8 Comment
A+ A-

Cara Menggunakan Google Custom Search Engine - Kegunaan google custom search engine atau google cse adalah sebagai mesin pencari / penelusur website sama hal nya dengan search box situs blogger pada umum nya. Kelebihan google cse "google custom search engine" adalah menampilkan hasil pencarian internal situs dengan tampilan yang mirip dengan laman hasil pencarian google. Selain itu bagi para publisher adsense tentu nya menggunakan google custom search engine merupakan satu keharusan untuk mendapatkan hasil dari iklan penelusuran google (ad search). Lihat [Demo] google custom search dengan mengetikkan keyword pada search box situs ini.

Mengenal Google Custom Search

Saat ini banyak sekali situs website dan blogger yang menggunakan google custom search engine untuk search box situs mereka. Setelah mendalami lebih jauh ternyata terdapat perbedaan manfaat antara google custom search engine dan search box situs web pada umumnya. Berikut penjelasan singkat nya.
  • Google custom search engine atau google cse mampu membaca keyword internal situs lebih jauh bahkan dengan keyword yang di ketik secara acak sekalipun sedangkan search box biasa hanya mampu menelusuri / menampilkan kalimat yang sesuai dengan diketikkan.
  • Google custom search dapat diterapkan (dipasang) ke banyak jenis situs website termasuk blogger dan wordpress.
  • Google custom search dilengkapi dengan fitur "Make Money" sehingga para publisher adsense dapat menampilkan "ad search" atau iklan penelusuran google.

Memasang Google Custom Search Engine di Blogger

Untuk memasang google custom search engine di situs blog sebenar nya sangat mudah sekali karena google custom search engine (google cse) dapat dipasang di widget blogger seperti memasang kode iklan adsense. Namun jika kamu ingin memasang google custom search engine sama seperti yang diterapkan pada situs saya ini maka ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pertama Pastikan kamu sudah login ke akun google yang digunakan untuk mengelola blog begitu juga dengan publisher adsense.

2. Kunjungi laman utama google custom search engine atau klik https://cse.google.com/
Cara memasang google costum search di blog - langkah 2
Cara memasang google custom search di blog - langkah 2
3. Langkah ketiga Klick "Create a custom search engine", lalu kamu akan diarahkan ke laman pembuatan custom search engine

4. Masukkan url situs blog kamu misal www.tukanglistrikpulaubatam.com atau http://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com dan Beri nama search engine example: My search engine Click "Create" dan tunggu loading nya, google custom search engine situs blog kamu sedang dibuat
Cara memasang google costum search di blog - langkah 4
Cara memasang google custom search engine di blog - langkah 4

5. Jika sudah selesai akan tertera text/pesan "Congratulations! Anda telah berhasil membuat custom search engine" kemudian klik Get code
Cara memasang google costum search di blog - langkah 5
Cara memasang google custom search engine di blog - langkah 5

6. Copy dan simpan kode tersebut yang nanti nya kita butuhkan untuk memasang google custom search di situs blog kamu.
Cara memasang google costum search di blog - langkah 6
Cara memasang google custom search engine di blog - langkah 6
Catatan: Code google cse ada 2 jenis yaitu code untuk search box dan code untuk "search result", pastikan kamu mengambil kode search result yang diakhiri dengan code [<gcse:searchresults-only></gcse:searchresults-only>]

7. Kembali ke blogger kemudian buat page atau laman baru dan pastekan kode google custom search pada mode html bukan compose (lihat sudut kiri page editor), kemudian publikasikan.

8. Sekarang edit template blogger pilih edit html cari kode search box bawaan template blog kamu seperti contoh kode dibawah ini atau yang serupa. kemungkinan besar kode search box masing masing template berbeda namun biasa nya kode search box tidak jauh dari kode menu blogger kamu.
<div id='searchnya'>
<form action='/search' id='ajax-search-form'>
    <input name='q' onblur='if (this.value == &quot;&quot;) {this.value = &quot;Text to search...&quot;;}' onfocus='if (this.value == &quot;Text to search...&quot;) {this.value = &quot;&quot;;}' type='text' value='Text to search...'/>
<button title='Search' type='submit'>Search</button>
 </form>
</div>
<div class='tombolsrc'/>
</div>
9. Ganti kode yang berwarna merah atau "<form> pembuka" pada template anda dengan dua baris kode berikut ini untuk mengganti search box default menjadi google custom search.
<form action='http://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.co.id/p/search.html' id='searchform'>
<input name='cx' type='hidden' value='partner-pub-011721410283919420916:ibc_3e0e9to '/>
Keterangan:
  • Url yang diberi tanda berwarna biru adalah url halaman baru (tempat menyimpan kode google custom search engine) perhatikan kembali langkah nomor 7 Cara memasang google custom search di blog.
  • Kode pub-0117214xxx yang diberi tanda warna biru adalah kode publisher google custom search anda. Jika anda bingung perhatikan kode google custom search anda dan lihat baris ketiga kode yang diawali dengan "var cx" [var cx = '011721410283919420916:ibc_3e0e9to';].
Cara memasang kode google custom search di template blog 
10. Seve template dan lihat hasil nya, cobalah mengetikkan / mencari keyword dengan search box anda dan lihat hasilnya. Selesai...!

Jika kamu menggunakan Template Blogger yang sama dengan saya maka ikuti langkah-langkah memasang google custom search di atas, jika template kamu berbeda maka ikuti dan pahami saja metode penerapan nya karena letak perbedaan nya hanya pada kode search box nya saja. Baca Juga "Cara Setting Google CSE dan Menghasilkan uang dari iklan penelusuran google melalui google custom search engine" [Lihat Detail]

Post a Comment Subscribe

  1. Mas ditunggu next artikel tentang googe cse nya, setting make money dan terimakasih banyak tutorial nya sangat membantu saya membuat search box google cse

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya allah secepat nya rasya, sebenar nya setting google custom search mudah kok "hanya dengan meng-aktifkan "Make Money" maka iklan penelusuran google akan tampil di hasil search box google custom search / google cse

      Delete
  2. Iya ya ada ad search nya di hasil pencarian search box mas somad...

    ReplyDelete
  3. Inilah cara memasang google custom search engine di blog yang saya cari, langsung di install google cse nya ke template blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, jika benar2 disimak, sebenar nya sangat mudah memasang google custom search di blog

      Delete
  4. saya bingung pas bagian masang kode di edit html gan, ini blog saya www.peternakmuda.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama buat laman baru dan simpan kode google cse pada laman tersebut melalui mode HTML kemudian publikasikan.

      Copy url laman (page) tersebut,

      Kemudian edit template mode html, saya sudah inspect situs agan, ganti kode berikut ini dengan 2 baris kode pada langkah 9 tutorial di atas.

      ini kode template agan yang harus di ganti < form action ='/search' id='search-form ' method='get'>

      Delete

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top