14 Comment

Listrik 3 phase 382 volt jadi listrik 1 phase 220 volt - Bagaimana bisa listrik 3 phase jadi 1 phase? Kenapa listrik 3 phase itu 380 volt? pertanyaan2 seperti ini umum di temui oleh para pekerja listrik, sebagian pertanyaan berasal dari konsument yang ingin pintar dan sebagian lagi datang para electrical pemula yang sedang belajar listrik 3 phase. Nah malam ini saya akan membagikan sedikit ilmu listrik 3 phase dengan rumus perhitungan nya.

Bagaimana cara merubah listrik 3 phase ke 1 phase dan sebalik nya listrik 1 phase ke 3 phase? Untuk merubah listrik 1 phase ke 3 phase di butuhkan sebuah alat yang di sebut dengan inverter (Inverter 1 phase Ke 3 Phase) sedangkan untuk merubah listrik 3 phase ke 1 phase tidak di butuhkan inverter listrik atau alat apapun. Kenapa demikian? simak pembahasan tentang rumus-rumus listrik 3 phase berikut ini.

Dalam praktek pengerjaan listrik 3 phase ke 1 phase bisa anda pahami di artikel saya yang sebelum nya "Control Panel 3 Phase jadi 1 Phase", Namun untuk mengetahui secara persis rumus listrik 3 phase dan perhitungan nya anda harus sabar membaca artikel ini hingga selesai.

Tegangan listrik 3 phase umum-nya dinotasikan dengan kawat R - S - T, Jika dilakukan pengukuran antar pahse (phase to phase) dengan alat Volt meter maka besar tegangan dari phase R ke phase S atau R-T dan S-T akan menunjukkan angka 380 Volt. Akan tetapi jika salah satu phase saja yang dihubungkan dengan N (Netral) maka besar tegangan yang dihasilkan adalah 220 volt, baik itu phase R ke N (netral) atau S-N dan T-N.

Perhitungan Listrik 3 Phase Menjadi 1 Phase

Pada jaringan listrik 3 fase 380 V terdapat sudut phase antara R - S - T yaitu berselisih 120°. Jika digambarkan maka listrik 3 phase akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
Rumus Listrik 3 Phase 380 volt
Sekarang coba kita ambil salah satu sudut saja dari ketiga sudut 120° sehingga menjadi seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Tegangan Antar Phase (Phase to Phase)
Kemudian kita gunakan aturan "rumus" segitiga, dimana jumlah sudut yang ada dalam segitiga adalah sebesar 180°, diperoleh sudut RTN dan TRN masing-masing sebesar (180°-120°) / 2 = 30°
Listrik 3 Phase 380 volt ke 1 Phase 220 volt
Kemudian kita akan menggunakan aturan sinus, untuk membuktikan bahwa jika salah satu phase misal nya "T" dari RST listrik 3 phase dengan perhitungan sinus seperti terlihat di bawah ini:

380 V / sin 120° = TN / sin 30°
380 V sin 30° = TN sin 120°
190 V = 0,886 TN
TN = 190 V / 0,866
TN = 220 V

Nah, sekarang sudah jelas bukan bahwa teori listrik 3, jika salah satu phase saja yang dihubungkan ke titik netral "N" maka akan menghasilkan besar tegangan yaitu 220 volt. Begitulah kira-kira teori tegangan listrik 3 Fase 380 V bisa menjadi 1 fase 220 V. Perhitungan matematika yang ajaib bukan...!

Aku bingung nih Listrik 1 Phase 220 Volt, kenapa listrik 3 Phase jadi 380 Volt dan bukan 660 Volt?

Tegangan listrik 220 volt adalah tegangan antar phasa "L atau Api" dengan netral "N" yang umum disebut dengan listrik single phase. Sedangkan listrik 3 phase 380 volt merupakan tegangan listrik antar kawat phasa dengan kawat  phasa. Sebagian orang mungkin berfikir bahwa listrik 3 phase adalah listrik 1 phase 220 volt di kali 3 = 660 volt. Tentu saja ini keliru dan yang lebih tepat adalah 380 volt merupakan akar 3 dari 220, Mari kita simak rekayasa matematika berikut ini.

Listrik 3 phase terdiri dari 4 kawat penghantar yaitu  RST dan N (netral) Seperti terlihat dari gambar no i (gambar paling atas) masing-masing kabel R, S, T memiliki phase sinusodial gelombang listrik sebesar 120 derajat. Dengan demikian maka terdapat 3 vektor dalam listrik 3 phase, anggap saja seperti grafik xyz. Dimana resultan vektornya adalah sebagai berikut: kita gunakan rumus phytagoras

V^2 = x^2 + y^2 +z^2
Jika masing X,Y dan Z adalah 220 volt

Maka V = akar (3 x 220^2)
= 381 volt.

Bingung ya? ya sudah langsung ke praktek kerja nya saja, pokok nya kalo listrik 3 phase jika salah satu phase nya R atau S atau T terserah yang mana saja pokok nya salah satu kawat saja yang dihubungkan dengan N "Netral" maka besar tegangan nya adalah 220 volt (Menjadi listrik 1 phase). Lihat diagram panel listrik 3 phase ke single phase.

Post a Comment Subscribe

  1. Sangat jelas dan sangat membantu,,,, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bang telah berbagi ilmu

      Delete
    2. Saya mau masang power ac untuk mesin las di conektor tertera tulisa. 380 volt tapi hanya ada dua konektor untuk di pasang kabel bukan 3 atau pun 4 untuk netral. . .apa itu termasuk 3 phasa atau 2 phase. . .tetapi di katalog nya tertera 1 phase 380. . .bukanya 1 phase itu hanya 220v.. .mohon penjelasannya

      Delete
    3. Mungkin mesin las tersebut membutuhkan inverter atau sudah menggunakan inverter, sebaik nya teliti lagi buku panduan yang ada pada mesin las tersebut

      Delete
    4. Saya rasa ngk ada inverter pada mesin las tersebut mas krena pada input power listrik hnya tertulis 380v bukan 220v. . .apa tingal phase to phase aja yah mas dengan koneksi R dan S. . .tapi seharus nya itu 2 phase bukan 1 phase. . .saya binggung dengan ini mesin las. . .

      Delete
    5. Berdasarkan reka ilustrasi pengetahuan saya mesin las listrik merupakan convert AC to DC, Bisa menggunakan Rectifier sebagai pengubah arus listrik AC (Alternating Current) 220V PLN menjadi arus listrik DC (arus listrik searah) dengan voltase tinggi (High Voltage DC /HVDC) 320 Volt

      Kebetulan saya tidak pernah pegang mesin las listrik, mohon maaf saya tidak dapat banyak membantu...

      Delete
  2. sangat jelas.tapi bingung
    yang penting hasil akhir 220v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sudah menjadi ketetapan jika salah satu phase di hubungkan dengan netral akan menghasilkan besar arus 220v

      Delete
  3. maaf mau nanya, kalau 1 phase kita seri jadi RST terhitung 3 phase gak ya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak, tapi kita bisa gunakan inverter untuk meng-konversi arus listrik 1 phase menjadi 3 phase. Baca; inverter 1 phase ke 3 phase dan rangkaian-nya

      Delete
  4. Terima kasih, sangat membantu karena saya lagi belajar tentang listrik

    ReplyDelete

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top