5 Comment

Rangkaian Lampu TL Double 1 Ballas - Pada artikel sebelum nya saya telah membahas tentang cara memasang Single lampu TL (Tube Lamp) dengan Single Ballas. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang lampu TL silahkan baca artikel sebelum ny karena pada kesempatan kali ini saya hanya akan berbagi diagram rangkaian lampu TL double 1 ballas dengan tata letak komponen lampu tl yang lebih mudah untuk dipahami. Sebenar-nya di luar sana ada banyak sekali tutorial yang menjelaskan tentang "Rangkaian Lampu TL Double 1 Ballas (2 lampu TL 1 Ballas)" seperti ini. Namun kebanyakan dari mereka menampilkan diagram rangkaian lampu tl yang kurang baik dari segi penataan gambar komponen lampu TL sehingga sedikit sulit di pahami.

Sebelum menuju ke rangkaian lampu tl double 1 ballas dan cara merakit lampu tl double sebaik nya persiapkan material "komponen" lampu tl nya terlebih dahulu seperti tertera di bawah ini:
  1. Casing "Double Tube Lamp" atau casing untuk 2 lampu TL
  2. Lampu TL (Tube Lamp) 18 Watt sebanyak 2 unit
  3. Ballas/Trafo 40 Watt 1 Unit
  4. Stater / Sekring 2/pcs
  5. Unit Holder (Fitting Lampu TL) 4/pcs
  6. Cable ukuran 0,5mm atau 0, 75 mm secukupnya
  7. Sediakan juga  Alat listrik lainnya seperti testpen dan gunting cable (alat untuk mengupas cable listrik).
Jika semua alat-alat (material) sudah di sediakan, maka kita lanjut ke tahap perakitan lampu tl, harap lakukan dengan perlahan dan teliti. Biasakan juga untuk menggunakan perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) dalam bekerja apalagi saat mengerjakan instalasi listrik meskipun ini hanya sebuah praktek (percobaan). Perhatikan gambar diagram rangkaian lampu tl double 1 ballas (2 lampu tl 1 ballas) di bawah ini.
Diagram rangkaian lampu tl double 1 ballas (2 lampu 1 ballas)
Diagram rangkaian lampu tl double 1 ballas
Ikuti sesuai dengan petunjuk yang tertera pada gambar diagram rangkaian lampu tl diatas, jika sudah selesai cobalah masukkan arus listrik AC (alternating current) 220 volt (Listrik 1 Phase). Jika berhasil menyala maka kamu sudah berhasil merakit lampu tl dengan baik dan benar.

Catatan Penting: Jangan terfokus pada tata letak gambar, kamu bisa memposisi kan ballas atau trafo ke tempat (di dalam casing lampu tl) tersebut di bagian mana saja yang menurut kamu cocok untuk meletak-kan ballas tersebut agar hasil pekerjaan lebih rapi dan sedap di pandang mata. Nah, demikian lah tutorial cara merakit lampu tl double dengan 1 ballas (2 lampu tl 1 ballas) ini saya akhiri dengan assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Semoga bermanfaat dan sukses buat kamu.

Baca Juga: Cara Memasang Ballast Electronic pada lampu tl atau Tube Lamp (fluorescent)

Subcribe atau foollow situs tukang listrik batam dengan mengirmkan alamat E-mail kamu untuk mendapatkan artikel tentang listrik yang terbaru dari kami. Jangan lupa share artikel "Rangkaian Lampu TL Double 1 Ballas" ini jika menurut kamu ini cukup membantu dalam memahami cara merakit lampu tl dengan ballas/trafo. Terima kasih atas kunjungan anda ke situs ini.

Post a Comment Subscribe

  1. Berhasil om, keren banget panduan nya terima kasih banyak

    ReplyDelete
  2. Misi om. Mau nanya bagaiman caranya menghubungkan 1trafo 40W electronic terbaru ke 2 buah TL 18W,yg sudah tersedia kabel fitting lampunya dan kabel untuk ke listriknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada setiap pembelian ballast elektronik sebenar nya sudah di lengkapi wiring diagram, akan tetapi sebagai bahan pertimbangan, lihat macam-macam wiring diagram ballas electrinic pada link ini http://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.co.id/2018/02/rangkaian-lampu-tl-dengan-ballas-elektronik.html

      Delete

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top