0 Comment

Search Engine Optimization - Bagaimana cara menggunakan heading tag h1, h2, h3 hingga h6? Dalam praktek seo penggunaan heading tag pada sebuah laman webpage (1 webpage = 1 url /pages maupun 1 artikel) memang dibolehkan menurut para ahli karena "sebuah mesin pencari (penelusur) juga menggunakan heading tag untuk membidik kata kunci". Namun penggunaan heading tags yang tidak sesuai dapat mengakibatkan sebuah laman web ditandai sebagai spam. Jumlah heading tag H1, H2, H3, H4, H5 dan H6 pada sebuah laman web yang dianjurkan adalah 30 (jumlah keseluruhan) dan penggunaan judul didalam heading tags juga dianjurkan agar tidak melebihi dari 60 character (huruf). Kita bisa menggunakan bantuan tool atau alat pengecekan (SEO Analyzer) untuk memeriksa ulang heading tag yang telah kita gunakan.

Penggunaan Heading Tag Pada HTML (Template)

Heading Tag Html
Heading Tag Html
Pada html versi sebelum-nya setiap laman web "webpage" hanya dianjurkan untuk menggunakan tag H1 sebanyak 1 (satu) saja. Namun pada versi html5 memungkin-kan sebuah laman web menggunakan lebih dari satu heading tag H1 (h1 html5 masih dalam perdebatan). Bagi blogger pemula sebaik nya abaikan saja hal itu dan fokus kepada aturan yang sudah jelas dalam praktek optimasi seo (meningkatkan seo).

Heading tag merupakan bahasa pemograman dalam html yang bermakna sebagai perintah atau memberi signal kepada mesin pencari tentang sesuatu yang sangat penting pada sebuah laman webpage, namun meski demikian penggunaan heading tag yang tidak wajar atau tidak sesuai dengan ketentuan dapat mengakibatkan mesin pencari mengabaikan nya atau di tandai sebagai spam.

Beberapa artikel mengatakan penggunaan heading tag (h1-h6) sebagai pintasan cepat untuk memberukan efek huruf super tebal, tebal, sedikit tebal hingga tidak begitu tebal. Pernyataan itu sebenar nya salah besar (keliru). Huruf tebal pada heding tag diatur oleh css, sehingga meski kita memberikan tag heading pada sebuah kalimat, tampilan nya tidak akan berubah jika tidak diatur dengan css. Jika kamu belum menguasai secara baik tentang html maka lompati saja bagian ini karena pada umum nya setiap desainer template sudah menerapkan soe optimization pada template mereka atau unduh saja template yang serupa dengan template tukang listrik batam.

Apa Makna Heading Tag Yang Benar?


Heading tag merupakan sebuah signal kepada search engine (mesin pencari) untuk memberitahukan sesuatu yang super penting, sangat penting, penting , tidak begitu penting. Dengan memberikan tag heading maka mesin pencari akan lebih cepat dalam memahami isi inti (topik) sebuah artikel kemudian menampilkan-nya dihalaman pencarian.

Sebagai contoh penerapan heading tag kamu dapat melihat gambar dibawah ini untuk memahami makna atau pengertian heading tag dalam potimasi seo.
Status heding tag h1-h6 pada html

Penggunaan Heading Tag Pada Penulisan Artikel


Dalam platfom blogger penggunaan heading tag dalam penulisan artikel sudah dipermudah hanya dengan men-drag text kemudian memberi tag heading atau subheading saja sudah cukup. Perhatikan gambar dibawah ini sebagai contoh cara memberi heading tag pada artikel blog.
Pengertian Heading Tag nan Subheading dan cara penggunaan-nya
Pengertian Heading Tag nan Subheading dan cara penggunaan-nya
Dengan demikian maka mesin pencari akan dengan cepat memahami inti sebuah artikel, ketika seseorang mengetik kan keyword maka mesin pencari akan menampilkan beberapa hasil pencarian yang sesuai dengan keyword dihalaman utama mereka. Untuk hasil pencarian yang lebih cepat dan relevan maka sebuah mesin pencari akan membaca heding tag atau tag heading terlebih dahulu.

Dalam penulisan artikel blog "heading" akan ditandai dengan h2 dan subheading ditandai dengan h3 jika dilihat dalam format html akan terlihat seperti "<h3>Apa Makna Heading Tag Yang Benar</h3>" dan berstatus 3rd important atau urutan ketiga yang paling penting dalam artikel ini untuk dibaca oleh mesin pencari seperti google.

Baca Juga: Seo Blogger Tips Untuk Pemula

Maka dari itu sangat penting dalam sebuah judul artikel maupun sub judul mengandung keyword atau kata kunci agar artikel dapat bersaing di search engine.

Nah, setelah membaca arikel tentang "Penggunaan Heading Tag H1 Hingga H6 (Optimasi Seo)" ini apakah kamu sudah dapat menyimpul-kan apa itu heading tag pada html dan pada penulisan artikel blog? saya kira ini sudah sangat cukup bagi blogger pemula untuk belajar dan menerapkan seo (search engine optimization) pada situs yang kalian kelola.

Post a Comment

 
Top