5 Comment

Tips Memilih Template Yang Baik Untuk Blogger
Tips Memilih Template Yang Baik Untuk Blogger
Pernahkah kamu merasa bingung dalam memilih template untuk situs blog kamu? jika saya boleh menebak setiap blogger yang benar-benar hobby menulis tentu pernah merasa bingung dalam menentukan template yang cocok untuk situs blog kamu. Saya juga merasakan hal yang sama "kebingungan memilih template". Namun harus kita sadari bahwa setiap desainer template juga seorang manusia biasa yang penuh kekurangan, logika nya jika seorang desainer template saja memiliki banyak kekurangan, apalah lagi ciptaan  atau desain template yang mereka buat.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Template Blogger

Responsive - Google sangat menganjurkan setiap website/blog menggunkan template yang responsive (Mobile Friendly), ini merupakan upaya google dalam menjamin, kenyamanan pengguna.

Struktur data - Upayakan template anda tidak memiliki cacat atau eror pada saat pengujian struktur data testing tool. Struktur data yang eror memang bisa di sembunyikan dengan beberapa cara, tapi tentu itu bukan suatu solusi yang baik.

Tag Meta - Tag meta merupakan sebuah bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi meta data dari sebuah halaman web. Umumnya tag meta diletakkan pada bagian tag "head" template. Tag meta memberikan informasi mengenai deskripsi, publisher, author dan sosial media yang digunakan kepada search engine (penelusur) seperti google.

Seo Template - Seo template menjadi ukuran setiap orang dalam memilih template blogger, pada umum-nya semua template geratis jenis apa saja memiliki markah seo antar 60 hingga 70 jika nilai terbaik adalah 100. Jadi, Optimasi seo yang sebenarnya bukan hanya pada template semata, melainkan tekhnik penulisan dan beberapa feature pendukung situs blog seperti sitemap google, sitemap bing dan yandex, google analytics kemudian robots.txt dan lain-lain.

Speed - Kecepatan pemutan (loading) juga harus diperhitungkan, ini juga menjadi faktor utama untuk menentukan sebuah situs baik atau buruk. Speed template bisa di uji dengan menggunakan tool online seperti seocentro.com atau yang lainnya. Kecepatan loading situs yang baik adalah 70 markah keatas. Kecepatan loading berpengerauh pada reputasi situs baik dimata search engine maupun di mata pengunjng situs.

Layout - Meski saya meletakkan unsur layout (tampilan) pada poin terakhir, jangan sepelekan masalah layout ini. Karena ini bisa jadi menjadi bagian terpenting saat memilih template. Berpedoman dengan situs-situs raksasa seperti google, yahoo dan facebook mereka memiliki ciri yang sama dari segi tampilan. Style simlpe namun menarik, tidak menggunakan banyak warna, tidak banyak animasi dan posisi menu yang mudah dimengerti.

Masih membahas tentang tampilan template, gunakan warna template yang sejuk dipandang mata dan style huruf yang umum dengan besar huruf antara 15px hingga 17 px. Strategi tampilan template seperti ini sangat baik diterapkan pada sebuah situs web, karena jika kita memilih template yang norak dan terlalu banyak animasi, dikhawatirkan pengunjung situs akan terkejut dan kehilangan selera membaca, sehingga mereka berpindah ke situs lain.

Jika kamu masih merasa bingung memilih template yang cocok untuk situs kamu, saya juga punya beberapa koleksi template yang mungkin cocok buat kamu silahkan lihat disini, dan sekian dari saya tentang tips memilih template yang cocok untuk situs blog kamu, selesai....! Baca juga hal-hal yang perlu dilakukan sebelum mendaftarkan situs blog ke google adsense.

Post a Comment

  1. Sangat Bermanfaat, tapi aq udah jatuh hati dengan ijonkz yang mas bagikan kemain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, kalau ada pertanyaan seputar ijonkz 1.3 email aja.

      Delete
    2. Udah mas, udah sangat bagus, tutorial nya lengkap.

      Delete
  2. Cerdas mas somad... Setuju sekali saya saran mas...

    ReplyDelete

 
Top