unggulkan kemudian menampilkan nya pada laman pencarian google (search engine) ketika seseorang mengetik-kan keyword yang sesuai.

Seo Optimization Blogger Template

Seo template juga penting untuk dioptimalkan, umum-nya ini menyangkut ke meta tag yang ada didalam template. Meta tag tersebut memberikan signal kepada google (search engine) mengenai publisher, datepublished, author, description, image, isi dan lain-lain. Untuk mempelajari ini saya harus membuat satu pembahasan khusus tentang "meta tag" h1 hingga h6.

Penjelasan: Ketika kita mengatakan bahwa kita adalah seorang publisher blogger maka sebenar-nya kita salah, karena publisher yang sesungguh-nya di platform blogger adalah Schema.org/Organization. Didunia website schema.org hanya salah satu dari beberapa publisher terkenal lain-nya, Jadi posisi seorang penulis blog (pengelola blog) adalah sebagai author (penulis) saja. Maka sangat penting untuk memilih template yang lulus test "structured data testing tool" agar mesin pencari mengetahui dengan persis tentang situs dan artikel yang kita publikasikan.

Selain itu untuk meningkat-kan seo pada situs blog, kita dianjurkan untuk menggunakan template yang mobile friendly (ramah seluler) atau sering disebut dengan template responsive karena google menyukai situs yang mobile friendly guna untuk memanjakan para pengguna google.

Ketiga praktek dasar seo pada blogger yang dijelaskan diatas, sangat berkaitan erat hubungan nya maka kita harus meng-optimalkan ketiga-nya jika ingin bersaing laman pencarian (search engine) seperti google. Jika kamu terlanjur menggunakan template yang banyak eror pada struktur data maka kamu bisa memperbaiki struktur data template blog kamu disini.

Sebagai tambahan, sangat dianjurkan untuk mengaitkan situs blog ke google analytics dan google console. Ini menyangkut pada pembacaan perayapan robots google kepada situs blog yang kita kelola. Perlu dicatat ini hanya merupakan seo paling dasar pada blogger dan tidak menjamin 100% bahwa situs atau artikel kamu berada di laman 1 google (Diperingkat tertinggi search engine). Namun ini sudah sangat cukup bagi para pemula di blogger. Jika diterapkan dengan benar maka situs blog kamu sudah tergolong sudah "dioptimalkan" (Search Engine Optimizations). Selebihnya cari-lah view sebanyak mungkin karena jumlah view yang tinggi merupakan salah satu praktek seo terbaru saat ini.

Post a Comment

 
Top