4 Comment

Kartu Kuning Online
Kartu Kuning Online
Kartu Kuning AK/1 atau Kartu Pencari Kerja adalah merupakan syarat wajib bagi pelamar kerja, pemerintah telah memudahkan masyarakat dalam membuat kartu kuning, periode sebelum nya kartu kuning dibuat langsung di kantor kecamatan dan disnaker, kemudian sekarang membuat kartu kuning sudah secara online. Meski sebenarnya pembuatan kartu kuning online ini belum cukup efektif karena meski pun disebutkan "kartu kuning online" tetap saja kita harus datang ke kantor kecamatan setempat dengan membawa syarat-syarat pembuatan kartu kuning (Kartu Pencari Kerja) lengkap dengan pas photo.

Yang dimaksud dengan "kartu kuning online" adalah, proses pendaftaran membuat kartu kuning di daftarkan secara online oleh masing-masing orang. Kemudian untuk mendapatkan kartu kuning tersebut kita tetap datang ke kantor kecamatan atau disnaker. Bagi masyarakat awam pembuatan kartu kuning online ini tentu menyusahkan (semakin menyulitkan) dari prosedur sebelum -nya karena kita tetap tidak dapat meng-akses thumbnail dan mem-print sendiri kartu kuning online. Mudah-mudahan pemerintah mau belajar lagi tentang "konsep online" karena menurut pendapat saya konsep online harus-nya mewajibkan 2 syarat yaitu "Mempermudah dan Praktis".

Langkah-langkah Membuat Kartu Kuning Online

  1. Scan file-file pribadi dan data diri seperti ijazah, kartu keluarga, ktp (kartu tanda penduduk) dan pas photo kemudian disimpan ke disk (flashdisk) dalam format JPEG (Bentuk Gambar).
  2. Datang kewarnet atau daftar langsung melalui smartphone kamu dan buka situs https://apok.batam.go.id (Aplikasi Pelayanan Online Kecamatan merupakan situs resmi pemerintahan untuk pembuatan kartu kuning online).
  3. Pada pilihan "Kartu Pencari Kerja" atau biasa disebut kartu kuning, klick daftar, kemudian isi Form Pendaftaran Kartu Pencari Kerja (kartu kuning), sesuai dengan permintaan situs.
  4. Upload pas photo,ktp dan ijazah kamu pada kolom yang tertera di "Form Pendaftaran Kartu Kuning AK/1".
  5. Jangan lupa pada kolom e-mail harus diisi karena data yang upload akan di Verifikasi melalui e-mail tersebut.
  6. Terakhir, isi kode capcha (Kode Verifikasi) dan klick Daftar pada bagian bawah form pendaftaran kartu kuning online. Tunggu proses upload hingga selesai kemudian pilih tombol kirim dan buka periksa email kamu untuk mem-verifikasi (membenarkan data) yang kamu kirim.
Pada tahap itu proses pendaftaran kartu kuning online sudah selesai, kartu kuning bisa langsung diambil di kantor kecamatan (kantor lurah) atau bisa juga di disnaker. Jika kartu kuning tidak diambil dalam 30 hari maka diharuskan untuk melalukan Pendaftaran Ulang kartu kuning online.

Kesalahan yang umum terjadi pada pendaftaran kartu kuning online adalah pada bagian upload ijazah, jika proses upload ijazah gagal maka abaikan saja (tidak mempengaruhi). selain itu mungkin kamu juga salah dalam mengisi nomor ijazah pendidikan terakhir, kamu harus bisa membedakan nomor induk dan nomor ijazah atau lihat selengkap-nya .

Syarat Membuat kartu kuning (Pengambilan kartu kuning)

  • Photo Copy KTP Pemohon
  • Pas Photo 3x4 2 lembar
  • Ijazah Pendidikan Terakhir (ASLI atau Fotokopi Legalisir).
Bawa ketiga persyaratan diatas kekantor kecamatan untuk pengambilan kartu kuning, demikian saja article tentang "Cara Membuat Kartu Kuning Online" ini. semoga ini dapat memberi manfaat dan sedikit memandu kamu dalam melakukan pendaftaran online kartu kuning (Kartu Pencari Kerja AK/1). Sebagai informasi tambahan, biaya pengambilan kartu kuning online dikantor kecamatan tidak dipungut biaya (Geratis). Kartu kuning online di kota batam berlaku hingga 2 tahun apabila pemilik/pemegang kartu AK/1 belum mendapatkan pekerjaan, dengan syarat pemegang kartu kuning AK/1 harus melapor setiap 6 bulan sekali.

Dukung situs ini dengan men-share atikel "Pembuatan Kartu Kuning Online" khusus pulau batam ini ke teman-teman kamu atau like fanspage kami di https://www.facebook.com/tukanglistrikpanggilanbatam.

Post a Comment Subscribe

  1. Sebenarnya kartu kuning online ini sudah cukup mempermudah dan praktis, tapi ke mudahan dan keperaktisan kartu kuning online nya untuk para pegawai kelurahan saja, jadi mereka tidak repot lagi meng input data karena kita sendiri yang input, mereka tinggal print aja. Untuk masyarakat kartu kuning online ini justru menambah keribetan saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kartu kuning online ini masih dalam perkembangan proses menuju kemudahan.

      Delete
  2. Iya jadi ribet, kemarin Hp ketinggalan, pas sampai kantor lurah disuruh daftar online dulu baru bisa cetak kartu kuning, terpaksa pulang dulu dan scan-scan dulu jadi seharian habis waktu gara-gara kartu kuning online ini.

    ReplyDelete

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top