3 Comment

Top 5 Widget Blog Penting Untuk Meningkatkan Page View Situs - Artikel ini akan mengulas tentang jenis-jenis widget situs blog yang mampu meningkatkan penayangan atau page view situs. Tidak kalah penting dengan optimasi seo, widget juga mengambil peran yang sangat besar dalam menunjang perkembangan website. Setiap situs web maupun blog umumnya tidak terlepas dari yang nama nya widget karena selain sebagai penghias (kelengkapan) situs, widget juga berperan sebagai promotor konten (artikel) situs tersebut.
5 Widget Blog Untuk Meningkatkan Page View
5 Widget Blogger Penting Untuk Meningkatkan Page View Situs
Maka dari itu saya akan menjelaskan widget apa saja yang penting untuk dipasang di situs web (blog). Langsung saja mari kita simak penjelsan lengkapnya berikut ini:

1. Related Posts Widget

Widget ini "related post" merupakan urutan 1 terpenting dari widget apapun dan berfungsi untuk memberikan reference kepada pembaca. Cara kerja widget related post adalah menampilkan artikel yang terkait lainnya pada sebuah situs blog dan bisanya artikel yang ditampilkan adalah artikel yang memiliki kategori / tag label yang sama. Dengan demikian pembaca akan lebih mudah mendapatkan reference yang banyak dari apa yang mereka cari atau baca. Itu sebabnya widget ini dapat di nobatkan sebagai widget paling penting untuk mendongkrak page view situs.

2. Recent Post Widget

Secara fungsi widget recent post memiliki kesamaan dengan related post yaitu memberikan reference atau sebagai promotor konten, namun yang membadakan nya adalah widget recent post hanya menampilkan artikel-artikel terbaru dari sebuah situs dari semua kategori konten situs. Dengan memanfaatkan visitor yang telah masuk ke situs, widget recent post akan mempromosikan artikel yang baru diterbitkan oleh penulis. Sehingga meskipun baru diterbitkan artikel akan lebih cepat mendapat view dan peng-index-kan yang baik di serp.

3. Widget Random Post

Widget random post juga merupakan satu dari 5 widget penting untuk di pasang di sebuah situs, prinsip kerja widget random post adalah menggali dan menampilkan artikel-artikel secara acak dan bergantian. Kebalikan dari related post widget random post tidak dibatasi dengan kategori / tag label. Sehingga arikel-artikel yang lama dapat terangkat kembali kepermukaan dan mendapatkan view dari visitor situs yang telah ada.

Selain untuk meningkatkan page view situs, widget random post juga dapat memakasa artikel yang sebelumnya tidak terindex di serp menjadi terindex karena sering mendapat view. Ini sesuai dengan prinsip seo modern (view menentukan rating artikel di serp). Widget random post sangat cocok dipasang pada situs yang sudah memiliki artikel yang banyak diatas 300 post.

4. Widget Newsticker

Widget newsticker sama hal nya marque pada situs web / blog, masih memanfaatkan pengunjung situs yang telah ada artikel yang dipromosikan atau ditampilkan dapat berupa recent (artikel terbaru), random (acak) dan dapat juga disesuaikan dengan tag label atau kategori pilihan yang ingin di naikkan page view dan rating nya di serp. Saya sendiri menggunakan widget newsticker untuk meningkatkan page view artikel-artikel yang masih kalah bersaing di serp.

5. Widget popular post

Popular post merupakan widget yang paling umum digunakan disitus-situs blog, widget ini menampilkan 1 hingga 10 artikel berdasarkan jumlah page view yang didapat oleh artikel-artikel situs. Meski memiliki pengaruh dalam meningkatkan page view situs widget popular post hanya memberi pengaruh kepada konten popular saja.

Bagaimana Cara Menggunakan 5 Widget Penting Tersebut Secara Bersamaan?

Saya paham anda mungkin khawatir jika terlalu banyak widget pada sebuah situs dapat memperlambat pemuatan (loading situs). Tapi tenang saja ini bisa diatasi dengan beberapa trik berikut ini.
  • Jangan install widget yang berasal dari banyak sumber java script, pasang semua widget penting tersebut hanya dari satu sumber atau gunakan template yang sudah memiliki semua fitur tersebut seperti template nya mkrdsing "sevida 1.7 dan ijonkz 1.3" (Recommonded)
  • Setting Jumlah Artikel yang ditampilkan pada widget menjadi lebih sedikit, misal; related post 6 artikel, recen post 5 artikel, random post 5 artikel dan Widget newsticker 15 artikel.
  • Setting tata letak widget agar lebih rapi namun tetap menonjol, newstick di bagian atas artikel, related post di bagian bawah artikel lalu recent, random, dan popular post di posisi sidebar.
  • Hapus kode <b:include name='quickedit'/> dari dalam template untuk mempercepat loading situs.
Lihat contoh setting tata letak widget blogger berikut ini.
Layout setting widget blogger
Layout setting widget blogger
Meskipun widget, recent, random dan popular post hanya menampilkan masing 5 artikel, pengaruh nya akan tetap merambat ke banyak artikel karena, artikel yang ditampilkan akan terus bergantian secara acak atau random dan bergantian secara perlahan seperti recent dan popular post. Semua widget tersebut akan sangat efektif untuk meningkatkan page view situs hingga mendapat rating yang bagus di serp karena terus mendapat view dari visitor yang telah ada.

Namun perlu diketahui untuk mendukung kinerja widget, konten yang diterbitkan hendak nya berkualitas dan menarik dari sisi judul dan gambar yang sertakan, insya allah Page view situs akan lebih optimal dan lebih meningkat lagi.

Nah, demikian penjelasan tentang widget blogger yang dapat meningkatkan page view situs blog dan tata letak pengaturan nya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi kepada sahabat blogger semua. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali.

Post a Comment Subscribe

  1. Thank's banget
    Info yang lengkap banget

    ReplyDelete
  2. Ngebangun pakai penjelasan yang lengkap.
    Itulah tiap artikel yang ditulis pada alamat: tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com
    Very Helpful Info for Many Blogger

    ReplyDelete

Note: Subscribe terlebih dahulu untuk memposting komentar, Kami akan segera kembali untuk meninjau dan menanggapi respon dari anda.

Top