0 Comment

Cara Setting Google Custom Search Engine- Setelah membuat google custom search engine (google cse) maka ada beberapa bagian google custom search yang harus di setting agar performa google cse "google custom search engine" anda bekerja secara maksimal dalam menampilkan iklan penelusuran google dan memberikan penghasilan bagi para publisher adsense. Artikel ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari artikel sebelum nya yaitu "Cara memasang google cse di blog dan cara menggunakan nya" maka dari itu agar tujuan artikel "Cara Setting Google Custom Search Engine" sebaik nya baca terlebih dahulu "Cara Memasang Google Custom Search Engine di Blog".

Bagaimana Cara Setting Google CSE (Google Custom Search Engine)

Login ke google cse anda dan perhatikan bagian-bagian penting dari google custom search engine anda sambil membaca tutorial ini.

Setelah login/masuk ke google cse pilih Edit search engine > Setup dan pilih tab Basic disana ada beberapa pengaturan (settings) yang perlu diketahui dan dilengkapi, perhatikan gambar berikut ini.
Cara setting google custom search engine - basic
Cara setting google custom search engine - basic
Keterangan:

1. Search engine name / Nama mesin pencari di tutorial sebelum nya saya memberikan nama google custom search engine pribadi saya dengan "My search engine" disini saya memberinya nama "Tukang listrik batam", anda tidak perlu mengubah nama search engine anda.

2. Search engine description - isi deskripsi search anda seperti membuat deskripsi situs (tidak harus sama)

3. Search engine keywords - tambahkan keyword pada search engine google cse anda dengan frase pendek seperti contoh ['Tutorials google cse' 'Make Money' 'Blogging' 'Tips & Tricks'], keyword tersebut berguna untuk menargetkan iklan penelusuran google yang akan ditampilkan pada halaman search engine anda dan menggambarkan isi halaman yang akan dipromosikan

4. Image Search - merupakan fitur penelusuran gambar, layak nya penelusur google yang menampilkan situs, gambar, video dan lainnya. Aktifkan image search di search engine anda dengan cara mengklik tombol "On".

5. Sites to search - anda dapat menambahkan beberapa url situs untuk hasil pencarian, jika anda memiliki 3 atau 4 alamat situs maka tambahkan semua url, custom search engine akan menampilkan artikel dari semua situs tersebut berdasarkan query atau keyword pencarian dan menampilkan nya di hasil penelusuran, klik add untuk menambahkan url situs lain.

6. Search engine ID, klick search engine id untuk melihat id google cse, begitu juga dengan public url, jika google custom search yang diedit seperti diatas dilihat melalui url publik maka akan terlihat seperti gambar berikut ini
Google custom search engine example
Google custom search engine example
7. Look and Feel - merupakan tab untuk mengedit tampilan custom search engine, theme custom search engine, warna dan lain-nya dapat di setting melalui tab "look and feel".

8. Get code - Dapatkan kode / copy code custom search engine anda setelah selesai di edit / setting, code custom search engine tersebut nantinya akan dipasangkan ke situs web atau blog anda. Lihat Cara Memasang Google Custom search di blog

Make Money (Mendapatkan Penghasilan dari Iklan Penelusuran Google)

Fitur "Make money" pada google cse (google custom search engine) hanya berfungsi untuk para publisher adsense saja, publisher adsense dapat memonetize custom search engine mereka dengan iklan penelusuran google dan mendapatkan penghasilan / uang dari iklan tersebut melalui google custom search engine atau google cse. Lihat gambar berikut ini untuk mengaktifkan fitur "Make Money" pada custom search engine anda.
Cara setting google custom search - Make money
Cara setting google custom search - Make money
Keterangan:
  • Untuk mengaitkan akun adsense dengan google custom search, anda harus login terlebih dahulu dengan email akun adsense anda.
  • Setelah login ke akun adsense baru kemudian login ke google cse dan membuat custom search engine di google cse (Google custom search).
  • Klik tab "Make Money" dan tekan tombol "ON" untuk mengaktifkan fitur make money, Secara otomatis akun adsense anda akan terhubung ke custom search engine, ciri-ciri nya akan terlihat id publisher adsense anda di bagian bawah "Search Engine Monetization" seperti terlihat pada gambar diatas.
  • Setelah mengaktifkan "Search Engine Monetization" dan id publisher anda sudah tampil di custom search engine maka cobalah lihat atau refresh akun adsense anda, Lihat "My ads" di akun adsense dan gulir ke bawah secara perlahan, akan muncul fitur "search", melalui fitur search di akun adsense tersebut anda dapat membuat custom search engine baru langsung melalui akun adsense.
Fitur search di akun adsense (custom search engine adsense)
Fitur search di akun adsense (custom search engine adsense)
Terakhir, tentang search features dan statistics and logs pada google custom search engine, pada tab search features google cse, anda dapat menambahkan promosi anda sendiri dan pada tab statistics and logs merupakan displayed atau menampilkan statistik kinerja / penggunaan custom search engine, disana anda dapat melihat seberapa sering orang menggunakan custom search engine anda.

Demikian "Cara Setting Google Custom Search Engine" atau google cse dari saya, lebih dan kurang mohon dimaafkan, saya berharap ini dapat membantu anda untuk mengenal lebih dalam tentang google custom search engine (google cse), selamat mencoba membuat dan menggunakan custom search engine pada website atau situs blog anda, terimakasih dan good luck.

Post a Comment Subscribe

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top