5 Comment

3 Kerugian Memasang Banyak Jenis Iklan di Satu Halaman Website - Saat ini ada banyak jenis iklan digital yang tiba-tiba muncul ke permukaan dan menjadi populer di kalangan pengembang situs web. Masing-masing platform iklan digital tersebut tentu nya memiliki kelebihan tersendiri sehingga banyak pengembang yang berminat menjadi publisher mereka. Namun tuhukah kamu bahwa menggabungkan atau memasang bayak jenis iklan di satu halaman web dapat memberikan dampak negatif kepada situs dan pengembang / pengelola website itu sendiri.

Sebelum membahas lebih lanjut, pernahkah kamu bertanya "Apa yang terjadi jika 2 hingga 3 jenis iklan dari platform yang berbeda di pasang secara bersamaan pada satu halaman web?" Pada artikel ini saya akan menjawab pertanyaan tersebut sekaligus menjelaskan kerugian / dampak negatif yang akan terjadi jika memasang banyak jenis iklan di satu halaman web.
Strategi sukses iklan digital
Ad Strategy

Alasan Menggunakan Banyak Jenis Iklan

  1. Tak ingin move on karena sudah bergabung dengan platfom iklan lain sebelum menggunakan adsense
  2. Mencari informasi akurat untuk kepentingan situs (objek membuat konten) dengan mencoba sendiri iklan selain adsense
  3. Iseng-iseng berhadiah sekaligus mencari yang lebih baik
  4. Tergiur dengan metode pembayaran yang ditawarkan, seperti pembayaran (payout) via Paypal contoh nya.
Selain dari empat alasan diatas mungkin masih ada alasan-alasan lain yang masuk akal untuk menggabungkan / memasang beberapa jenis iklan dari platform berbeda di satu halaman website akan tetapi jika untuk mendapatkan hasil yang lebih baik (banyak) tentu bukan alasan yang benar, berikut ulasannya.

Dampak Negatif Memasang Banyak Jenis Iklan Pada Situs Web

  1. Memperlambat PayOut (Pembayaran) - Pendapatan / penghasilan iklan akan terpecah ke beberapa bagian jika menggunakan lebih dari satu platform iklan sehingga situs membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai ambang pembayaran.
  2. Loading situs menjadi berat - Memasang banyak script iklan dari banyak sumber yang berbeda sangat mempengaruhi pemuatan (loading) karena situs akan bekerja extra untuk memanggil sumber (url script)
  3. Kehilangan Visitor - Jika loading situs berat karena banyak sumber script yang harus dimuat maka pengunjung akan kesal dan meninggalkan situs anda. Ini merupakan kerugian tambahan yang mungkin akan terjadi jika memasang banyak jenis platform iklan digital pada satu halaman website.
Nah, sekarang sudah terjawab bukan! Yang terjadi jika banyak jenis iklan dari platform yang berbeda di pasang secara bersamaan pada satu halaman website yaitu payout menjadi lebih lambat dan pemuatan (loading) situs menjadi berat hingga kehilangan visitor.

Poin nomor 3 sebenar nya masih bersifat relatif tergantung seberapa penting situs atau kontent anda untuk dikunjungi. Jika sudah lama di blogging dan mengusai sebagian besar ilmu coding kamu tentu setuju dengan artikel ini dan mengerti bagaimana itu bisa terjadi. Ini merupakan hasil analisa yang cukup lama saya pelajari dan perhatikan ketika mencoba bebrapa platform iklan lain dan menggabungkan nya di satu website saja termasuk iklan google adsense.

Tips Menggunakan Lebih Dari Satu Platform Iklan
  • Utamakan iklan yang membayar lebih tinggi
  • Bagi ruang iklan 90/10 % (Jika ruang iklan tersedia ada 6 maka gunakan 5 untuk iklan yang membayar lebih tinggi dan 1 untuk iklan sampingan.
  • Pilih platform iklan yang ramah dan tidak banyak animasi bergerak
  • Pelajari kebijakan masing2 platform iklan sebelum di gabungkan, jika menggunakan adsense maka hindari menggunakan platform iklan yang bertolak belakang dengan adsense.
Demikian penjelasan mengenai "3 Kerugian Memasang Banyak Jenis Iklan di Satu Halaman Website" Jika lebih (bermanfaat) silahkan di share ke teman sosial media anda dan jika kurang harap tambahkan kritik dan saran di kolom komentar, Follow situs tukang listrik batam untuk mendapatkan informasi seputar blogging, online make money dan ilmu listrik langsung ke e-mail anda, sampai jumpa kembali.

Post a Comment

  1. Saya setuju bahwa menggabungkan banyak iklan dari platform berbeda akan membuat loading situs menjadi lebih lama atau berat, tapi kenapa bang somad justru menggunakan 2 jenis iklan disitus ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengetahui informasi akurat mengenai platform iklan lainnya dengan mencoba nya sendiri

      Delete
    2. Tujuannya? apakah bang somad mengalami penurunan penghasilan dari iklan utama (adsense)?

      Delete
    3. Tentu saja ya mengalami penurunan, Apa lagi iklan non-google yang saya gunakan memiliki kekurangan yang cukup mempengaruhi kinerja situs, Tujuannya untuk membuktikan pembayaran lalu kemudian informasi yang saya dapat akan saya share untuk blogger yang belum memiliki penghasilan (Belum diterima adsense) supaya mereka tetap bisa memiliki penghasilan dan semangat menulis

      Delete
    4. Good job, pantas saya artikel bang somad sangat informatif + enak di baca dengan bukti2 hasil riset yang dilampirkan, sukses selalu...bang

      Delete

 
Top