0 Comment

Nomor Ijazah
Apakah kamu sudah tahu yang mana nomor ijazah dan yang mana pula induk pelajar (NIP)? Saat ini pengurusan berkas-berkas untuk melamar kerja sudah mulai online, contoh nya saja adalah pengurusan skck dan kartu kuning sekarang harus didaftarkan terlebih dahulu secara online baru kemudian kartu kuning (kartu pencari kerja) dapat diterbitkan dan diambil di kantor kecamatan atau kantor lurah.

Unik nya pada form pembuatan kartu kuning online diminta pemohon kartu kuning agar meng-input nomor ijazah, tadi-nya saya fikir ini mudah saja tapi ternyata saya melakukan kesalahan input nomor ijazah sehingga saya harus melakukan pendaftaran ulang lagi.

Apakah perbedaan nomor ijazah dan nomor induk? ya tentu saja berbeda nomor ijazah adalah "ID" ijazah, masing-masing ijazah akan memiliki nomor seri yang berbeda satu sama lain, sedangkan nomor induk atau nomor induk pelajar yang biasa disingkat dengan NIP merupakan "ID" masing-masing siswa.

Sebelum-nya saya memang tidak memikirkan hal ini, mana nomor seri ijazah dan yang mana nomor induk pelajar. Akibat-nya ketika diminta untuk meng-input nomor ijazah pada saat pendaftaran online kartu kuning saya jadi bingung dan salah input. Untuk itu malam ini saya akan memberikan contoh nomor seri ijazah dan nomor induk agar teman-teman tidak mengalami hal seperti yang saya alami.

Nomor ijazah umum-nya diawali dengan "No" atau diawali dengan "MA" yang mungkin berarti "madrasah aliyah". Sedangkan nomor induk akan diawali dengan "NIP" yang berarti nomor induk pelajar atau langsung diawali dengan kalimat "nomor induk" saja.

Nah, pada bagian mana kita bisa melihat nomor ijazah dan nomor induk? saya akan meng-upload ijazah SD saya sebagai contoh nomor ijazah dan nomor induk pada lembar ijazah agar semua tahu perbedaan nomor ijazah dan nomor induk, saya harap gambar ijazah saya ini tidak di salah gunakan ya!

Baca Juga: 
Nah, setelah melihat lembar ijazah diatas, sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan nomor ijazah dan nomor induk? jika diperhatikan pada bagian lembar ijazah akan terdapat 4 jenis nomor yang mungkin kita belum tahu apa fungsi dan manfaat nya. Dibagian tengah ijazah ada nomor yang disertai tahun terbitan ijazah dan pada bagian bordir ijazah biasa nya juga terdapat nomor seri dengan ciri nomor yang dicetak dengan lubang lubang kecil seperti tusukan jarum yang tersusun rapi dan membentuk angka pada lembar ijazah.

Ke-empat jenis-jenis nomor seri pada ijazah tentu masing-masing memiliki manfaat yang sangat besar dan sudah terdaftar di galery data sekolah atau mungkin juga sudah terdaftar di dokument dinas pendidikan untuk menghindari pemalsuan ijazah.

Demikian penjelasan tentang "Perbedaan Nomor Ijazah Dan NIP (Nomer Induk Pelajar)" ini semoga bermanfaat dan sukses selalu. Sekarang kita sudah mengenal secara pasti "nomor ijazah yang mana" dan "nomor induk yang mana", Subcribe situs ini dengan memasuk-kan alamat e-mail ke kolom follow by e-mail yang berada di Home situs.

Post a Comment

 
Top